Review HP Notebook 14-cm0008au: Ringan dan Hemat Baterai



Teknogav.com – HP Notebook 14-cm0008au memiliki desain yang ramping dan ringan. Kinerja laptop ini efisien dengan mengandalkan prosesor AMD Ryzen 3 2200U. Dan yang paling penting, harganya terjangkau!

Ketika kemasan dibuka, sudah terasa bahwa laptop ini ringan saat dikeluarkan dari dusnya. Kelengkapan paket mencakup adapter dan kabelnya, serta buku manual dan kartu garansi.


Daya tahan baterai saat digunakan stand by saja cukup lumayan, dapat bertahan selama enam jam. Hematnya daya ini berkat arsitektur Zen pada prosesor yang menerapkan metodologi desain low-power.

AMD Ryzen 3 2200U merupakan prosesor entry level yang terdiri dari dua inti dengan kecepatan clock 2,5GHz. Laptop dibekali memori RAM DDR4 sebesar 4GB untuk membantu kelancaran kerja prosesor. Jika kapasitas masih dirasa kurang, tentu saja bisa menambahnya pada slot yang tersedia.

Arsitektur inti Zen pada prosesor dirancang untuk menggunakan sumber daya mikroarsitektural yang tersedia secara efisien. Komputasi pun dapat dilakukan dengan cepat, sehingga kinerja optimal.

Kinerja prosesor didukung oleh teknologi AMD SenseMI yang merupakan serangkaian fitur pembelajaran dan adaptasi.

Demi menyimpan data, baik itu sekedar foto atau pun aplikasi permainan atau musik, maka bisa memakai memori internal yang berkapasitas 1TB.

Sistem operasi Windows 10 Home Single Language sudah terpasang pada notebook ini. Selain itu tersedia juga beberapa aplikasi bawaan HP, yaitu HP Support Assistant; HP Recovery Manager; HP Documentation; dan HP Audio Switch.

Desain

Bagian luar casing laptop berwarna natural silver. Logo HP di bagian atas laptop pun berwarna sama dengan casing, hanya lingkarannya berwarna metalik.





Seperti telah disinggung sebelumnya, HP Notebook 14-cm0008au ringan jika dibandingkan dengan laptop dengan layar 14 inci lainya. Bobot notebook ini hanyalah 1,47 kg, sehingga tak melelahkan saat dibawa ke mana-mana.



Ketika laptop berada di posisi terbuka, bagian dalamnya berwarna hitam. Touchpad pun memiliki warna yang senada dan dua tombol fisik kiri dan kanan.

Keyboard laptop ini memiliki desain chiclet dan berjarak antar tombol. Mengetik pun terasa nyaman dengan desain dan susunan tombol demikian.

Tombol-tombol pada keyboard enak ditekan, dengan panah terletak di pojok kanan bawah jajaran keyboard. Sayangnya tombol panah atas dan panah bawah tak ergonomis karena ukurannya setengah tombol lainnya.


  

Grafis

Prosesor grafis laptop memakai Radeon Vega 3 Graphics yang terintegrasi dengan APU Ryzen 3. GPU ini memiliki dasar arsitektur Vega dan tiga inti dengan kecepatan clock hingga 1100MHz.

Pengaturan grafis dapat dilakukan memakai aplikasi AMD Radeon Settings. Anda bisa menentukan profil grafis yang berbeda untuk setiap game. Sementara jika ingin menonton video, ada beberapa profil video yang bisa dipilih, yaitu Cinema Classic, Enhanced, Home Video, Outdoor, Sport, Vivid dan Custom.





Tampilan layar 14 inci laptop ini memiliki warna yang tajam dan lembut berkat teknologi HD SVA BrightView WLED-backlit. Maka saat menatap layar pun mata tak cepat lelah.

Ketika digunakan bermain game Counter Strike dan Minion Master menggunakan aplikasi Steam, tampilan grafis tampak lumayan mulus. Kinerja game pun didukung juga oleh teknologi DirectX 12.



Multimedia dan Konektivitas

Komunikasi dapat dilakukan dengan bertatap mata menggunakan fitur web cam, sehingga jarak pun menjadi tak terasa.

Bagi yang hobi mendengarkan musik, tersedia dual speaker yang memaksimalkan kualitas suara.

Transfer data menggunakan koneksi Bluetooth dapat dilakukan dengan mudah, perangkat langsung terdeteksi. Proses transfer data pun dapat berlangsung cepat.

