Sabrina Meng Sampaikan Pentingnya Kapabilitas Terintegrasi demi Keberhasilan 5G Masa Depan Sabrina Meng Sampaikan Pentingnya Kapabilitas Terintegrasi demi Keberhasilan 5G Masa Depan ~ Teknogav.com

Sabrina Meng Sampaikan Pentingnya Kapabilitas Terintegrasi demi Keberhasilan 5G Masa Depan

Teknogav.com - Sabrina Meng, Rotating Chairwoman dan CFO Huawei memberikan pidato utama pada pembukaan ajang MWC Shanghai 2023. Tajuk dari pidato tersebut adalah "Embracing 5G transformation" (Merangkul transformasi 5G). 

"Kini teknologi 5G telah digunakan secara komersial sekitar empat tahun. Hal ini memicu penciptaan nilai baru, dan 5,5 adalah langkah berikutnya ke depan. Ilmu pengetahuan dan teknologi mengarah pada sistem yang kompeks dan besar. Hal ini memnbutuhkan teknologi yang sesuai dengan skenario khusus dan rekayasa sistem yang berkinerja demi membuka jalan keberhasilan 5G yang berkelanjutan," ucap Meng. 

Baca juga: Huawei Siap Luncurkan Serangkaian Perangkat Jaringan 5.5G Komersial di 2024

5G Menciptakan Nilai di Tiga Bidang Berbeda

Jika fiksi ilmiah dapat menggambarkan masa depan, maka ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengubah imajinasi menjadi kenyataan. Selama empat tahun, teknologi 5G telah digunakan secara komersial di lintas industri dan rumah tangga di seluruh dunia. Teknologi ini telah mengubah cara manusia bekerja, hidup, serta telah menciptakan nilai ekonomi, industri dan sosial yang luar biasa.

Bagi konsumer, teknologi 5G, cloud dan AI telah memicu reaksi berantai, menciptakan linngkungan. Pada lingkungan tersebut seluruh pembeli juga bisa menjadi penjual. Sementara itu bagi industri, teknologi 5G telah menjadi pemicu baru untuk produktivitas. Ada keselarasan yang lebih besar antara pemasok teknologi, mitra mereka dan pelanggan yang memungkinkan 5G dapat menyajikan nilai tertingginya. Kesabaran strategis, pemahaman mendalam dalam skenario-skenario industri dan peningkata ROI yang berkelanjutan telah memberikan 5G suatu pijakan dalam penerapan industri.

Ke depannya, teknologi 5G akan membangkitkan kehadiran perangkat-perangkat baru dan penerapan yang dapat menghadirkan pengalaman yang lebih mendalam. Penerapan tersebut mencakup panggilan baru 5G dan penggunaan 3D dengan mata telanjang. Teknologi 5G juga mengantarkan era baru konektivitas super di antara berbagai hal. Konektivitas tersebut membawa kekuatan baru pada jaringan IoT dan menghasilkan bentuk baru produktivitas.

Langkah berikutnya untuk 5G adalah 5,5G yang akan menyajikan hal-hal berikut ini:

  • kecepatan downlink 10-gigabit
  • kecepatan uplink gigabit
  • kemampuan untuk mendukung 100 miliar koneksi
  • AI bawaan

Hal-hal tersebut dapat menghubungkan masyarakat secara lebih baik dan menciptakan peluang-peluang bisnis baru yang luar biasa. Tentu saja hal tersebut disertai dengan dukungan yang lebih menyasar pada kebutuhan industri dalam bidang IoT, pengindraan dan pabrikasi canggih.

Baca juga: Bertepatan dengan Ulang Tahun ke-10, GSMA MWC Shanghai Resmi Dibuka

Membawa 5G ke tingkat berikutnya dan membuka jalan ke keberhasilan berkelanjutan

Tangga keberhasilan dibangun menggunakan teknologi yang sesuai dengan skenario-skenario khusus dan kebutuhan dunia nyata. Rekayasa sistem merupakan kunci untuk mengambil langkah ke tingkat lebih tinggi. Penerapan 5G secara komersial telah menciptakan semangat menghadirkan inovasi yang menjadi terobosan. 

