Picu Inovasi AI, MediaTek Hadirkan Program Rich IoT Picu Inovasi AI, MediaTek Hadirkan Program Rich IoT ~ Teknogav.com

Picu Inovasi AI, MediaTek Hadirkan Program Rich IoT

Program Rich IoT

Teknogav.com - Tren teknologi Internet of Things (IoT) semakin marak. Berdasarkan data Market and Research, pangsa pasar IoT akan mencapai 83% dari seluruh pasar chipset AI di tahun 2023. Peluang tersebut tak dilewatkan MediaTek dengan membuat program Rich IoT demi menghasilkan berbagai platform chipset berkemampuan AI. Platform dibangun di atas chipset MediaTek berdasarkan software dan hardware yang sesuai standar terbuka dan industri.

Perusahaan-perusahaan yang ingin mengembangkan produk-produk inovatif di pasar cerdas bisa memanfaatkan platform chipset ini. Chipset MediaTek telah terbukti secara komersil mendunia dengan diterapkannya pada berbagai perangkat suara, speaker cerdas, layar dan AI.

Beberapa chipset baru dengan teknologi AI canggih yang dibutuhkan perangkat IoT cerdas diperkenalkan pada program Rich IoT. Chipset dengan AI tersebut bisa digunakan untuk fitur-fitur suara, layar, pengenalan obyek.

MediaTek Berkolaborasi dengan Mitra Pendukung Program Rich IoT

Para perancang di Tiongkok, Eropa dan Amerika Serikat Termasuk BayLibre dan StreamUnlimited mendukung chipset MediaTek dengan software sesuai standar industri. Mereka juga menyediakan dukungan hardware, software dan teknis bagi perusahaan-perusahaan yang merancang perangkat AI menggunakan platform-platform AI IoT dari MediaTek.

Sebagai produsen chip terdepan dalam perangkat bantuan suara atau voice assistant devices (VAD), MediaTek bekerja sama dengan berbagai merek terkemuka di dunia untuk mentenagai perangkat-perangkat cerdas termasuk speaker cerdas.

BayLibre yang merupakan kolaborator global MediaTek mendukung program Rich IoT dengan berinovasi di industri semikonduktor dan IoT. Perusahaan ini menawarkan SDK Rity open source untuk solusi bantuan audio penuh kepada OEM.

Sementara itu StreamUmlimited menambahkan fungsi IoT khusus pada StreamSDK, solusi audio cerdas yang mentenagai berbagai perangkat bantuan suara dan streaming.

“Program Rich IoT dari MediaTek membantu kami masuk ke produk-produk audio cerdas generasi mendatang,” ucap Jawad Haider, Head of Business Development and Partnerships for North America, StreamUnlimited.

Fitur-fitur Pada Chipset MediaTek


Berbagai dukungan standar telah tercakup pada chipset-chipset dalam program Rich IoT, termasuk kit evaluasi melalui Seeed Studio. Platform tersebut memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  • Android Pie 9.0, 4.19 Linux Kernel, Yocto 2,6
  • Amazon Voice Service dengan algoritma audio front-end (wake-word engine, far-field)
  • OP-TEE (kompatibel dengan spesifikasi API GlobalPlatform)
  • Konektivitas yang mencakup Wi-Fi 5 dan 4G

Chipset AI dan Rich IoT ini begitu hemat daya sehingga baterai lebih tahan lama, kinerja koputasinya pun luar biasa. Kinerja kmputasi dari CPU, GPU dan AI Processing Units ini mendukung perangkat-perangkat AI generasi mendatang.

“Kami menghadirkan AI pada produk IoT sehari-hari, sehingga memudahkan berbagai industri mengakses chipset dan teknologi MediaTek melalui jaringan mitra bernilai tambah. IoT sudah memasuki fase berikutnya. Hampir semua tipe perangkat konsumen sudah terintegrasi dengan fitur-fitur AI. Ini berarti perangkat terhubung memerlukan prosesor untuk mendukung aplikasi AI,” ucap Jerry Yu, Corporate Senior Vice President dan General Manager Intelligent Devices Business Group MediaTek.

Yu juga mengatakan bahwa program Rich IoT memungkinkan berbagai skala perusahaan menghasilkan perangkat-perangkat dengan fitur-fitur AI, multimedia dan konektivitas yang lebih canggih. Seiring dengan kebutuhan perangkat terhubung, maka pasar IoT pun akan berkembang.

Keamanan chipset didukung oleh TrustZone dari Arm dengan dukungan jangka panjang sampai tujuh tahun untuk pembaruan sistem operasi dan keamanan.

Tujuan dan Fokus Program Rich IoT


Program Rich IoT ditujukan untuk mendorong inovasi AI dengan memudahkan perusahaan-perusahaan untuk merancang perangkat IoT berkemampuan AI. Kemampuan AI tersebut mencakup pengenalan wajah, obyek dan suara.

Tiga segmen utama IoT AI yang menjadi fokus awal program Rich IoT adalah:
  • Perangkat Berkemampuan Suara yang mencakup produk dengan kemampuan bantuan suara seperti speaker cerdas, kunci cerdas, mesin cuci piring, perangkat masak, mesin cuci dan lain-lain.
  • Perangkat Layar yang mencakup produk dengan tampilan cerdas atau bertindak sebagai hub cerdas seperti head-mounted display, terminal penjualan, thermostat, perangkat olah raga, dan lain-lain.
  • Perangkat dengan teknologi pengenalan AI atau visi komputer yang mencakup produk yang perlu mengenali obyek atau orang seperti robot, drone,  sistem keamanan cerdas, oven cerdas, dan lain-lain
Perangkat IoT perlu dilengkapi dengan kamera, layar, video, konektivitas da multimedia. Teknologi-teknologi inti tersebut dan integrasi SoC sudah lama menjadi fokus MediaTek.

Share:

Artikel Terkini