Aplikasi Tidal Masters Kini Tersedia untuk iPhone dan iPad

Tidal Masters

Teknogav.com – Dua tahun lalu, Tidal meluncurkan Tidal Masters, aplikasi untuk streaming Master Quality Authenticated (MQA) dengan resolusi tinggi. Tak ada biaya tambahan bagi pelanggan paket HiFi yang tarifnya £20 atau sekitar Rp37,7 ribu per bulan.

Awalnya aplikasi Tidal Masters tersedia melalui aplikasi desktop Tidal. Kemudian melalui integrasi perangkat keras langsung, layanan ini tersedia pada produk-produk yang sudah didukung MQA, seperti streamer Bluesound Note 2.

Nah, pada ajang CES 2019 bulan Januari lalu, Tidal mengumumkan dukungan Masters untuk aplikasi Android. Akhirnya kini tiba waktunya bagi Tidal untuk memperluas kompatibilitas Masters ke aplikasi iOS.

Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi pemilik perangkat Apple yang menggunakan platform iOS 11 atau yang lebih baru. Apalagi jika mereka memang sudah berlangganan Tidal HiFi.

Seperti halnya dengan aplikasi Android, aplikasi iOS kini bisa mendengarkan streaming sampai maksimum 24-bit/96kHz dari dekoding file MQA pertama tanpa lipatan.

Ini adalah satu-satunya cara untuk membuka file MQA sepenuhnya untuk diputar. Dengan demikian memberikan representasi yang lebih akurat dari file tersebut berdasarkan karakteristik sistem Anda.

Cara mendengarkannya adalah melalui pemasangan perangkat Apple ke DAC yang kompatibel dengan MQA. Proses dekoding pun akan dilakukan dari perangkat lunak, yaitu aplikasi Tidal di platform iOS.

Pemilik perangkat Apple masih bisa memanfaatkan output 96kHz atau di bawahnya menggunakan headphone yang kompatibel dengan konektor Lighting. Bisa juga menghubungkan perangkat Apple ke DAC eksternal, tetapi batasan keluaran dari adapter Lightning ke 3,5 mm terbatas pada 48 kHz.

Tidal pada platform iOS ini pun bisa menampilkan album dan track Masters. Yuk unduh sekarang aplikasi ini melalui App Store atau iTunes.

Share:

Topik Populer