NVIDIA AI Dukung Singtel Hadirkan AI Generatif bagi Pelanggan Regional NVIDIA AI Dukung Singtel Hadirkan AI Generatif bagi Pelanggan Regional ~ Teknogav.com

NVIDIA AI Dukung Singtel Hadirkan AI Generatif bagi Pelanggan Regional

Teknogav.com - Platform NVIDIA AI menjadi pilihan Singtel, penyedia layanan komunikasi yang berbasis di Singapura untuk menghadirkan AI generatif bagi pelanggan regionalnya. Joao Kluck Gomes, Direktur Pengembangan Bisnis - AI Factories & Applications di NVIDIA memaparkan hal tersebut pada blog NVIDIA. Platform NVIDIA AI akan dihadirkan Singtel bagi bisnis di Singapura dan sekitarnya. 

Data center hemat energi dibangun Singtel di seluruh Asia Tenggara demi mendukung bisnis pelanggan perusahaan seluler dan broadband tersebut. GPU arsitektur NVIDIA Hopper dan arsitektur referensi NVIDIA AI yang berkinerja optimal digunakan untuk mempercepat kinerja data center Singtel. Fungsi data center yang dibangun Singtel adalah sebagai sumber daya nasional yang berdaulat. Data center ini menjadi pabrik AI yang memproses kumpulan data swasta dari perusahaan, startup, perguruan tinggi dan pemerintah secara aman. Wawasan yang berharga akan dihasilkan dari proses tersebut. 

Baca juga: NVIDIA HGX H200, Jagoannya Komputasi AI dengan Arsitektur NVIDIA Hopper

Akhir tahun ini, Singtel akan meluncurkan layanan AI pertama Singapura dengan data center yang sedang dibangun di Indonesia dan Thailand. Singtel akan beroperasi dari Australia sampai India melalui hub di Singapura. 

Mesin AI Tepercaya

Peran sebagai mesin AI generatif terpercaya akan diemban oleh data center baru tersebut. AI generatif merupakan teknologi paling transformatif saat ini. Perhatian para pengguna di seluruh dunia berhasil ditarik teknologi ini dan kemampuannya memperkuat kecerdasan dan produktivitas manusia. Model Bahasa Besar atau Large Language Model (LLM) telah diciptakan banyak negara sesuai dialek, budaya dan praktik lokal mereka. Ini merupakan peluang bagi Singtel yang berada di antara komunitas Tionghoa, India, Melayu dan komunitas lain yang dinamis di Asia Tenggara.

Singtel juga memiliki inisiatif untuk mendukung strategi AI nasional Singapura demi memberdayakan warga Singapura dengan teknologi terkini. Perluasan infrastruktur komputasi dan sumber daya manusia spesialis pembelajaran mesin yang signifikan dibutuhkan untuk mewujudkan rencana tersebut. 

Baca juga: NVIDIA BioNeMo Manfaatkan AI Generatif untuk Penemuan Obat

Bisnis di Asia Tenggara membutuhkan penyedia lokal ternama untuk intensif komputasi agar mudah mendapatkan jalan menuju AI generatif yang aman. Produk dan layanan bisnis tersebut dapat ditingkatkan dan dipersonalisasi sambil melindungi data data sensitif perusahaan.

Semangat Ramah Lingkungan 

Singtel berkomitmen untuk mendemokratisasi AI dan mendekarbonisasi operasinya. Data center terkini Singtel dibangun dengan memperhatikan keberlanjutan, termasuk dalam pemilihan material dan penggunaan pendingin cair. Praktik terbaik diadopsi Singtel untuk menghasilkan PUE kurang dari 1,3, yang merupakan metrik efektivitas penggunaan daya untuk efisiensi data center

Platform perangkat lunak Paragon akan digunakan Singtel untuk mengatur cara kerja aplikasi AI baru bersama dengan layanan seluler dan broadbandnya. Perpaduan ini memungkinkan layanan komputasi edge. Contoh layanan tersebut adalah memberi daya pada robot dan sistem otonom lain dari model AI yang berjalan di cloud.

Landasan Full-Stack

Singtel akan menawarkan NVIDIA AI Enterprise bagi pelanggannya. Ini adalah platform perangkat lunak untuk membangun dan menerapkan aplikasi AI, termasuk AI generatif. Singtel juga akan menjadi Mitra Cloud NVIDIA, yang menawarkan layanan AI yang dioptimalkan pada platform NVIDIA. 

Baca juga: Kolaborasi VMware dan NVIDIA Sajikan AI Generatif bagi Bisnis

Penggunaan arsitektur referensi NVIDIA yang sudah terbukti untuk komputasi AI pada data center Singtel memungkinkan pengguna memanfaatkan layanannya. Ini karena pengguna mengetahui bahwa layanan tersebut dioptimalkan untuk kinerja AI terdepan.

Singtel telah mendemonstrasikan avatar digital yang dibuat dengan platform NVIDIA Omniverse dan NVIDIA NeMo pada Mei 2023. Platform tersebut memungkinkan pengguna berinteraksi melalui jaringan 5G Singtel. Layanan GPU juga telah dihadirkan Singtel sebagai bagian dari uji coba untuk lembaga pemerintah daerah.

Peran Baru AI bagi Perusahaan Telekomunikasi

Singtel telah bergabung dengan para pionir di Prancis, India, Italia, dan Swiss yang mengerahkan pabrik AI yang memberikan layanan AI generatif dengan kedaulatan data. Informasi lebih lanjut mengenai cara Singtel dan perusahaan telekomunikasi lainnya memanfaatkan AI generatif dapat diketahui dengan mendaftar sesi mengenal topik ini di NVIDIA GTC. Konferensi AI global akan berlangsung pada 18-21 Maret yang dibuka dengan pidato Jensen Huang, CEO dan pendiri NVIDIA .


Share:

Artikel Terkini