Demikian juga dengan koneksi WiFi yang dapat dengan mudah tersambung. Selain itu tersedia juga pengaturan untuk terkoneksi ke HotSpot yang tersedia sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Benchmark

Ketika diuji menggunakan aplikasi benchmarking PC Mark 10, maka skor keseluruhan yang diperoleh adalah 2249. Rincian skor per kegiatan dapat dilihat pada hasil berikut ini.

Kami pun melakukan uji  coba menggunakan aplikasi benchmark lain, yaitu Pass Mark, dan skor yang diperoleh adalah 1697,8. Jika dilihat pada daftar yang disusun oleh Pass Mark, kinerja AMD Ryzen  3 2200U ini masih di atas Intel Core i5-3230M, Intel Core i5-3120M, dan Intel Core-5200U. Sementara kinerjanya masih di bawah Intel Core i7-2630QM.






Beralih ke aplikasi benchmark GeekBench, skor kinerja inti prosesor tersebut adalah 3319 untuk single core dan 6502 untuk multi core.




 
Jika dilihat dengan aplikasi CPU-Z, maka kecepatan clock inti prosesor adalah 1,6GHz, sedangkan kecepatan clock GPU sebesar 400MHz. Hasil uji lainnya dapat dilihat berikut ini.


Port Input/Output


Sisi depan laptop ini tidak menyediakan port apa pun. Pada sisi kanan, dari depan ke belakang terdapat:
  • Port headphone/mikrofon
  • Port USB 3.1
  • Port USB 3.1
  • Port HDMI
  • Port RJ45
  • Port daya

Pada sisi kiri, dari depan ke belakang terdapat
  • Slot SD Card reader
  • Port USB 2.0
  • Slot Kensington Security

Dari segi harga, HP Notebook 14-cm008au dibandrol dengan harga Rp 5.999.000. Pembelian dapat dilakukan di toko resmi HP, e-commerce, dan distributor resmi HP.

Kelebihan

Notebook ini memakai prosesor AMD Ryzen 3 2200U yang efisien dan hemat daya. Jika digunakan untuk bermain game, kinerjanya cukup memadai. Profil grafis dapat disesuaikan dengan aplikasi AMD Radeon Settings.

 Saat digunakan untuk mengerjakan dokumen, susunan keyboard dan touchpad sangat nyaman dipakai. Sementara dari segi desain, laptop ini ringan, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Kekurangan

HP Notebook 14-cm008au tidak disertai dengan drive DVD. Tetapi hal ini tidak terlalu masalah karena memang media CD atau DVD tampaknya makin jarang digunakan.

Spesifikasi


Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language 64
Prosesor
AMD Ryzen™ 3 2200U (frekuensi dasar 2.5 GHz, sampai 3.4 GHz, 1 MB cache, 2 cores)


Form factor
Laptop Standar

Memori
SDRAM DDR4-2400  (1 x 4 GB)

Memori Internal
Harddisk SATA 1 TB 5400 rpm
Harddisk (kedua)
Harddisk SATA 1 TB 5400 rpm
Layanan awan
Dropbox

Layar
14" HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)
Grafis
Grafis AMD Radeon™ Vega 3

Port
2 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only); 1 USB 2.0; 1 HDMI 1.4b; 1 RJ-45; 1 headphone/mikrofon combo
Slot ekspansi
1 multi-format SD media card

Audio
Dual speakers
Webcam
Kamera HP TrueVision HD dengan mikrofon digital terpadu

Pointing device
Touchpad with multi-touch gesture support
Keyboard
Full-size island-style keyboard

Antarmuka Nirkabel
LAN terintegrasi 10/100/1000 GbE
Nirkabel
802.11b/g/n (1x1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo

Jenis Catu Daya
Adapter  AC 45 W Smart
Jenis Baterai
Li-ion 3-cell, 41 Wh
Bobot Baterai
210 g
Efisiensi Energi
Sertifikasi ENERGY STAR®; EPEAT® Silver registered

Dimensi
33.5 x 23.4 x 1.99 cm
Bobot
Mulai dari 1.47 kg

Warna
Natural silver

Pengelolaan Keamanan
Slot Kensington Mini Security

Aplikasi HP
HP Audio Switch; HP Documentation; HP ePrint; HP JumpStart; HP Recovery Manager; HP Support Assistant; HP Sure Connect
Garansi
1 tahun
Share:

Topik Populer