Review ASUS VivoBook X505Z: Layar Lapang, Bobot Tetap Ringan Review ASUS VivoBook X505Z: Layar Lapang, Bobot Tetap Ringan ~ Teknogav.com

Review ASUS VivoBook X505Z: Layar Lapang, Bobot Tetap Ringan

Asus VivoBook X505Z

Teknogav.com – ASUS VivoBook X505Z memiliki layar yang begitu lapang, yaitu 15,6 inci, tetapi dengan dimensi layaknya laptop 14 inci. Tak hanya ringkas, keistimewaan laptop ini adalah bobotnya yang ringan, hanya 1,68 kg!

Kendati demikian jangan anggap remeh laptop ini. Kinerja dan kemampuan grafisnya luar biasa dengan memadukan prosesor AMD Ryzen 7 2700U dan AMD Radeon RX Vega 10. Ini adalah konfigurasi tertinggi untuk beberapa varian dari ASUS VivoBook X505Z yang juga menyediakan pilihan prosesor Ryzen 3 dan Ryzen 5.

AMD Ryzen 7 2700U merupakan varian APU 8th Gen “Raven Ridge” 15 watt paling kencang dengan arsitektur Zen pada CPU. APU ini memiliki prosesor empat inti dengan kecepatan dasar 2,2 GHz dan diproduksi dengan proses pabrikasi 14 nm.

Arsitektur Zen pada CPU mampu menghasilkan prosesor yang cerdas sepenuhnya. AMD Ryzen didukung juga dengan teknologi AMD Sense MI yang memberikan kecerdasan mesin untuk mempercepat kinerja. Keistimewaan lain dari prosesor ini adalah dukungan dari teknologi DirectX 12.

Prosesor juga menggunakan Teknologi Simultaneous Multithreading untuk menangani delapan proses komputasi sekaligus, sehingga bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan jumlah thread besar.

Selain prosesor, setiap varian ASUS VivoBook X505Z juga memiliki konfigurasi kartu grafis, memori dan media penyimpanan yang berbeda. Pada laptop yang Teknogav.com review, kartu grafis yang digunakan adalah AMD Radeon™ RX Vega 10. Konfigurasi lain yang tersedia adalah AMD Radeon™ Vega 3 dan AMD Radeon™ Vega 8. Sementara besar RAM adalah 8 GB, varian lainnya pun menggunakan besar yang sama, kecuali konfigurasi terendah dengan RAM 4 GB.

Kerennya lagi, ASUS VivoBook X505Z pada review ini memadukan media penyimpanan SSD M2 256 GB dan harddisk 1 TB. Sementara varian lain menggunakan konfigurasi salah satu saja dari media penyimpanan tersebut.

Memori 8 GB tersebut dapat mendukung kinerja prosesor dengan luar biasa. Sementara media penyimpanan secara default dibagi menjadi dua drive. Drive C memanfaatkan SSD M.2 untuk sistem, sementara drive D menggunakan harddisk 1 TB untuk menyimpan data.

Unboxing ASUS VivoBook X505Z
Unboxing ASUS VivoBook X505Z

Paket ASUS VivoBook X505Z ini berisi satu unit laptop dengan adapter untuk pengisian daya. Selain itu terdapat juga 2 buku panduan penggunaan dan 2 kartu garansi.

Daya tahan baterai cukup lama, ketika digunakan untuk bekerja dengan beberapa aplikasi bisa bertahan lebih dari lima jam. Ketahanan baterai ini juga berkat arsitektur Zen dengan metodologi desain yang hemat daya.

Secara default, sistem operasi yang terpasang pada laptop adalah Windows 10 Home. Kendati demikian, ASUS merekomendasikan untuk memakai Windows 10 Pro.

Tentu saja dengan menggunakan sistem operasi Windows 10, maka secara default pada laptop sudah terdapat aplikasi App Installer, Mail, Maps, Goove Music, Photos, Snip&Sketch dan Movies & TV.

