Serangan ke Perangkat Seluler Meningkat Sekitar 52% pada Tahun 2023 Serangan ke Perangkat Seluler Meningkat Sekitar 52% pada Tahun 2023 ~ Teknogav.com

Serangan ke Perangkat Seluler Meningkat Sekitar 52% pada Tahun 2023

Teknogav.com – Kaspersky mengamati serangan pada perangkat seluler di tahun 2023 mencapai 33.790.599 atau meningkat hampir 52% dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah ancaman yang tercatat pada tahun 2022 adalah sebesar 22.255.956. Ancaman yang biasa dilancarkan pada perangkat seluler adalah adware yang mencapai 40,8% dari seluruh ancaman yang terdeteksi. Adware merupakan perangkat lunak yang menampilkan iklan pop-up yang tak diinginkan dan kadang menjengkelkan.


Terkait Trojan perbankan, jumlah paket instalasi malware tersebut turun menjadi 153.682 setelah meningkat tajam tahun sampai dua kali lipat. Sementara itu, jumlah serangan yang memanfaatkan mobile banker masih berada di tingkat yang sama. Penyebaran ancaman seluler biasanya disebarkan penjahat siber melalui toko aplikasi resmi dan tidak resmi. Banyak aplikasi berbahaya yang menyusup ke Google Play diamati para pakar Kaspersky tahun 2023. 

Baca juga: Kerentanan Mainan Pintar Mungkinkan Penjahat Siber Lakukan Video-Call dengan Anak-anak

Penyamaran yang paling umum adalah aplikasi investasi palsu yang mengandalkan jurus rekayasa sosial untuk mengekstrak data pribadi pengguna. Data pribadi yang diambil umumnya nomor telepon dan nama lengkap, kemudian ditambahkan pada database yang digunakan untuk penipuan telepon. Data-data tersebut kemudian ditambahkan dalam database untuk penipuan telepon. Vektor serangan umum lain mencakup mod WhatsApp dan Telegram berbahaya yang dirancang untuk mencuri data pengguna.

“Lonjakan kegiatan malware dan riskware Android sepanjang tahun 2023 menandai perubahan yang mengkhawatirkan setelah periode yang relatif tenang. Peningkatan ini menekankan ancaman signifikan yang dihadapi pengguna. Ini adalah pengingat akan pentingnya tetap waspada dan menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi diri dari ancaman dunia maya yang terus berkembang,” ucap Anton Kivva, pakar keamanan seluler di Kaspersky.

Baca juga: Malware Smartphone Masih Berkeliaran di Indonesia selama Semester I 2022

Tips Perlindungan dari Ancaman Seluler

Para pakar Kaspersky memberikan beberapa rekomendasi berikut ini agar senantiasa terlindungi dari ancaman seluler. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan:

  • Unduh aplikasi dari toko resmi seperti Apple App Store, Google Play atau Amazon Appstore. Aplikasi yang berasal dari dari ketiga tersebut sudah diperiksa oleh marketplace aplikasi dan ada sistem penyaringan. Metode pemeriksaan dan penyaringan tersebut membuat tak semua aplikasi bisa masuk dalam marketplace aplikasi tersebut.
  • Periksa izin aplikasi yang digunakan dan pertimbangkan baik-baik sebelum memberi izin suatu aplikasi, terutama jika berkaitan dengan izin berisiko tinggi. Contoh izin berisiko tinggi adalah Layanan Aksesiblitas. Suatu aplikasi pencahayaan hanya membutuhkan akses ke lampu flash kamera, bukan akses ke kamera.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal untuk membantu mendeteksi aplikasi dan adware berbahaya sebelum aplikasi tersebut berperilaku buruk di smartphone. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah Kaspersky Premium untuk perlindungan.
  • Perbarui sistem operasi dan aplikasi penting segera setelah tersedia pembaruan. Banyak masalah kemanan yang dapat diatasi dengan menginstal perangkat lunak versi terkini.

Baca juga: Kaspersky Ungkap Serangan yang Menargetkan Pengguna Android dan iOS

Demikianlah beberapa tips agar senantiasa terlindungi dari ancaman seluler. Yuk, kita tetap waspada dan bijak menggunakan perangkat seluler.

Share:

Artikel Terkini