Review HP ENVY X360 13-ag0023au: Laptop Convertible yang Ringan dan Fleksibel Review HP ENVY X360 13-ag0023au: Laptop Convertible yang Ringan dan Fleksibel ~ Teknogav.com

Review HP ENVY X360 13-ag0023au: Laptop Convertible yang Ringan dan Fleksibel


Teknogav.com – HP ENVY X360 ag0023au memiliki desain yang begitu tipis dan convertible dengan layar yang bisa diputar sampai 360 derajat. Kendati kecil kinerja laptop ini tangguh dengan prosesor AMD Ryzen 7 2700U dan RAM 8 GB. Prosesor ini merupakan varian APU 8th Gen "Raven Ridge" 15 Watt yang paling kencang dan CPUnya menggunakan arsitektur Zen. Bagi seorang terbiasa menggambar langsung secara detil menggunakan pensil atau kuas, bisa memanfaatkan pen stylus yang sudah disertakan.

Di dalam dus paket laptop convertible ini terdapat unit laptop yang layarnya bisa diputar 360 derajat, pen stylus, adapter daya, adapter microUSB to HDMI, dan beberapa kertas. Kertas tersebut terdiri dari kartu garansi, manual produk, petunjuk konfigurasi dan persyaratan jaminan terbatas.

unboxing HP ENVY X360 13-ag0023au
unboxing HP ENVY X360 13-ag0023au

Daya tahan baterai saat digunakan cukup aktif, seperti menonton film dan mengetik cukup lama, yaitu sekitar lima jam. Tak heran karena prosesor yang digunakan menerapkan arsitektur Zen yang memiliki metodologi desain low-power atau mengkonsumsi daya rendah.

AMD Ryzen 7 2700U merupakan APU yang memiliki prosesor empat inti dengan kecepatan dasar 2,2 GHz. Chipset ini dibuat dengan proses pabrikasi 14 nm.

Seperti telah disinggung sebelumnya, keistimewaan dari prosesor AMD Ryzen ini adalah arsitektur Zen dan teknologi DirectX 12. Teknologi arsitektur Zen mampu menghasilkan prosesor yang cerdas sepenuhnya. Sementara itu teknologi AMD SenseMI pada prosesor Ryzen memberikan kecerdasan mesin untuk mempercepat kinerja.

Teknologi Simultaneous Multithreading (SMT) pada prosesor memungkinkan untuk penanganan delapan proses komputasi sekaligus, sehingga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan thread dalam jumlah sangat besar.

Laptop ini dibekali memori RAM DDR 4 dengan kapasitas 8 GB yang mendukung kinerja prosesor dengan luar biasa. Sementara itu media penyimpanannya didukung SSD PCIe® NVMe™ M.2 Toshiba berkapasitas 512 GB. Secara default media penyimpanan tersebut dibagi menjadi dua drive, yaitu C untuk sistem dan D untuk recovery. Teknologi SSD tentu membuat akses ke file dan data lebih cepat pada HP Envy X360 ini.

HP ENVY X360 ini sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 10 Home Single Language. Selain itu ada juga beberapa aplikasi bawaan, yaitu HP Audio Switch; HP Documentation; HP ePrint; HP e-Service; HP JumpStart; HP Recovery Manager; HP Support Assistant; HP Connection Optimizer; HP Command Center.

HP Command Center
HP Command Center
HP Command Center berfungsi untuk mengatur profil Thermal sesuai dengan skenario penggunaan. Ada empat profil yang tersedia, yaitu HP Recommended, Performance, Comfort dan Quiet.

HP Recommended merupakan profil untuk mengoptimalkan kinerja sistem, kipas dan suhu dengan teknologi HP CoolSense.

Performance merupakan profil yang ideal untuk menjalankan perangkat lunak yang membutuhkan penggunakan sumber daya pada CPU. Ketika profil ini diaktifkan, maka kecepatan kipas akan meningkat untuk mendinginkan perangkat. Mode ini tidak didukung saat memakai sumber daya dari baterai. Jadi harus terpasang dengan kabel adapter daya.

Comfort merupakan profil yang ideal untuk situasi dimana perangkat terasa hangat. Ketika profil diaktifkan, kecepatan kipas akan meningkat dan kinerja CPU akan diturunkan untuk mendinginkan perangkat.