Selain itu tentu saja ada juga software bawaan dari AMD dan ASUS. Beberapa software tersebut adalah AMD Software, ASUS Battery Health Charging, ASUS Device Activation, ASUS Giftbox, ASUS GiftBox Service, ASUS Hello, ASUS Live Update, ASUS Product Registration, ASUS Sync, ASUS Sync Driver, ATK Package (ASUS Keyboard Hotkeys) Audio Wizard, dan Splendid.

Grafis

Pada ASUS VivoBook X505Z yang direview oleh tim Teknogav, kartu grafis yang digunakan adalah AMD Radeon RX Vega 10. Kartu grafis ini memiliki 10 inti prosesor dengan kecepatan 1,3 GHz. Teknologi Radeon FreeSync pada kartu grafis ini memungkinkan untuk bermain game dengan lancar tanpa tersendat.
AMD Radeon Settings
AMD Radeon Settings
Tampilan grafis dapat diatur komposisinya dengan aplikasi AMD Radeon Settings sehingga tampilan setiap aplikasi dan game bisa berbeda sesuai profil.

Pada menu gaming, pengaturan tampilan akan dilakukan otomatis dengan memilih game yang akan dimainkan. Sementara itu untuk video, profil yang tersedia adalah default, cinema classic, enhanced, home video, outdoor, sports, vivid dan custom. Selain itu tersedia juga pengaturan untuk Connect, Display dan System.

Game Dota 2
Game Dota 2
Saat digunakan untuk bermain Dota 2 tampilan game tampak begitu lapang dan jelas. Game berjalan mulus dengan efek suara yang memberikan pengalaman mendalam. Tentu saja teknologi DirectX 12 pun turut membantu kinerja game.
ASUS Splendid
ASUS Splendid
Aplikasi Splendid sanggup memberikan visual terbaik pada semua jenis konten. Empat mode yang tersedia adalah normal, eye care, vivid dan manual.

Mode normal cocok untuk penggunaan laptop secara keseharian, sementara mode vivid akan menghasilkan foto dan video menakjubkan dengan mengoptimalkan kontras.

Demi megurangi tingkat cahaya biru yang melelahkan mata, maka pengguna bisa menggunakan mode Eye Care. Jika masih ingin melakukan penyesuaian warna sendiri, bisa memilih manual untuk menyesuaikan warna yang dipersonalisasi.

Audio


Pengalaman audio terbaik laptop ini diperoleh dari ASUS SonicMaster, ini adalah gabungan perangkat keras, perangkat lunak dan pengaturan audio yang dilakukan oleh tim ASUS Golden Ear.

Tim tersebut terdiri dari sekelompok profesional pakar suara yang bertanggung jawab atas keseluruhan subsistem audio pada setiap perangkat.

Encoding dan decoding audio yang tepat dijamin oleh codec tingkat profesional. Sementara pengiriman audio yang kuat dan bas yang begitu mendalam disajikan oleh perpaduan amplifier, speaker yang besar dan ruang resonansi. Perbaikan detail menit, penyaringan suara dan peningkatan kejernihan audio dibantu oleh pemrosesan dan penyelarasan sinyal tambahan demi memberikan sensasi suara yang imersif.

Audio Wizard
Audio Wizard


Nah, untuk mendapatkan audio yang ideal pada semua jenis konten, tersedia aplikasi Audio Wizard. Selain menyediakan pilihan pengaturan berdasarkan jenis konten, tersedia juga pilihan pengaturan manual untuk menentukan sendiri komposisi audio sesuai selera. Pilihan otomatis terdiri dari mode music, mode movie, mode recording, mode gaming dan mode speech.

Mode music akan menghidupkan lagu kesayangan jadi terdengar lebih hidup, sementara mode movie menghasilkan audio berkualitas sinema. Demi perekaman audio sejernih kristal, bisa memilih mode recording. Ketika bermain game bisa memilih mode gaming untuk mendapatkan pengalaman audio dalam game yang sangat imersif. Mode speech akan meningkatkan kejelasan dialog secara real-time saat memakai apalikasi apa pun.

