Pioneer Perkenalkan Sistem Home Theatre dan Receiver AV dengan IMAX Enhanced

Teknogav.com Dua receiver AV baru dengan sertifikasi IMAX Enhanced dan sistem Home Theatre baru saja diperkenalkan oleh Pioneer. Kedua receiver AV tersebut adalah VSX-LX504 dan VSX-LX304 yang dibekali jaringan 9.2 channel. Sementara itu seri terkini home theatre Pioneer yang baru saja diperkenalkan adalah HTP-076.

Receiver AV VSX-LX504 dan VSX-LX304 dengan IMAX Enhanced

VSX-LX504

Panel depan VSX-LX504 varian warna silver

VSX-LX504
Panel Belakang VSX-LX504 varian warna hitam

Seri VSX-LX504 dan VSX-LX304 adalah receiver 9.2 channel dengan dukungan Dolby Atmos dan DTS:X. Receiver tersebut memiliki kinerja 7.2.2 channel / 5.2.4 channel surround sound dan merupakan receiver Pioneer pertama yang bersertifikasi IMAX Enhanced.

Dengan penyesuaian yang persis dengan sound system IMAX yang teatrikal, maka audio IMAX dihadirkan untuk lingkup sinema rumah menggunakan varian khusus dari kodek DTS:X.

Pada model LX504 menggunakan daya 215 watt/channel, sedangkan model LX 304 mengandalkan daya 185 watt/channel. Receiver ini bisa diarahkan memakai output Powered Zone 2 dan Zone 3, sehingga bisa menikmati audio melalui speaker di ruangan lain.

Output pre-amp Zona 2 juga ditambahkan bagi yang ingin menambahkan amplifier terdedikasi di Zona 2. Output pre-amp Zona 2 juga bisa dikonfigurasi unag sebagai output Line Zona B. Dengan demikian memperluas suara yang diputar di Zona A (zona utama) ke lokasi lain atau ke seperangkat headphone nirkabel (melalui transmitter).

Kedua receiver dibekali tujuh input HDMI dan dua output HDMI. Tersedia juga dukungan Ultra HD pass-through dengan HDCP 2.2, 4K / 60 Hz, Dolby Vision, HDR10, HLG (Hybrid Log-Gamma), WCG (Wide Color Gamut) dan Ultra HD upscaling (1080p sampai 4K).

Perangkat ini juga menyediakan sistem Multi-Channel Acoustic Calibration (MCACC) tingkat lanjutan dari Pioneer. Teknologi tersebut memilih pengaturan akustik yang ideal untuk ruangan melalui mikrofon yang didesain secara kustom pada receiver. Secara otomatis teknologi tersebut akan mengompensasi perbedaan ukuran, tingkat dan jarak speaker dan menyesuaikan output agar pas.

MCACC juga memberikan peningkatan hasil dengan mengukur kebisingan latar dan mencocokkan fase Low-Frequency Effects (LFE) ke channel lain. Kedua receiver juga mendukung Dialogue Enhancement, yang memudahkan penyesuaian. Suara dialog pada film dan vokal musik pun dapat didengar lebih baik.

Pengendalian tingkat suara, pemilihan track, atau menghentikan pemutaran musik pada receiver bisa menggunakan Smart Speaker atau Smart Display seperti Google Home.

Konektivitas nirkabel dari receiver AV ini mencakup Chromecast built-in, Apple AirPlay 2, Bluetooth, DTS Play-Fi, Wi-Fi.

Selain itu tersedia juga FlareConnect, ini adalah protokol nirkabel Pioneer yang mencerminkan segala sumber audio yang terhubung dengan receiver pada speaker yang kompatibel di ruangan lain.
Berbagai layanan musik, olahraga, dan hiburan berita pun tersedia dari Amazon Music, Spotify, TIDAL, dan Deezer.

Pioneer HTP-076

Seri HTP-076 adalah Home Theatre 5.1 channel yang memberikan amplifikasi yang mengandalkan daya 150 watt/channel. Pengukuran dari perangkat adalah sebagai berikut: 6 ohms, 1 kHz, THD 10%, 1 channel yang di-drive).

Layout speaker 3.1.2 channel bisa mengantarkan dukungan Dolby Atmos dan DTS:X. Ketika menggunakan speaker dengan Dolby Atmos, teknlogi Reflex Optimizer dari Pioneer akan mengoptimalkan kinerja demi audio yang jernih.

Teknologi Dolby Atmos Height Virtualizer dan DTS Virtual:X mensimulasikan output dari speaker surround. Fleksibilitas lebih besar pun bisa diperoleh dari teknologi tersebut melalui sisten 5.1 channel konvensional.

Port yang tersedia mencakup empat input HDMI dan satu output HDMI. Tersedia juga dukungan Ultra HD pass-through dengan HDCP 2.2, 4K / 60 Hz, Dolby Vision, HDR10, HLG (Hybrid Log-Gamma), WCG (Wide Color Gamut) dan Ultra HD upscaling (1080p sampai 4K).

Ketiga perangkat baru Pioner tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Jika tombol Bluetooth di panel depan ditekan maka fungsi tersebut pun aktif, bahkan saat receiver dalam kondisi standby. HTP-076 juga menyediakan fasilitas “Dialog Enhancement”, “Personal Preset” dan “Output Zona B ”  demi kenyamanan maksimum.

Harga dan Ketersediaan

Ketiga perangkat tersedia dalam pilihan warna hitam atau silver mulai bulan Mei nanti. Berikut adalah harga yang dibandrol pada masing-masing perangkat:

  • VSX-LX504 - £1199.99 atau sekitar Rp22,3 juta
  • VSX-LX304 - £899.99 atau sekitar Rp16,8 juta
  • HTP-076 - £499.99 atau sekitar Rp9,3 juta
Share:

Topik Populer