Huawei Hadirkan Kunpeng 920, CPU Unggul Berbasis ARM Huawei Hadirkan Kunpeng 920, CPU Unggul Berbasis ARM ~ Teknogav.com

Huawei Hadirkan Kunpeng 920, CPU Unggul Berbasis ARM



Teknogav.com – Huawei memperkenalkan CPU berkinerja paling unggul di industri saat ini yang berbasiskan ARM (Advanced RISC Machine). CPU yang diberi nama Kunpeng 920 ini sanggup mengembangkan berbagai skenario komputasi yang mencakup big data, penyimpanan terdistribusi dan aplikasi-aplikasi ARM native.


Huawei merancang Kunpeng 920 secara independen dengan basis lisensi arsitektur ARMv8. Proses pembuatan CPU ini dilakukan dengan cutting-edge 7nm. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan SPECint Benchmark, skor yang diperoleh Kunpeng 920 25% lebih tinggi dibandingkan benchmark rata-rata industrinya. Daya yang digunakan pun 30% lebih efisien dibandingkan produk lain di pasaran. CPU ini cocok digunakan untuk data center dan juga hemat daya.

“Peningkatan nilai bagi pelanggan merupakan komitmen Huawei. Inovasi yang terus menerus di bidang komputasi merupakan perwujudan komitmen tersebut. Jenis aplikasi dan data yang semakin majemuk dan perkembangan masyarakat yang semakin cerdas menciptakan banyak kebutuhan baru. Sehingga kami yakin pasar komputasi akan terus tumbuh,”ucap William Xu, Director of the Board and Chief Strategy Marketing Officer Huawei.

Demi memajukan industri ARM dan memperkuat ekosistem baru yang kolaboratif, terbuka dan saling menguntungkan, Huawei akan bekerjasama dengan pelaku-pelaku industri lain. Sehingga kinerja komputasi pun semakin canggih. Peningkatan kinerja prosesor dilakukan dengan pengoptimalan algoritma prediksi cabang, menambah jumlah unit OP dan peningkatan arsitektur subsistem memori.

Kunpeng 920 memadukan 64 core dan 9 channel DDR4 di jalur frekuensi 2,6 GHz. Jika dibandingkan dengan peranti-peranti di pasaran dengan kelas yang sama, lebar pita memori chipset ini 64% lebih tinggi. Jumlah keseluruhan lebar pita tersebut sampai 640 Gbps. Keberadaan dua porta 100G RoCE pada chipset ini juga signifikan meningkatkan pengintegrasian sistem. Chipset besutan Huawei ini juga mendukung antarmuka PCIe Gen4 dan CCIX. 

Selain memperkenalkan Kunpeng 920, Huawei juga meluncurkan server TaiShan. Server ini tersedia dalam tiga model berbeda dan menggunakan CPU Kunpeng 920. Masing-masing model memiliki kelebihan. Model pertama fokus pada media penyimpanan, model kedua fokus pada densitas dan model ketiga memadukan dua keunggulan dua model sebelumnya.

TaiShan ditujukan untuk memenuhi skenario komputasi tingkat tinggi yang mencakup big data, penyimpanan terdistribusi dan aplikasi-aplikasi ARM native. Skenario tersebut memang sesuai dengan peruntukan arsitektur ARM dan tambahan dukungan banyaknya jumlah core, serta kinerja yang tinggi per watt.
Share:

Artikel Terkini