Yuk Awali Tahun dengan Lima Kebiasaan Digital Sehat Ini! Yuk Awali Tahun dengan Lima Kebiasaan Digital Sehat Ini! ~ Teknogav.com

Yuk Awali Tahun dengan Lima Kebiasaan Digital Sehat Ini!


Teknogav.com – Awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan digital yang sehat. Kaspersky memberikan rekomendasi beberapa kebiasaan digital sehat sederhana yang bisa memperkuat keamanan data pribadi, sehingga membuat hidup lebih nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

Membuat kata sandi baru

Sekarang merupakan waktu yang tepat untuk memeriksa dan mengubah kata sandi di semua akun. Penting untuk tidak membuat kata sandi yang sama di banyak akun. Jika memiliki beberapa akun online, sebaiknya menggunakan solusi pengelola kata sandi yang andal sehingga dapat membuat hidup lebih mudah. Contohnya adalah penggunaan fitur isi kata sandi otomatis di berbagai browser dan platform. Selain itu, juga ada pembuat kata sandi otomatis. Pengelola kata sandi dapat membuat kata sandi yang unik dan rumit untuk setiap akun, cukup ingat satu kata sandi utama.

Baca juga: Prediksi Privasi tahun 2023 Kaspersky Ungkap Gagasan Metaverse Jadi Realitas

Langganan Notifikasi Mengenai Kebocoran Data Akun

Pelanggaran data sering terjadi dan sulit dilacak secara keseluruhan. Ketika detail akun bocor, maka penyerang dapat menggunakannya untuk mengambi alih akun. Cegah hal ini dengan berlangganan layanan yang dapat memindai kebocoran data terkini, serta memeriksa apakah pelanggaran berisi data pribadi pengguna. Fitur ini juga tersedia di pengelola kata sandi tingkat lanjut. Layanan notifikasi ini memberi tahu pengguna jika ada login dan kata sandi ditemukan di kebocoran data terbaru.

Gunakan VPN untuk Tingkatkan Privasi

Semua orang kini membutuhkan VPN untuk tetap aman dan melindungi privasi saat online. Solusi VPN modern menyajikan kemudahan penggunaan, kecepatan trafik yang tinggi dan menjaga kerahasiaan data pribadi. Manfaat VPN pun kini berkembang signifikan. Beberapa manfaat mencakup perlindungan saat berbelanjan online, menonton layanan streaming dari mana saja di dunia atau mengakses konten lokal. Kecepatan trafik online yang tinggi pun diberikan layanan VPN modern. Kemampuan tersebut memungkinkan pengguna menonton konten dalam 4K tanpa penurunan kualitas atau lag. Alamat IP juga bisa disembunyikan dari situs web dan pengiklan dengan VPN, sehingga privasi dapat lebih terlindungi. Pelacakan web ini dapat dimanfaatkan oleh iklan bertaget.

Baca juga: Tips Menjaga Data Pribadi di Tahun 2023

Simpan Dokumen di Tempat yang Aman

Layanan digital, pemindaian dan versi elektronik dokumen makin sering digunakan layaknya penggunaan dokumen kertas. Seiring kondisi tersebut, timbul pertanyaan mengenai cara menyimpan dokumen elektronik agar tetap aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah. Buat folder di komputer atau mengunggah ke cloud yang dilindungi kata sandi. Kendati demikian, kedua opsi tersebut tetap berisiko hilangnya data pribadi. Penyimpanan dokumen di aplikasi pengelola kata sandi modern lebih aman, karena dapat menyimpan lebih dari kata sandi atau data perbankan. 

Pengelola kata sandi modern kini merupakan penyimpanan elektronik terenkripsi lengkap  yang bisa menyimpan hasil pemindaian, PDF dan dokumen penting lain. Penyimpanan kin juga bisa dilakukan untuk catatan medis dan alamat telepon, serta segala dokumen atau file terkait pekerjaan dan bisnis. Layanan penyimpanan semacam ini jauh lebih aman dibandingkan penyimpanan tradisional karena dienkripsi secara khusus. Dekripsi hanya bisa dilakukan menggunakan kata sandi utama yang hanya ada di ingatan pengguna.

Baca juga: Spam di Media Sosial Populer Curi Aset Kripto Pengguna

Pelajari Hobi Anak di Internet Bersama Mereka

Ketika anak-anak sudah menggunakan perangkat digital sejak usia dini sekitar lima tahun, penting untuk mengajarkan mengenai keamanan online. Hal ini penting dilakukan agar jalur anak ke dunia digital aman dan tetap menarik. Lakukan sesi berbagi dengan permainan dan format hiburan lainnya agar edukasi lebih menyenangkan dan menarik. Dalami juga preferensi dan minat online anak-anak, misalnya dengan menanyakan serial favorit atau mendengarkan musik bersama. Kegiatan ini dilakukan sambil mempelajari beberapa praktik aman agar tetap aman saat online. Tersedia juga berbagai perangkat lunak keamanan anak yang bisa membantu orang tua mempelajari lebih lanjut mengenai hobi anak. Perangkat lunak tersebut juga dapat membantu mereka mengembangkan kebiasaan digital yang sehat sejak usia dini.

“Privasi dan keamanan bukanlah hasil, melainkan suatu proses. Sama seperti Anda yang tidak bisa langsung menjadi orang bugar dengan hanya mengonsumsi makanan sehat dalam semalam, mengamankan akun dan jejak digital juga membutuhkan dedikasi. Namun, langkah kecil seperti membuat kata sandi unik untuk akun yang berbeda dan menggunakan solusi canggih seperti pengelola kata sandi dapat sangat meningkatkan privasi Anda sekaligus mempermudah pekerjaan tersebut. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai kehidupan digital baru yang lebih aman daripada di Tahun Baru,” ucap Vladislav Tushkanov, Lead Data Scientist di Kaspersky.

Share:

Artikel Terkini