Superkomputer Tercepat di Dunia Ditenagai Teknologi AMD Superkomputer Tercepat di Dunia Ditenagai Teknologi AMD ~ Teknogav.com

Superkomputer Tercepat di Dunia Ditenagai Teknologi AMD

Sistem Frontier dengan AMD dan Cray

Teknogav.com – AMD bersama dengan Departemen Energi Amerika Serikat (DOE), Oak Ridge National Laboratory (ORNL) dan Cray Inc. mengumumkan perangkat yang diharapkan menjadi superkomputer kelas exascale tercepat di dunia. Perangkat ini dijadwalkan sampai di ORNL pada tahun 2021.

Sistem Frontier dirancang untuk menggunakan komputasi berkinerja tinggi generasi masa depan, kecerdasan buatan (AI) yang dioptimalkan, CPU AMD EPYC, dan prosesor GPU AMD Radeon Instinct demi memperoleh kinerja pemrosesan yang diharapkan lebih dari 1,5 exaflops.

AMD Epyc
AMD Epyc

AMD Radeon Instinct
AMD Radeon Instinct

Para peneliti di ORNL akan menggunakan sistem Frontier yang menggunakan daya komputasi yang belum pernah ada sebelumnya dan teknik AI generasi mendatang untuk melakukan simulasi, pemodelan dan pemahaman tingkat lanjutan dari interaksi yang mendasari ilmu cuaca, struktur sub-atom, genomik, fisika dan bidang ilmiah penting lain.

"AMD bangga dapat bermitra dengan Cray dan ORNL untuk mengantarkan perangkat yang diharapkan akan menjadi superkomputer paling canggih di dunia. Frontier akan menyajikan teknologi CPU dan GPU kustom dari AMD dan memerantakan pencapaian terkini dari daftar panjang inovasi teknologi yang telah berkontribusi di program exascale Departemen Energi," ucap Forrest Norrod, Senior VP dan GM AMD Datacenter dan Embedded Systems Group.


Inovasi-inovasi AMD yang akan digunakan pada sistem Frontier mencakup:

  • Komputasi berkinerja tinggi generasi masa depan atau Future-generation High Performance Computing (HPC) dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dioptimalkan yang dikustomisasi dengan CPU AMD EPYC, dan prosesor GPU Radeon Instinct yang didukung oleh High Bandwidth Memory (HBM) dan ops presisi campuran ekstensif untuk kinerja pembelajaran dalam yang optimal
Infinity Fabric
Infinity Fabric
  • Infinity Fabric koheren berlatensi rendah dengan bandwidth tinggi yang disesuaikan menghubungkan empat GPU AMD Radeon Instinct ke satu CPU AMD EPYC per node
  • Versi yang ditingkatkan dari lingkungan pemrograman ROCm open source yang dikembangkan dengan Cray untuk dipasangkan dalam kinerja gabungan CPU dan GPU AMD

"Kami gembira bekerja dengan tim di AMD untuk memberikan sistem Frontier ke Laboratorium Nasional Oak Ridge. Superkomputer Shasta dari Cray dirancang untuk mendukung teknologi prosesor terdepan dan media penyimpanan berkinerja tinggi, semua disambungkan erat dengan jaringan Slingshot baru dari Cray. Gabungan teknologi Cray dan AMD pada sistem Frontier akan meningkatkan kinerja secara dramatis dalam skala untuk AI, analisis, dan simulasi. Dengan demikian memungkinkan DOE untuk mendorong batas penemuan ilmiah lebih jauh lagi," ucap Steve Scott, Senior VP dan CTO di Cray.

AMD memiliki riwayat komputasi super yang membanggakan dan juga telah lama bekerja sama dengan DOE. Kerja sama tersebut dimulai dengan superkomputer Jaguar pada tahun 2005 dan superkomputer Titan pada tahun 2011.

Sistem Frontier memanfaatkan investasi teknologi exascale DOE selama bertahun-tahun. Penghargaan kontrak mencakup pendanaan pengembangan teknologi, pusat keunggulan, beberapa sistem pengiriman awal, sistem Frontier utama dan dukungan sistem multi-tahun.


Frontier mewakili kemodernan dalam komputasi berkinerja tinggi. Perancangan dan mendirikan mesin dalam cakupannya membutuhkan kerja sangat dekat dengan industri, kemitraan yang tak hanya mampu menerobos ilmu pengetahuan tetapi juga memastikan persaingan ekonomi dan keilmiahan kelas dunia.

Sistem Frontier

"Kami senang dapat bekerja dengan AMD untuk menintegrasikan teknologi CPU dan GPU yang memungkinkan arsitektur node yang memungkinkan untuk dipercepat dengan ekstrim," ucap Jeff Nichols, Direktur laboratorium rekanan untuk Computing and Computational Sciences, ORNL.

Share:

Artikel Terkini