Ajang Kompetisi UMKM The Big Start Season 4 Resmi Digelar Ajang Kompetisi UMKM The Big Start Season 4 Resmi Digelar ~ Teknogav.com

Ajang Kompetisi UMKM The Big Start Season 4 Resmi Digelar

 The Big Start Season 4

Teknogav.com, Jakarta – Blibli bersama dengan Kementrian Perindustrian dan Kementrian Komunikasi dan Informatika resmi membuka ajang kompetisi The Big Start Season 4. Kompetisi ini didukung juga oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Universitas Prasetiya Mulya, Bank Central Asia, KontrakHukum.com dan AXA Indonesia.

The Big Start (TBS) merupakan ajang kompetisi tahunan bagi wirausaha kreatif (creativepreneur) muda. Tema yang diangkat pada ajang ini adalah “Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu”. Total hadiah yang ditawarkan bagi pemenang kompetisi sebeasr Rp1,3 miliar.

Pada ajang ini para creativepreneur muda memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan bisnis sesuai kebutuhan pasar dan bersaing seara global. Ini sesuai dengan program pemerintah Indonesia dalam mengembangkan usaha-usaha kreatif yang merupakan bagian dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor tersebut memang penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Kontribusi UMKM dan Tantangan yang Dihadapi

Data Kementrian Koperasi dan UMKM menunjukkan bahwa jumlah UMKM di Indonesia sangat banyak, sekitar 6,3 juta. Kontribusi UMKM tersebut pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) adalah 60%. Padahal jumlah UMKM yang sudah berjualan secara online baru 3,79 juta. Kehadiran UMKM secara online memang merupakan salah satu tantangan yang menghambat untuk mengembangkan bisnis.

Di Indonesia, ada tujuh tantangan penghambat pengembangan bisnis yang dihadapi UMKM. Tantangan tersebut adalah pengetahuan bisnis, pendanaan, jaringan, sistem teknologi, kreativitas dan inovasi, pasar, dan kehadiran online.

Inisiatif Blibli.com Bantu UMKM Menjawab Tantangan

Nah, kompetisi TBS merupakan inisiatif Blibli.com untuk membantu creativepreneur sebagai UMKM untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, sehingga memperkuat kapasitas mereka. Inisiatif lainnya untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan menyediakan Galeri Indonesia sebagai platform penjualan dan pembinaan berkelanjutan bagi creativepreneur.  Ini adalah salah satu kategori khusus usaha kreatif di Blibli.com.

“Demi mendorong potensi creativepreneur, Blibli.com berkomitmen memainkan peranan sebagai mal online dalam meningkatkan kapasitas creativepreneur untuk memenangkan pasar. Kedua inisiatif akan menggunakan Marketing 4.0 sebagai pendekatan pemasaran terkini,” ucap Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com.

Pendekatan Marketing 4.0 mengutamakan kolaborasi, jaringan dan sinergi antara online dan offline dalam mengembangkan usaha di era digital. TBS dan Galeri Indonesia akan membantu usaha kreatif dari segi konten pemasaran digital sampai jaringan pasar lokal dan internasional. Pada Season 4 ini, TBS akan membuka kesempatan bagi creativepreneur terbaik ke pasar internasional dengan memberi akses ke ajang pameran luar negeri.

Beberapa pameran internasional yang menjadi target Blibli.com mencakup pameran di beberapa negara di Amerika dan Eropa. Langkah membawa creativepreneur ke pameran internasional tersebut dilakukan bekerja sama dengan Kementrian Perindustrian.

“Tujuan akhir dari kedua inisiatif Blibli.com adalah memberi creativepreneur modal kemampuan melayani pasar yang dituju,” lanjut Andy.

The Big Start Membantu UMKM Menjawab Tantangan yang Dihadapi
The Big Start Membantu UMKM Menjawab Tantangan yang Dihadapi
Selain membantu UMKM berlaga di pasar internasonal, TBS juga membuka kesempatan bagi creativepreneur untuk berkolaborasi  dengan merk-merk terkemuka. Proyek kolaborasi tersebut dituangkan dalam “The Creator” yang bertujuan membuat merk-merk milik creativepreneur lokal semakin dikenal pasar. Kolaborasi tersebut juga diharapkan dapat menginspirasi creativepreneur untuk menghadirkan produk-produk kreatif.

Merk-merk yang yang digandeng The Creator pada Season 4 ini berjumlah 17, di antaranya adalah Legam by Nana Mirdad, Pipitin Cocoa by Chef Juna, Lathanza House by Karina Basrewan dan masih banyak lagi.

Pendaftaran dan Proses Seleksi The Big Start


Informasi lebih lanjut dan pendaftaran kompetisi The Big Start dapat dilakukan melalui thebigstart.blibli.com. Persyaratannya adalah usaha yang dijalankan minimal sudah melakukan produksi secara lokal selama dua tahun. Pilihan kategori produk dari ajang ini adalah Kuliner, Fashion, Kriya, Kecantikan dan Kesehatan. Pertimbangan menetapkan keempat kategori tersebut sebagai pilihan adalah berdasarkan tren dan luasnya pasar dari keempat kategori tersebut.

Selain pendaftaran online, creativepreneur juga bisa mendaftarkan pada ajang roadshow The Big Start. Roadshow tersebut diselenggarakan di kota-kota berikut ini:
  • Bandung: 12-14 Juli 2019
  • Yogyakarta: 19-21 Juli 2019
  • Surabaya: 2-4 Agustus 2019
Para peserta akan dikurasi menjadi 100 creativepreneur terbaik.  Kemudian Tim Galeri Indonesia akan memberikan program pendampingan. Peserta juga akan dibantu masuk ke platform Blibli.com.

Penyaringan berikutnya akan memilih 20 usaha kreatif terbaik untuk diberikan mentorship berupa pengetahuan usaha dan pelatihan intensif selama satu minggu. Pengetahuan dan pelatihan tersebut mencakup marketing & branding, perencanaan keuangan, aspek hukum, public speaking dan keterampilan pemasaran lainnya. Tahap akhir akan memilih 4 creativepreneur terbaik yang akan mendapat hadiah yang bisa dijadikan modal usaha.

Tujuan kolaborasi dan pelatihan yang diberikan adalah untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi produk agar dapat bersaing di pasar Indonesia dan pasar internasional.  Dewan juri TBS terdiri dari para pakar di bidangnya, mereka adalah:
  • Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori kuliner
  • Didiet Maulana, pendiri IKAT untuk kategori fashion
  • Luthfi Hasan, pendiri Jakarta Vintage untuk kategori kriya
  • Priscilla Pangemanan, pendiri SASC Cosmetics untuk kategori Kesehatan dan Kecantikan (KKE)
Blibli.com yakin inisiatif TBS dan Galeri Indonesia bisa memfasilitasi dan mengembangkan usaha-usaha kreatif para creativepreneur. Hal ini terbukti dengan pertumbuhan kategori produk UMKM Galeri Indonesia sebesar 6 kali lipat dan pertumbuhan mitra UMKM Galeri Indonesia 2 kali lipat pada kuartal I 2019.
Produk pemenang The Big Start Season sebelumnya
Produk pemenang The Big Start Season sebelumnya
Share:

Artikel Terkini