Pengaturan Audio Wizard secara manual
Pengaturan Audio Wizard secara manual
Pengendalian pengaturan audio sepenuhnya bisa dilakukan dengan pengaturan ekualiser grafis ICEPower dan menyesuaikan keseimbangan frekuensi sesuai selera.


Desain

Layar ASUS VivoBook X505Z
Layar ASUS VivoBook X505Z
ASUS VivoBook X505Z memiliki desain yang lebih tipis dan ringan, ketebalannya hanya 20,35 mm. Desain yang begitu ringkas membuat laptop yang dibekali layar lapang 15,6 inci ini setara dengan laptop 14 inci. Ini berkat teknologi layar NanoEdge dengan bezel yang ultra tipis.

Bingkai pinggiran layar hanya setebal 7,7 mm, sehingga rasio layar ke bodi laptop sebesar 81%, memberikan tampilna yang begitu imersif. Resolusi layar HD 1366 x 769 piksel yang dilengkapi dengan backlit LED dan anti-glare 60Hz.

Cover ASUS VivoBook X505Z
Cover ASUS VivoBook X505Z
Dimensi laptop yang ringkas ini adalah 36,1 x 24,4 x 2,04 cm dengan bobot 1,68 kg. Bobot ini bahkan lebih ringan dari beberapa laptop berukuran 14 inci. Sosok laptop ini dibalut dengan warna Dark Grey bertekstur elegan di bagian cover dan tambahan akses logo ASUS.

ASUS VivoBook X505Z memiliki desain keyboard chiclet dengan susunan standar. Sayangnya tombol daya juga digabung pada susunan tombol keyboard ini, tepatnya di pojok kanan atas. Bagi yang terbiasa dengan tombol Delete di pojok kanan atas tentunya akan sering keliru menekan tombol daya ini.

Keyboard VivoBook X505Z
Keyboard VivoBook X505Z

Keyboard dan touchpad ASUS VivoBook X505Z
Keyboard dan touchpad ASUS VivoBook X505Z
Touchpad di bawah keyboard memiliki klik kiri dan kanan yang menyatu, batasnya hanya ditandai dengan garis kecil.

Sisi kiri ASUS VivoBook X505Z
Sisi kiri ASUS VivoBook X505Z

Sisi kanan ASUS VivoBook X505Z
Sisi kanan ASUS VivoBook X505Z

Di samping kiri, dari belakang ke depan terdapat port daya, RJ45 LAN, HDMI, USB 3.1 type-A dan USB 3.1 type-C. Sementara itu di sisi kanan dari belakang ke depan terdapat security lock, dua port USB 2.0, jack audio dan slot SD card reader.

Laptop ini memiliki teknologi ASUS IceCool sebagai sistem pendinginan. Teknologi ini memakai pengendalian kipas pintar, pipa panas tipis dan desain cerdas untuk menghasilkan sistem pendinginan yang efisien. Rata-rata suhu permukaan tetap terjada dari palm rest di bawah 36 derajat celcius yang di bawah suhu tubuh. Kinerja pendinginan pun menjadi kuat dan menjamin kenyamanan pengguna.

Baterai dan Konektivitas

Teknologi ASUS SuperBattery mampu menawarkan daya baterai menjadi tiga kali lebih lama dibandingkan konfigurasi baterai lithium-ion silinder standar. Sistem tersebut melengkapi baterai berkualitas tinggi dengan teknologi ASUS Battery Health Charging yang mengurangi tingkat ekspansi baterai. Baterai juga didukung teknologi pengisian cepat yang mampu mengisi daya sampai 60% hanya dalam waktu 49 menit.

