Sony dan Cambridge Perkenalkan Turntable dengan Bluetooth


Teknogav.com - Dukungan streaming dengan Bluetooth telah menjadi fitur yang populer saat ini. Kini fitur tersebut pun sudah diadopsi perangkat turntable (pemutar piringan hitam atau vinyl). Pada ajang CES 2019 lalu, beberapa produsen turntable turut serta memamerkan produknya.

Dua turntable yang cukup menarik perhatian adalah produk besutan Sony dan Cambridge yang telah menyediakan fitur Bluetooh pada produk mereka. Berikut adalah kedua produk tersebut.


Sony PS-LX310BT

Kendati sudah menerapkan fitur Bluetooth streaming pada produknya, turntable besutan Sony ini tetap menyediakan pilihan untuk menggunakan kabel. Produk ini sudah menyediakan built-in phono stage yang memungkinkan untuk memasang langsung ke amplifier atau sepasang speaker aktif.

Produk besutan Sony ini cukup mengesankan karena harganya yang terjangkau, yaitu €200 atau sekitar Rp3,2 juta. Tentu dengan budget sebesar itu kita perlu berharap hasil yang lebih sederhana.


Cambridge Alva TT

Berbeda dengan produk budget Sony, Cambridge membandrol turntable mereka sebesar £1500 yang setara dengan Rp27,2 juta.




Produk ini memang bukan perangkat pertama yang menawarkan fitur Bluetooth untuk streaming vinyl ke headphones atau speaker. Tetapi Alva TT merupakan unit pertama yang menawarkan dukungan aptX HD Bluetooth codec. Fitur tersebut mampu melakukan streaming dengan kecepatan sampai 24-bit/48kHz secara nirkabel ke perangkat yang kompatibel.

Perangkat ini tampil cantik dengan desain memakai aluminium solid, cocok dengan komponen hi-fi Edge andalan Cambridge. Desain yang mudah untuk dipasang ini dilengkapi dengan built-in phono stage, tonearm tunggal dan moving coil cartridge rancangan Cambridge.

Biasanya audiofil sejati akan memilih produk yang lebih berkualitas tanpa memandang harga. Tetapi jika masih penikmat pemula, mungkin produk Sony yang lebih ramah kantong akan lebih cocok untuk dijadikan turntable pertama.
Share:

Topik Populer