Dukung Pendidikan di Sulawesi Tengah, AMD Sumbangkan Perangkat Teknologi

AMD Berikan Bantuan ke Korban Bencana Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah (Endah/Teknogav.com)

Teknogav.com, Jakarta – Dalam rangka merayakan 50 tahun kiprah AMD di dunia teknlogi, AMD menggelar program donasi yang merupakan bagian dari program #AMDCare. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan sumbangan untuk menunjang sarana pendidikan di Sulawesi Tengah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami.

AMD Indonesia menggandeng Wahana Visi Indonesia untuk menyalurkan bantuan ke wilayah yang terkena dampak bencana, yaitu Palu, Sigi dan Donggala. Bantuan tersebut berupa perangkat komputer, program pelatihan bagi guru dan tenaga admin sekolah.

Perangkat Komputer AMD

Sejumlah 30 perangkat komputer telah didistribusikan ke sekolah-sekolah di Palu, Sigi dan Donggala pada April 2019. Komputer tersebut menggunakan prosesor AMD Athlon 200 GE yang efisien dan hemat daya. Kinerja prosesor didukung oleh RAM 8 GB Dual Channel dan media penyimpanan SSD 256 GB. Komponen pendukung lainnya adalah motherboard A320 dan monitor HDMI 20 inci. Perpaduan perangkat memiliki kinerja untuk produktivitas dan tampilan visual yang pas untuk kebutuhan sekolah.




Bantuan tersebut diberikan ke tujuh sekolah, yaitu tiga di Palu, tiga di Sigi dan satu di Donggala. Di Palu sekolah yang mendapat bantuan adalah SD Muhammadiyah 3 Palu, MIS Darul Iman, dan SD Al-Khairat Mamboro. Sementara di Sigi adalah MIS Al-Khairat Biromaru, SD Al-Khairat Kota Pulu, dan MIS Al-Khairat Bangga. Kemudian di Donggala adalah SDN 1 Tanantovea.

Total anak didik di tujuh sekolah tersebut adalah sekitar 1000 orang ditambah dengan 14 guru yang akan memperoleh manfaat program. Bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah sendiri telah merusak 2.700 gedung sekolah dan merengut 2,5 juta jiwa. Ada 839 desa yang terkena imbas bencana tersebut.

“Kami memahami masa-masa sulit masyarakat yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami tahun 2019 lalu di Palu, Sigi dan Donggala. Demi meningkatkan produktivitas dan memberikan pelayanan terbaik bagi pendidikan, kami ingin berkontribusi membantu sekolah sebagai pihak penyelenggara pendidikan,” ucap Ryan Sim, Director Sales and Marketing, AMD ASEAN.

Selain memberikan bantuan ke sekolah-sekolah, AMD juga memberikan bantuan perangkat komputer ke Wahana Visi Indonesia untuk memudahkan kegiatan menyalurkan bantuan. Kantor Wahana Visi Indonesia di Sulawesi Tengah memang ikut termasuk terkena bencana saat gempa dan tsunami terjadi. Perangkat komputer diberikan untuk memulihkan kerja Disaster Recovery Center yang berada di bawah naungan Wahana Visi Indonesia. Wahana Visi Indonesia adalah organisasi kemanusiaan yang fokus pada kesejahteraan anak-anak.

Asteria Aritonang, National Resource Department Director – Wahana Visi Indonesia
Asteria Aritonang, National Resource Department Director – Wahana Visi Indonesia
Harapannya kerja sama antara AMD dan Wahana Visi Utama dapat meningkatkan kepedulian banyak pihak dalam mewujudkan transformasi kemajuan pendidikan anak-anak.

Program Pelatihan Bagi Guru dan Tenaga Admin


Sementara itu pelatihan bagi guru dan tenaga admin di tujuh sekolah tersebut dipandu oleh orang yang ahli di bidang komputer. Program pelatihan ini diselenggarakan oleh Wahana Visi Indonesia sebagai lembaga pendamping dan didanai oleh AMD Indonesia.

Para guru senang dengan kehadiran bantuan yang ada, karena dapat kembali melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah masing-masing.

Demi mejaga agar perangkat yang diberikan dapat terus dipergunakan secara maksimal dan berkelanjutan, maka monitoring akan terus dilakukan oleh Wahana Visi Utama.

Program donasi Satu hati untuk Sulawesi Tengah yang dilakukan AMD Indonesia ini disampaikan pada acara buka puasa bersama anak-anak panti asuhan Yayasan Pondok Yatim Jamiyatul Falah di kantor Wahana Visi Indonesia di Jakarta.

Acara Buka Puasa Bersama AMD di Wahana Visi Indonesia
Acara Buka Puasa Bersama AMD di Wahana Visi Indonesia

Share:

Topik Populer