Praktis Cek Saldo Flazz dan E-Money dari Smartphone Praktis Cek Saldo Flazz dan E-Money dari Smartphone ~ Teknogav.com

Praktis Cek Saldo Flazz dan E-Money dari Smartphone



Teknogav.com, Jakarta - Uang elektronik semakin populer digunakan berbagai kalangan. Apalagi kini pembayaran jasa jalan tol pun wajib menggunakan uang elektronik dengan teknologi tap atau Near Field Communication (NFC). Tentu menyebalkan jika saldo kurang saat berada di jalan tol. Nah agar tak menghalangi pengguna jalan yang lain, pastikan agar saldo uang elektronik pada kartu yang digunakan cukup.


Untungnya kini tak perlu repot lagi mencari Electronic Data Capture (EDC) atau lokasi khusus untuk mengecek saldo lho, cukup gunakan smartphone yang memiliki fitur NFC. Tentu saja sebelumnya Anda harus menginstal aplikasi yang sesuai dengan kartu uang elektronik yang ingin dicek saldonya. Masing-masing bank telah menyediakan aplikasi untuk pengecekan saldo. BCA menyematkan fitur Info Saldo Flazz pada aplikasi BCA Mobile. Sementara itu BNI dan Bank Mandiri menyediakan aplikasi khusus untuk pengecekan saldo saja, masing-masing adalah BNI TapCash Go dan e-money info.

Setelah menginstal aplikasi yang sesuai, jangan lupa mengaktifkan terlebih dahulu fitur NFC pada smartphone Anda. Fitur ini bisa diakses langsung dari menu shortcut yang ditarik dari bagian atas layar ke bawah, ataupun dari menu Settings. Pada menu Settings, biasanya fitur ini terdapat pada bagian Wireless & Networks, bila tak tampak, tekan More. Setelah terlihat menu NFC, masuk ke menu tersebut dan aktifkan fitur NFC.
Berikut ini adalah beberapa aplikasi sesuai dengan Bank penerbit kartu uang elektronik.

BCA mobile

Aplikasi ini digunakan untuk membaca kartu Flazz. Caranya cukup membuka aplikasi dan memilih menu Info Saldo Flazz.


Selain dapat digunakan untuk membaca saldo, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui secara rinci transaksi pada kartu Flazz yang dicek. Pengguna Android dapat mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store. Sementara itu pengguna iOS bisa mengunduhnya dari iTunes.

E-money

Aplikasi ini berfungsi untuk membaca saldo kartu E-money atau E-toll yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Sayangnya tak seperti aplikasi BCA mobile, E-money tidak dapat menyajikan informasi transaksi, hanya sebatas jumlah saldo pada kartu dan nomor kartunya saja.



Saat ini aplikasi E-money hanya tersedia untuk smartphone Android saja, untuk mengunduhnya bisa melalui Google Play Store.

BNI TapCash Go

Seperti halnya aplikasi E-money, aplikasi BNI TapCash Go juga khusus digunakan untuk BNI TapCash saja, terpisah dari fungsi perbankan lain. Tetapi kelebihannya aplikasi ini tak hanya sekedar berfungsi untuk mengecek saldo saja, tetapi juga dapat digunakan untuk melihat mutasi transaksi dan update saldo.


Pengguna Android bisa mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store.

Demikianlah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek saldo uang elektronik seperti Flazz dan E-money.
Share:

Topik Populer