YouAppi Tawarkan Solusi Ekosistem Digital Bagi Brand dan Perusahaan

 Anna Mareta, Regional Manager, SEA YouAppi

Teknogav.com, Jakarta – YouAppi adalah platform pemasaran mobile yang membantu perusahaan dan brand untuk mengembangkan bisnis mereka dari sisi digital. Perusahaan yang didirikan tahun 2011 ini berkantor pusat di Amerika Serikat, dan kini sudah beroperasi di lebih dari 15 negara. Jakarta merupakan kantor pusat YouAppi di Asia Tenggara, dan sudah beroperasi di Indonesia sejak Mei 2016.

Pesatnya perkembangan industro digital membuat semua orang awas dengan keberadaan digital. Nah, maka dari itulah YouAppi mengembangkan teknologi agar membantu perusahaan dan brand lebih maju dalam membangun industri dari sisi digital. Layanan yang disediakan oleh YouAppi terdiri dari user acquisition, brand video, rewarded video, social advertising dan re-engagement.

You Appi membantu mendapatkan pengguna aplikasi atau membujuk orang untuk mengunduh aplikasi dari perusahaan atau brand yang memiliki aplikasi. Iklan-iklan untuk menggaet pengguna hanya ditempatkan di smartphone, biasanya di slot-slot iklan pada aplikasi atau pun portal berita.

Perusahaan atau brand yang menjadi klien berasal dari berbagai industri, diantaranya adalah e-commerce, consumer goods, perbankan, otomotif, hiburan dan lain-lain. Bukalapak dan BlueBird merupakan klien yang setia dalam menggunakan layanan YouAppi.


Layanan YouAppi

Brand video berfungsi untuk memperkenalkan citra suatu brand. Biasanya selain iklan offline di billboard dan TV, perusahaan ingin merambah ke sisi digital untuk mendapatkan awareness dari pengguna internet.

Layanan YouAppi
Layanan YouAppi
Contoh pencitraan menggunakan brand video dilakukan oleh BlueBird dengan video Pakai Tesla dan Ketinggalan Barang. Pada video Pakai Tesla BlueBird ingin menunjukkan kepeduliannya dengan lingkungan. Sementara untuk video Ketinggalan Barang, BlueBird ingin menyingkirkan rasa khawatir pelanggannya ketika ketinggalan barang di taksi.

Rewarded video merupakan video iklan yang ditempatkan dalam game. Pada game di smartphone biasanya ada video yang harus ditonton jika ingin mendapatkan reward atau melanjutkan permainan saat kehabisan nyawa.

YouAppi juga menyediakan kampanye brand di media sosial seperti Facebook, Google dan Instagram. Contohnya adalah sponsor story yang bisa dimasukkan dalam Instagram story.

Ketika YouAppi sudah berhasil menarik pengguna untuk menginstal, tidak lantas selesai begitu saja. Bagaimana jika tidak ada kegiatan yang dilakukan pengguna pada aplikasinya tersebut? Nah, layanan re-engagement akan membantu brand atau perusahaan untuk mengingatkan pengguna melakukan aktivitas pada aplikasi. Misalnya dengan mengingatkan bahwa ada barang di keranjang belanja atau ada promo diskon untuk barang yang difavoritkan pengguna.

“Jadi YouAPPI memberikan solusi ekosistem digital untuk semua channel, tidak hanya mobile, tetapi dijangkau juga dari sisi social advertising, di semua obyektif baik itu awareness dan kinerja. Dengan demikian klien bisa beriklan dan mendapatkan imbal hasil dari investasi iklan tersebut,” ucap Anna Mareta, Regional Manager, SEA YouAppi.


Pencapaian YouAppi


Berdasarkan 2019 AppsFlyer Performance Index Growth, YouAppi menduduki posisi pertama di Timur Tengah dan Afrika. Sementara di daftar Deloitte’s Technology Fast 500 Bay Area, YouAppi berada di posisi ke-15. Dan posisi ke-4 di daftar EMEATechnology Fast 500 2017.
YouAppi dalam Angka
YouAppi dalam Angka
Di Indonesia, Bukalapak sudah menggunakan YouAppi selama 1,5 tahun dan mengalami kenaikan pengguna sekitar 20% berkat layanan user acquisition.

“YouAppi memenuhi target awal kami dalam waktu satu bulan pertama kampanye. Tingkat pembelian sebesar 59% dari pengguna-pengguna baru,” ucap Nina Widya, Senior Digital Marketing Manager Bukalapak.

Kemitraan antara Bukalapak dan YouAppi terus berkembang seiring pertumbuhan signifikan yang dihasilkan YouAppi dalam berbagai pengukuran.

Selama Mei 2018 terjadi peningkatan pembelian sebesar 205% dan tingkat pembelian unik sebesar 14% dari pengguna yang mendaftar di periode kampanye.

Perpaduan tingkat pembelian yang tinggi dan rendahnya biaya akuisisi pengguna mencetak keberhasilan yang luar biasa bagi Bukalapak dan YouAppi. Tahun ini Bukalapak akan terus menggunakan layanan user acquisition dari YouAppi.

Saat ini ada lebih dari 500 brand terkemuka dunia yang menggunakan layanan YouAppi. Sekitar 20 ribu kampanye unik sedang berlangsung. Selain itu YouAppi juga mengumpulkan insight data dalam jumlah luar biasa melalui 2 miliar pengguna dan 100 miliar impresi bulanan.
Share:

Topik Populer