Berdana Kini Lebih Mudah dengan Dana Berdana Kini Lebih Mudah dengan Dana ~ Teknogav.com

Berdana Kini Lebih Mudah dengan Dana

Donasi, Wakaf dan Zakat dengan Aplikasi Dana (Endah/Teknogav.com)

Teknogav.com, Jakarta – Demi memudahkan beramal, Dana dan Yayasan Dompet Dhuafa Republika (Dompet Dhuafa) berkolaborasi menyediakan fasilitas untuk membayar donasi, wakaf dan zakat. Tentu ini saat yang pas untuk berdana di bulan suci yang penuh berkah. Apalagi bagi umat Islam ada kewajiban membayar zakat fitrah, tentu kini tak perlu repot harus ke tempat khusus membayar zakat.
Saat ini ada dua cara untuk berdana, yaitu melalui menu di aplikasi atau dengan memindai QRcode.



Di menu aplikasi terdapat sub menu Zakat & Donation, yang di dalamnya terdapat pilihan Zakat Fitrah dan Donasi. Besar zakat fitrah per orang adalah Rp50 ribu yang dihitung berdasarkan harga 2,5 kg beras premium. Sementara untuk Donasi terdapat banyak pilihan penyaluran, seperti parsel, air, sekolah, beasiswa, kanker dan lain-lain.

Menu Zakat & Donasi di Aplikasi Dana (Endah/Teknogav.com)
Menu Zakat & Donasi di Aplikasi Dana (Endah/Teknogav.com)

Menu Zakat & Donasi dan Menu Zakat Fitrah di Aplikasi Dana (Endah/Teknogav.com)
Menu Zakat & Donasi dan Menu Zakat Fitrah di Aplikasi Dana (Endah/Teknogav.com)

Menu Donasi di Aplikasi Dana (Endah/Teknogav.com)
Menu Donasi di Aplikasi Dana (Endah/Teknogav.com)

Cara kedua adalah dengan memindai QRCode. Saat ini ada tiga jenis QRCode yang tersebar di berbagai titik, yaitu untuk donasi, wakaf dan zakat. Semua orang pun bisa turut berperan dalam menyebarkan QRCode ini untuk memudahkan teman atau kerabat yang ingin berdana dengan praktis.
Fitur Zakat & Donasi ini berpotensi mengoptimalkan kegiatan sosial-ekonomi digital dan gaya hidup masyarakat dalam berdonasi. Reputasi Dompet Dhuafa sebagai lembaga nirlaba pengelola zakat, infak dan sedekah yang terpercaya tentunya akan memperkuat keyakinan masyarakat dalam menyumbang.

“Kolaborasi Dana bersama Dompet Dhuafa memperkaya upaya kami dalam menghadirkan berbagai pegalaman baru bertransaksi digital dengan mudah, cepat, aman dan efisien. Kami berharap pengalaman berzakat dan berdonasi melalui solusi Zakat & Donasi pada dompet digital Dana semakin membuka pemahaman masyarakat akan efektivitas bertransaksi nontunai dan nonkartu secara digital,” ucap Vincent Iswara, CEO Dana.

Solusi pembayaran zakat dan donasi ini tak hanya mendukung pemberdayaan ekonomi digital, tetapi juga pada perubahan sosial dan budaya masyarakat.

Kerja sama ini tak hanya menyediakan fitur Zakat & Donasi di aplikasi Dana, tetapi juga sebaliknya. Pada situs Dompet Dhuafa juga tersedia pembayaran zakat dan donasi dengan pilihan fasilitas Dana.
Sejak Dana menyediakan fasilitas untuk melalukan zakat dan donasi, pembayaran zakat digital secara nasional pun menunjukkan tren peningkatan.

“Tren peningkatan tersebut menunjukkan aplikasi atau layanan digital pembayaran zakat dan donasi dengan dompet digital Dana mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Khususnya kebutuhan dari genrasi Y dan Z dalam menyalurkan bantuan ke kaum dhuafa di sekitarnya,” ucap Drg. Imam Rulyawan MARS., Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Imam juga mengungkapkan harapannya agar dompet digital Dana bisa menjadi sarana dan solusi yang efektif dalam membudayakan zakat dan donasi. Dengan demikian dapat membantu pemerintah Indonesia dalam mengentaskan kemiskinan.

“Kami berharap layanan zakat dan donasi di dompet digital Dana bisa menjadi solusi efektif dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia,” lanjut Vincent.

Salah satu titik yang memajang QRCode untuk donasi, wakaf dan zakat ini dapat dijumpai di booth Dana di Jakarta Fair. Ajang tersebut berlangsung mulai 22 Mei sampai 30 Juni 2019 di Kemayoran.
Share:

Artikel Terkini