Quiet merupakan pforil yang ideal untuk lingkungan, ketika diaktifkan, kipas akan dinyalakan atau akan beroperasi pada kecepatan minimum. Kinerja CPI juga akan diturunkan.

Selain aplikasi bawaan dari HP, ada juga aplikasi Bang & Olufsen yang berfungsi untuk mengendalikan audio.

Bang & Olufsen - General
Bang & Olufsen - General
Pada pengaturan General, volume speaker dan mikrofon dapat diatur sesuai kebutuhan. Selain itu tersedia juga pilihan untuk mengaktifkan Multistreaming untuk mendengarkan dari beberapa sumber audio pada rangkaian sepaker yang berbeda.

Bang & Olufsen - Input
Bang & Olufsen - Input
Pengaturan audio secara lebih detil juga bisa dilakukan pada Input. Selain mengatur volume mikrofon, tersedia fitur HP Noise Cancellation untuk mengurangi latar suara dan mengoptimalkan suara mikrofon. Tersedia pilihan untuk mengurangi noise pada suara sendiri saja atau beberapa suara.

Bang & Olufsen - Output
Bang & Olufsen - Output
Nah, pada pengaturan output, bisa dilakukan penyesuaian pada komponen bass, treble dan dialog clarity selain sekedar pengaturan volume speaker. Tersedia juga pengaturan profil audio berdasarkan mode audio, yaitu music, movie dan voice.

Desain

Laptop ini memiliki desain convertible, dengan layar yang bisa diputar sesuai dengan kebutuhan. Logo HP di balik layar terlihat elegan tanpa bulatan yang dipadukan warna Dark Ash Brown, ciri khas laptop premium HP.

Logo HP di Cover Laptop
Logo HP di Cover Laptop
Kendati memiliki ukuran layar 13,3 inci, tetapi bezel yang tipis membuat bodi HP Envy ini seperti laptop berukuran 12 inci. Dimensi laptop memang cukup ringkas, yaitu 30.67 x 21.46 x 1.49 cm. Ketebalan 1,49 cm ini dicapai saat layar ditutup atau saat berada di mode tablet, yaitu ketika layar diputar 360 derajat penuh. Bobot laptop ini begitu ringan, hanya 1,3 kg saja, sehingga nyaman untuk dibawa berpergian.

HP ENVY X360 13-ag0023au
HP ENVY X360 13-ag0023au - Laptop Mode
Mode lain yang bisa digunakan adalah Stand Mode, dimana posisi kamera tetap berada di atas layar. Penggunaan mode ini biasanya untuk video call atau online chatting.

HP ENVY X360 13-ag0023au - Tent Mode
HP ENVY X360 13-ag0023au - Tent Mode

HP ENVY X360 13-ag0023au - Tent Mode
HP ENVY X360 13-ag0023au - Tent Mode
Sementara itu ketika berada di Tent Mode, laptop bisa digunakan untuk presentasi, menonton film atau melihat foto bareng-bareng.

Nah, ketika layar diputar 360 derajat, maka perangkat digunakan sebagai Tablet Mode. Padukan juga dengan pen stylus yang tersedia untuk menggambar, membuat sketsa atau menulis.

HP ENVY X360 13-ag0023au - bagian bawah laptop
HP ENVY X360 13-ag0023au - bagian bawah laptop
Pada bagian bawah laptop terdapat lubang ventilasi untuk membantu sirkulasi udara di dalam. Selain itu lubang juga berfungsi untuk mengeluarkan suara speaker.

Laptop ini memang dibekali empat speaker, dua diletakkan di bagian bawah, dan dua lagi di atas keyboard. Pada bagian atas keyboard dapat terlihat panel dengan lubang-lubang kecil.

Keyboard pada HP Envy X360 mempunyai susunan tombol yang ergonomis dengan desain chicklet. Setiap tombol dilengkapi dengan backlit yang memudahkan untuk melihat tombol saat kondisi gelap.

HP ENVY X360 13-ag0023au - keyboard
HP ENVY X360 13-ag0023au - keyboard
Di bawah keyboard, terdapat touchpad dengan klik kiri dan kanan yang menyatu di touchpad. Desain ini agak menyulitkan saat melakukan klik karena kurang jelas pembatas kiri dan kanannya. Tetapi tentu ini demi menjaga desain bodi yang tipis.