Teknologi yang tepat untuk skenario-skenario berbeda dan rekayasa sistem yang lebih menyeluruh penting untuk membawa 5G ke tingkat selanjutnya. Selain itu, perlu menyelami lebih dalam skenario-skenario industri untuk menyajikan nilai lebih besar dalam pasar vertikal yang berbeda. Perlu benar-benar memahami kebutuhan pelanggan dan mengadopsi pola pikir rekayasa sistem yang lebih menyeluruh.

Industri perlu bekerja lebih erat bersama, baik di rantai nilai atas maupun bawah. Kerja sama ini dalam hal pemodelan dan optimalisasi solusi, alat dan metodologi dengan rekan dan mitra, pelanggan dan pengembang. Industri juga perlu membuka jalan keberhasilan yang berkelanjutan di seluruh siklus hidup produk. Hal tersebut mulai dari penelitian dan pengembangan, pembelian, sampai pasokan dan pemasaran.

Baca juga: Solusi Smart Mining Huawei Prioritaskan Keselamatan Pekerja Tambang dan Efisiensi

Membangun kapabilitas terintegrasi dan mengeksplorasi masa depan komunikasi

Infrastruktur dunia pintar masa depan akan terintegrasi secara mendalam di semua aspek kehidupan manusia, industri dan masyarakat. Integrasi ini tidak berdasarkan kemajuan pada teknologi-teknologi individual, tetapi pada sistem yang kompleks dan sangat besar, konvergensi dalam berbagi unsur. Hal ini membutuhkan pemikiran dan perancangan tingkat sistem. Kapabilitas sistematis untuk mengintegrasikan teknologi dan mentransformasi manajemen merupakan hal yang kritikal untuk keberhasilan 5G masa depan. Meng membahas mengenai dua jenis kapabilitas terintegrasi khusus.

"Pertama adalah memadukan teknologi-teknologi berbeda. Kita dapat mencapai sinergi lebih besar secara lintas cloud, jaringan edge dan perangkat melalui desain sistematis dan inovasi lintas bidang. Jika digabungkan dengan pengoptimalan lintas perangkat lunak, perangkat keras, chip dan algoritma, kita dapat mengatasi tantangan-tantangan yang berkaitan dengan pengembangan solusi-solusi kompleks untuk skenario-skenario industri yang sangat berbeda," ucap Meng.

Meng melanjutkan memaparkan kapabilitas kedua, yaitu kemampuan untuk memadukan pendekatan berbeda dalam manajemen. Transformasi digital dan cerdas tak hanya sebatas teknologi itu sendiri, tetapi juga mentransformasikan pendekatan ke manajemen. Menuju digital membutuhkan pendefinisian ulang hubungan antar manusia, peristiwa, hal-hal dan teori. Selain itu, dibutuhkan juga pendekatan manajemen yang berwawasan ke depan dan lebih terbuka demi mengatasi tantangan-tantangan masa depan.

"Teknologi-teknologi informasi seperti 5G, 5,5G, AI dan cloud akan membantu kita bangkit mengikut arus dan membawa kita menuju dunia pintar. Pemandangan terbaik selalu ada di depan. Mari menciptakan masa depan cerah bersama," simpulnya.

MWC Shanghai 2023 berlangsung selama 28-30 Juni di Shanghai, Tiongkok. Huawei memamerkan produk-produk dan solusinya di booth E10 dan E50 di Hall N1 Shanghai New International Expo Centre (SNIEC). Berbagai topik dibahas bersama dengan operator-operator global, profesional-profesional industri dan pemimpin opini. Topik-topik tersebut mencakup mempercepat kesejahteraan 5G, melangkah menuju era 5,5G, menciptakan nilai bisnis baru di berbagai area untuk. Bisnis-bisnis baru ini mencakup menghubungkan masyarakat, IoT dan Internet of Vehicles (IoV) demi mendukung industri menuju dunia pintar.

Share:

Artikel Terkini