Konektivitas laptop ini cukup lengkap, termasuk keberadaan port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C yang memudahkan laptop untuk terhubung. Port USB 3.1 menawarkan kecepatan transfer sebesar 5 Gbps sampai 10 kali lebih cepat dibandingkan koneksi USB 2.0. Foto, file video besar dan musik dapat ditransfer dalam sekejap, bahkan film 2 GB hanya perlu waktu tak sampai dua detik.

Kemampuan Bluetooth dalam transfer data memang cepat, sayangnya tak selalu mulus. Terkadang Bluetooth tidak terdeteksi, sehingga laptop harus restart atau boot ulang, karena mematikan dan menyalakan Bluetooth kembali tidak berpengaruh.

Pengiriman file menggunakan Bluetooth dilakukan dengan memilih fungsi “Send a file”. Sedangkan untuk menerima file, pilih fungsi “Receive a file”. Jika pengiriman dari perangkat lain dilakukan tanpa memilih “Receive a file” terlebih dahulu maka transfer file akan gagal walau sudah pairing.

Berbeda dengan koneksi Bluetooth yang kadang tak terdeteksi, koneksi WiFi untuk berselancar dengan internet bisa tersambung dengan mudah. Koneksi pun lancar sesuai dengan kecepatan yang disediakan jaringan.

Benchmark

Beberapa aplikasi dan layanan untuk melakukan benchmark digunakan untuk menguji ASUS VivoBook X505Z.

Pengujian pertama memakai PC Mark 10 dengan skor keseluruhan 2804 dan total nilai Essential adalah 5783. Skor Essential yang di atas 4100 tersebut menunjukkan bahwa perangkat ini cukup bagus untuk penggunaan laptop secara umum untuk mengerjakan berbagai jenis tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.

PC Mark 10
PC Mark 10

Benchmark lain dilakukan memakai Pass Mark dengan skor uji kinerja sebesar 2303,2 dan skor CPU Mark 7174,8. Berdasarkan daftar kinerja Pass Mark, nilaiCPU Mark AMD Ryzen 7 2700U masih di atas Intel Core i7-2670QM dan Intel Core i7-2630QM. Kendati demikian kinerja prosesor ini masih di bawah Intel Core i7-3630QM dan Intel Core i7-4700MQ.
Pass Mark Skor dan Peringkat Kinerja
PassMark Skor dan Peringkat Kinerja

PassMark Skor CPU Mark
PassMark Skor CPU Mark
Peringkat CPU Mark
Peringkat CPU Mark

Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 324 untuk 2D Mark dan 1970 untuk 3D Mark. Sementara kinerja memori meraih skor 1291.

PassMark -Skor 2D Mark
PassMark -Skor 2D Mark
PassMark -Skor 3D Mark
PassMark -Skor 3D Mark

PassMark -Skor Memory Mark
PassMark -Skor Memory Mark

Ketika kinerja inti prosesor diukur dengan aplikasi benchmark GeekBench, maka skor yang diperoleh adalah 3500 untuk single core dan 9616 untuk multi core.

Geekbench - Sistem Informasi
Geekbench - Sistem Informasi

Geekbench - Skor Kinerja Single Core
Geekbench - Skor Kinerja Single Core
Geekbench - Skor Kinerja Multi Core
Geekbench - Skor Kinerja Multi Core
Geekbench - Skor Open CL
Geekbench - Skor Open CL
Sementara itu aplikasi CPU-Z menunjukkan kecepatan inti prosesor sebesar 1596,76 MHz dan kecepatan prosesor grafis adalah 400 MHz. Rincian nilai hasil uji lainnya adalah sebagai berikut.

CPU Z Asus VivoBook X505Z
CPU Z Asus VivoBook X505Z
ASUS VivoBook X505Z dengan konfigurasi tertinggi sesuai spesifikasi laptop yang di-review Teknogav adalah Rp 11,3 juta. Konfigurasi tersebut adalah AMD Dual Core R7-2700U/8G/1TB+256G SSD/Windows 10 Home.