HP ENVY X360 13-ag0023au
HP ENVY X360 13-ag0023au 
Engsel untuk memutar layar laptop terbuat dari logam yang tangguh sehingga tetap kuat walau diputar berkali-kali.

HP ENVY X360 13-ag0023au - sisi kiri
HP ENVY X360 13-ag0023au - sisi kiri

HP ENVY X360 13-ag0023au - sisi kanan
HP ENVY X360 13-ag0023au - sisi kanan
Beralih ke sisi samping kiri, dari arah belakang ke depan terdapat port USB tipe-A, jack audio, dan slot micro SD reader. Sementara di sisi kanan, dari belakang ke depan terdapat port daya, port USB-tipe A, port USB tipe-C dan tombol volume.

Grafis

Kartu grafis yang digunakan adalah AMD Radeon RX Vega 10 dengan 10 inti prosesor yang kecepatannya 1,3 GHz. GPU tersebut dibekali teknologi Radeon FreeSync yang memungkinkan gamer bermain dengan lancar tanpa tersendat.

AMD Radeon Settings - Global Settings
AMD Radeon Settings - Global Settings
Tampilan grafis tampak menawan dengan FHD IPS microedge display dan sudut pandang lebar 178 derajat. Pengaturan tampilan ini bisa ditentukan juga dengan aplikasi AMD Radeon Settings. Setiap aplikasi ataupun game bisa memiliki profil tampilannya sendiri.

AMD Radeon Settings - Overview
AMD Radeon Settings - Overview
AMD Radeon Settings - Aplikasi WPS
AMD Radeon Settings - Aplikasi WPS

AMD Radeon Settings - Display
AMD Radeon Settings - Display
AMD Radeon Settings - System
AMD Radeon Settings - System
Ketika menonton video, tersedia juga pilihan profil yang bisa langsung dipilih berdasarkan jenis videonya. Pilihan tersebut terdiri dari Cinema Classic, Enhanced, Home Video, Outdoor, Sport, Vivid dan Custom.

Kendati ukuran layar hanya 13,3 inci, tetapi saat digunakan bermain game Fallout Shelter dengan ukuran penuh, seluruh komponen game dapat terlihat dengan jelas. Game pun berjalan mulus dan nyata, baik dari segi tampilan maupun efek suara yang didukung audio keluaran Bang & Olufsen. Kinerja game ini juga didukung teknologi DirectX 12.

Game Fallout Shelter
Game Fallout Shelter

Multimedia dan Konektivitas


Menikmati multimedia lebih nyaman dengan fleksibilitas mode laptop ini. Ketika ingin berkomunikasi dengan video, bisa menggunakan web cam pada stand mode ataupun laptop mode. Sementara ketika ingin menonton film, bisa menggunakan tent mode.

Seperti telah disinggung sebeumnya, HP ENVY X360 didukung oleh penataan audio yang dirancang Bang & Olufsen dengan empat speaker. Pengaturan audionya bisa diatur secara manual ataupun sesuai profil menggunakan aplikasi Bang & Olufsen. Sementara untuk profil tampilan grafis bisa ditentukan dengan HP AMD Radeon RX Vega. Menonton film atau mendengarkan musik pun bisa lebih nyaman dengan pengaturan yang lebih personal.

Kemampuan Bluetooth dalam transfer data cukup cepat. Perangkat ini bisa dengan mudah mendeteksi perangkat Bluetooth lain. Cukup tekan ikon Bluetooth, lalu pilih “Send a file” atau “Receive a file”.

Koneksi WiFi pun mudah tersambung dan bisa berjalan dengan lancar. Ketersambungan bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Bisa juga mengatur waktu berapa lama ingin tersambung, dengan pilihan 1 jam, 4 jam atau 1 hari.

Benchmark

Ketika diuji menggunakan aplikasi benchmarking PC Mark 10, maka skor keseluruhan yang diperoleh adalah 2988. Rincian skor per kegiatan dapat dilihat pada hasil berikut ini.
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking PCMark10
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking PCMark10

Kami pun melakukan uji  coba menggunakan aplikasi benchmark lain, yaitu Pass Mark, dan skor yang diperoleh adalah 2861,5. Jika dilihat pada daftar yang disusun oleh Pass Mark, kinerja AMD Ryzen  7 2700U ini masih di atas Intel Core i7-2670QM dan Intel Core i7-2630QM. Tetapi masih di bawah Intel Core i7-3630QM dan Intel Core i7-4700MQ.

HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking PassMark
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking PassMark

HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking PassMark
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking PassMark

Beralih ke aplikasi benchmark GeekBench, skor kinerja inti prosesor tersebut adalah 3595 untuk single core dan 9430 untuk multi core.
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench System Information
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench System Information

HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench Single Core Performance
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench Single Core Performance

HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench Multi Core Performance
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench Multi Core Performance

HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench OpenGL
HP ENVY X360 13-ag0023au - Benchmarking Geekbench OpenGL

Jika dilihat dengan aplikasi CPU-Z, maka kecepatan clock inti prosesor adalah 1596,76 MHz, sedangkan kecepatan clock GPU sebesar 400MHz. Hasil uji lainnya dapat dilihat berikut ini.

HP ENVY X360 13-ag0023au - CPU Z
HP ENVY X360 13-ag0023au - CPU Z
Dari segi harga, HP ENVY x360 13-ag0023au dibandrol dengan harga Rp 16.499.000. Pembelian dapat dilakukan di toko resmi HP, e-commerce, dan distributor resmi HP.

Kelebihan

HP ENVY x360 sangat ringan, sehingga nyaman untuk dibawa berpergian. Jeroannya pun dibekali komponen premium dengan prosesor AMD Ryzen 7, RAM DDR4 8 GB dan SSD 512 GB semua aplikasi bisa dibuka dan dijalankan secara cepat dan mulus.

Jajaran tombol pada keyboard cukup nyaman digunakan, jarak antar tombol sesuai dengan pergerakan jari. Pengoperasian pun bisa dikombinasikan dengan layar sentuh yang bisa memakai jari langsung atau memanfaatkan pen stylus yang tersedia.

Posisi layar sangat fleksibel, bisa digunakan layaknya memakai laptop biasa, diluruskan, berdiri seperti tenda atau dilipat 360 derajat sehingga seperti tablet.

Kekurangan

Touchpad kurang nyaman digunakan, apalagi klik yang menyatu dengan pad, tidak ada tombol khusus, sehingga agak susah mengeluarkan menu klik. Selain itu tidak ada slot khusus untuk meletakkan pen stylus.

Karet anti slip di bagian bawah laptop yang menutupi baut sangat mudah terlepas. Kendati beberapa kali ditempelkan ulang dengan isolasi double tape, tetap mudah lepas.

Spesifikasi

Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language 64
Prosesor
AMD Ryzen™ 7 2700U (frekuensi dasar 2.2 GHz, sampai 3.8 GHz, 6 MB cache, 4 cores)
Form Factor
Convertible
Memori
SDRAM DDR4-2400  8 GB

Memori Internal
SSD 512 GB PCIe NVMe
Layanan awan
Dropbox

Layar
13.3" diagonal FHD IPS BrightView WLED-backlit micro-edge multitouch-enabled edge-to-edge glass (1920 x 1080)
Grafis
Grafis AMD Radeon™ Vega 10

Port
1 USB 3.1 Type-C™ Gen 2 (Data Transfer up to 5 Gb/s, Power Delivery, DisplayPort™ 1.4, HDMI 2.0, HP Sleep and Charge); 2 USB 3.1 Gen 1 (1 HP Sleep and Charge); 1 headphone/microphone combo
Slot ekspansi
1 card reader micro SD

Audio
Bang & Olufsen, quad speakers, HP Audio Boost
Webcam
HP Wide Vision HD IR Camera with integrated dual array digital microphone

Pointing device
HP Imagepad with multi-touch gesture support
Keyboard
Full-size island-style backlit keyboard

Nirkabel
802.11ac (2x2) Wi-Fi® dan Bluetooth® 4.2 combo

Jenis Catu Daya
Adapter  AC 45 W Smart
Jenis Baterai
Li-ion 4-cell, 53,2 Wh
Bobot Baterai
210 g
Efisiensi Energi
Sertifikasi ENERGY STAR®; EPEAT® Silver registered

Dimensi
30.67 x 21.46 x 1.49 cm
Bobot
1.3 kg

Warna
Dark ash silver

Aplikasi HP
HP Audio Switch; HP Documentation; HP ePrint; HP e-Service; HP JumpStart; HP Recovery Manager; HP Support Assistant; HP Connection Optimizer; HP Command Center
Garansi
1 tahun

Share:

Artikel Terkini