Aplikasi yang Minta Izin Akses SMS dan Call Log Siap Dibasmi



Teknogav.com - Tahun lalu, Google mengumumkan bahwa akan mengubah kebijakan mengenai beberapa aplikasi yang dipublikasikan di Play Store. Perusahaan yang berpusat di Mountain-View tersebut sangat menganggap serius soal akses ke izin dan data yang sensitif.

Google pun membuat kebijakan untuk tak lagi mengizinkan developer untuk merilis aplikasi yang membutuhkan akses ke SMS atau Call Log di Google Play Store.

Raksasa teknologi tersebut mengumumkan bahwa akan mulai menyingkirkan seluruh aplikasi yang meminta izin SMS atau Call Log dari Google Play Store selama beberapa minggu ke depan.

Jika developer tidak mendaftarkan formulir deklarasi izin, maka aplikasi mereka akan dihapus dari Google Play Store.

Bila hal tersebut terjadi, maka mereka memiliki dua pilihan. Pilihan pertama adalah mendaftarkan versi baru yang tidak menyertakan izin tersebut. Atau kedua adalah mendaftarkan versi baru yang mempertahankan izin tersebut tetapi melengkapi formulir deklarasi khusus di dalam Play Console.

Deklarasi tersebut akan memberi perpanjangan bagi developer sampai 9 Maret untuk menghapus izin atau menerima persetujuan untuk kasus penggunaan mereka.

Tindakan Google ini ditujukan untuk mengatasi kasus-kasus di mana aplikasi meminta izin untuk mengakses SMS dan Call Log yang sebenarnya tidak membutuhkan akses tingkat ini.

Kebijakan baru ini tentunya akan menghalangi developer untuk  meminta izin mengaskses SMS dan Call Log. Pengguna pun bisa lebih memiliki kendali pada data mereka lebih jauh lagi.
Share:

Topik Populer