Kenang Sejarah BBC, Falcon Acoustic Garap Speaker LS3/5A



Teknogav.com - Falcon Acoustics mengumumkan bahwa sedang memproduksi ulang speaker LS3/5A pertama garapan BBC untuk edisi terbatas, hanya 50 pasang speaker saja. Tentu saja ini memberikan kesempatan bagi pecinta hi-fi untuk memiliki bagian dari sejarah speaker.

Replika buatan tangan tersebut memang sangat mirip dengan prototipe akhir yang dibuat BBC pada tahun 1974. BBC kemudian pertama kali memproduksi secara komersil speaker tersebut pada tahun 1976.

Speaker yang diproduksi kembali oleh Falcon Acoustics diberi nama “KingsWood Waren” edisi terbatas, demi menghormati Kingswood Waren Technical Research Department.

Produk speaker tersebut mengambil bentuk pertama dari speaker LS3/5A dan diproduksi dalam jumlah terbatas 50 pasang.

Komponen Pada Speaker LS3/5A

Falcon menjalankan proyek ini dengan sepenuh hati untuk mendapatkan keaslian tampilan dan juga sound signature dari speaker tersebut.

Hal ini terbukti dengan langkahnya memesan beberapa komponen untuk mengamankan keaslian Kingswood Warren edisi terbatas tersebut.

Malcom Jones, pendiri Falcon yang merupakan kepala teknisi desain di KEF merancang driver KEF B110 dan T27. Jadi mereka merancang ulang speaker tersebut menggunakan komponen yang autentik.

Rangkaian crossover dari prototipe tersebut menggunakan induktor gaya transformator yang memakai suatu ukuran laminasi radio-logam. Sayangnya bahan tersebut tak lagi tersedia. Tetapi Jones memiliki stok memadai untuk kebutuhan memproduksi ulang komponen utama crossover tersebut.

Begitu pun kapasitor yang dipakai pada speaker tersebut juga menggunakan bahan yang sudah tak tersedia saat ini. Tetapi setelah Falcon melakukan pencarian bahan dialektrik film selama tiga tahun, akhirnya dapat juga walau dalam stok terbatas. Mereka pun dapat menggunakan sebagai bahan baku kapasitor Falcon Polikarbonat untuk membuat ulang komponen speaker BBC dari 1972/94 yang digunakan pada desain akhir LS3/5A.

Falcon menggunakan kabinet speaker BBC LS3/5A yang asli, Nos 3 dan 4. Kabinet tersebut dibuat dari Baltic Ply (lapisan baltik) berukuran 9 mm yang bertingkat dan lembab dengan sekrup di bagian belakang, serta polesan akhir lapisan kayu jati.

Dalam memandu produksi speaker tersebut, digunakan catatan tulisan tangan dari staf teknisi BBC.
Speaker LS3/5A Kingswood Warren Edisi Terbatas ini akan tampil perdana di Inggris pada pameran Bristol Hi Fi. Bagi yang berminat sudah bisa membelinya mulai bulan depan dengan harga sepasang £6.495 atau setara dengan Rp117,5 juta.

Share:

Topik Populer