Sedangkan harga untuk konfigurasi lainnya adalah sebagai berikut:
  • AMD Dual Core R5-2500U/8GB/256G/Windows 10 Home: Rp 8,4 juta
  • AMD Dual Core R5-2500U/8GB/1TB/Windows 10 Home: Rp 8,1 juta
  • AMD Dual Core R3-2200U/4GB/1TB/Windows 10 Home: Rp 6,1 juta

Kelebihan


ASUS VivoBook X505Z memiliki layar yang lapang, dengan bodi yang tetap ringkas dan bobot ringan.

Kendati bukan laptop gaming, tetapi game berat bisa dimainkan lancar dengan perpaduan AMD Ryzen 7 dan AMD Radeon Vega 10.

Kinerja prosesor didukung RAM 8GB dan media penyimpanan yang memadukan SSD 256 GB dengan harddisk 1 TB. Perpaduan tersebut memperlancar dalam memuat perangkat lunak atau mengakses sistem dan file.

Koneksi menyediakan port yang cukup lengkap, termasuk port USB 3.1 tipe-C. Desain tombol chiclet cukup nyaman digunakan untuk mengetik.

Kekurangan


Letak tombol daya yang menyatu pada susunan tombol di keyboard kurang ergonomis, sering salah tekan saat ingin menggunakan fungsi Delete.

Touchpad masih kurang nyaman digunakan karena terkadang ngadat. Penggunaan klik kiri pun masih agak kagok karena desain klik kanan dan klik kiri yang menyatu.

Koneksi Bluetooth terkadang tak terdeteksi, harus restart untuk bisa melakukan pairing ulang.
Resolusi layar mentok di HD, padahal pada varian global tersedia konfigurasi dengan resolusi layar FHD.

Slot SD card reader tidak menyediakan konverter untuk memudahkan membaca micro SD card.

Spesifikasi

Sistem OperasiWindows 10 Home Single Language 64, ASUS recommends Windows 10 Pro.
ProsesorAMD® Ryzen™ 3 2200U Processor 2.5 GHz (1 M Cache, up to 3.4 GHz)
AMD® Ryzen™ 5 2500U Processor 2.0 GHz (2 M Cache, up to 3.6 GHz)
AMD® Ryzen™ 7 2700U Processor 2.2 GHz (2 M Cache, up to 3.8 GHz)
Form FactorLaptop
Memori4 GB DDR4 2400MHz SDRAM
8 GB DDR4 1866MHz SDRAM
Memori InternalHard drive: 1 TB 5400 rpm SATA HDD
Solid state drive: 256 GB SATA 3.0 M.2 SSD
Layanan awanOneDrive
Layar15.6" (16:9) LED-backlit HD (1366x768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
GrafisAMD Radeon™ Vega 3 Graphics
AMD Radeon™ Vega 8 Graphics
AMD Radeon™ RX Vega 10 Graphics
Port1 x COMBO jack audio , 1 x USB 3.0 Type-C (USB 3.1 Gen 1), 1 x USB 3.0 Type-A (USB 3.1 Gen 1), 2 x USB 2.0, 1 x RJ45 LAN,
1 x HDMI (Mendukung HDMI 1.4), 1 x Smart card
Slot ekspansiMulti-format card reader (SD/SDHC/SDXC/MMC)
AudioBuilt-in 18 W Speaker Stereo dengan Mikrofon, Teknologi ASUS SonicMaster
WebcamVGAWebcam
KeyboardChiclet keyboard
NirkabelWi-Fi Integrated 802.11ac (2x2), Bluetooth® 4.2
Jenis Catu DayaOutput: 19 V DC, A, 45 W; Input: 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Jenis Baterai3 -Cell 42 Wh
Bobot Baterai180 g
Dimensi36.1 x 24.4 x 2.04 ~2.04 cm (WxDxH) (dengan baterai 3-Cell)
Bobot1,68 kg dengan baterai cell
WarnaDark Grey
KeamananSecurity lock, fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)
Garansi2 tahun garansi hardware global1 tahun
Share:

Artikel Terkini