Fitur tiket Green Usung Semangat Pariwisata Berkelanjutan Fitur tiket Green Usung Semangat Pariwisata Berkelanjutan ~ Teknogav.com

Fitur tiket Green Usung Semangat Pariwisata Berkelanjutan

Teknogav.com – Bertepatan dengan Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April, tiket.com meluncurkan fitur tiket Green untuk mendukung konsep pariwisata berkelanjutan. Fitur ini memudahkan untuk mencari akomodasi yang mengusung konsep keberlanjutan. Kehadiran tiket Green menjawab tantangan akan emisi karbon dan polusi plastik yang ditimbulkan lonjakan pariwisata global.

Tren pariwisata berkelanjutan ini ditunjukkan Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf). Hasil survei pada Outlook tersebut mengungkapkan bahwa 56,76% pakar memprediksi pariwisata berkelanjutan sebagai salah satu tren pariwisata pada 2023-2024. Sejalan dengan survei tersebut, Kemenparekraf juga mengecek pariwisata berkelanjutan dan dampak dari emisi wisata. 

Baca juga: Sambut Hari Bumi, Gojek Berkomitmen Tambah Jumlah Pohon Kolektif #GoGreener  

Pendekatan pariwisata yang ramah lingkungan bisa dilakukan dengan mengurangi dampak lingkungan dari perjalanan. Salah satunya adalah dengan memilih akomodasi yang memprioritaskan praktik ramah lingkungan seperti efisiensi energi, pengurangan limbah dan konservasi air. Sebagai online travel agent (OTA), tiket.com merasa berkewajiban membantu menentukan plihan lebih tepat bagi pelanggan. Selain itu, juga memberi masukan kepada mitra agar dapat menyediakan akomodasi berkelanjutan.

Standarisasi akomodasi berkelanjutan sangat berperan dalam mengarahkan akomodasi wisata menuju konsep akomodasi hijau atau green accommodation. Fitur tiket Green mendorong praktik pariwisata ramah lingkungan dan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam perjalanan wisata yang lebih bertanggung jawab. Pilihan akomodasi berkelanjutan di tiket.com saat ini sudah lebih dari 5.400 di seluruh dunia. Jumlah tersebut mencakup 700 pilihan akomodasi di Indonesia dan Asia Tenggara. Wilayah di Indonesia yang sudah menyediakan akomodasi berkelanjutan mencakup Bali, Jawa Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com

“Fitur tiket Green merupakan inovasi terbaru dari tiket.com untuk memberikan akses memilih akomodasi yang mengutamakan praktik ramah lingkungan kepada konsumen. Kehadiran tiket Green sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam merencanakan perjalanan dan petualangan yang lebih berkelanjutan. Kami mengajak sobat tiket untuk ambil peran dan memulai dengan langkah-langkah kecil untuk mendukung perjalanan wisata yang lebih bertanggung jawab,” ucap Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com.

Baca juga: Epson Terus Berkontribusi demi Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia 

Cara memilih akomodasi berkelanjutan di tiket.com dengan fitur tiket Green cukup mudah. Fitur tiket Green dapat diakses dari aplikasi dan situs web tiket.com. Tanda tiket Green dapat terlihat ketika memfilter akomodasi di bagian fasilitas, pilih opsi sesuai preferensi. Selain itu, tiket Green juga ada di bagian bawah setiap gambar dan harga akomodasi.

Cisyelya Bunyamin, SVP of Accomodation, tiket.com

“tiket Green memiliki kriteria dan indikator khusus untuk memastikan mitra akomodasi dapat memenuhi standar berkelanjutan. Kriteria tiket Green melihat bagaimana properti mengelola makanan dan minuman yang efisien, melakukan pemanfaatan dan konservasi air, upaya penghematan energi dan pengoptimalan sumber energi, menciptakan ruangan hijau, pengelolaan limbah dan daur ulang, serta kesadaran mempromosikan upaya keberlanjutan dan pemberdayaan sumber daya lokal. tiket.com mengajak untuk berkontribusi sambil berlibur. Fitur tiket Green memberi pilihan yang ramah lingkungan dalam berlibur,” ucap Cisyelya Bunyamin, SVP of Accomodation, tiket.com.

tiket.com senantiasa mengajak mitra akomodasi untuk lebih aware dan mempraktikkan pariwisata berkelanjutan. Salah satu jaringan hotel yang sudah menerapkan konsep pariwisata berkelanjutan adalah Archipelago. Konsep pariwisata berkelanjutan sudah diterapkan di seluruh 150 properti Archipelago, mulai dari bintang 2 sampai bintang 5. Archipelago merupakan grup manajemen hotel swasta besar di Asia Tenggara yang sudah menerapkan akomodasi berkelanjutan sejak didirikan 20 tahun silam. Inisiatif tiket Green dari tiket.com ini pun disambut baik oleh jaringan hotel Archipelago. 

Baca juga: Dukung Keberlanjutan, Yuk Beli Produk Investasi Berbasis ESG dari Aplikasi

John Flood, Chief Executive Officer, Archipelago International
“Kami sangat mendukung tiket Green. Inisiatif ini dapat membuka pintu bagi masyarakat untuk lebih memahami opsi-opsi akomodasi berkelanjutan yang ditawarkan dengan fasilitas terbaik. Tak hanya itu, tiket Green juga memberi kesempatan yang sama bagi semua orang untuk ikut berkontribusi dalam menerapkan praktik green travel dengan lebih maksimal,” ucap John Flood, Chief Executive Officer, Archipelago International.

Penerapan akomodasi berkelanjutan di Archipelago mencakup penggunaan perlengkapan barang-barang produksi Indonesia untuk akomodasi di Indonesia, sehingga dapat mengurangi jejak karbon. Produk-produk perlengkapan seperti sabun dan shampoo juga menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mencemari lingkungan. Air di kolam renang juga tidak menggunakan klorin, melainkan memakai garam yang lebih ramah lingkungan. Biaya pendingin ruangan dengan air conditioner (AC) juga dikurangi dengan penggunaan jendela.

Kehadiran fitur tiket Green menjadikan tiket.com sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Fitur ini mendukung terjaganya keindahan bumi dan destinasi wisata favorit. Setiap pemesanan akomodasi dalam kategori tiket Green turut berkontribusi mendukung perjalanan wisata yang bertanggung jawab demi masa depan lebih baik.

Share:

Artikel Terkini