SolarBar, Efisien Isi Daya Listrik Tenaga Matahari Scara Nirkabel

 

Teknogav.com – Bagi yang tinggal di lingkungan dengan pasokan listrik terbatas atau tak stabil sering mati, SolarBar punya solusinya. Perangkat ini terdiri dari 4 atau 8 panel surya yang menyerap dan mengkonversi sinar matahari menjadi daya listrik yang dibutuhkan. Efisiensi daya yang dihasilkan begitu tinggi untuk seluruh perangkat elektronik.

Sebagai pelengkap, SolarBar juga dilengkapi dengan power bank 10.000 mAh yang bisa dilepas. Power bank tersebut bisa diisi penuh melalui empat panel surya dengan total 10 W selama 5 sampai 5,6 jam. Sementara jika menggunakan delapan panel surya dengan total 20 W, maka hanya perlu waktu 3,5 sampai 4 jam.

Power bank tersebut dapat digunakan untuk mengisi daya gawai ketika sinar matahari kurang memadai. Pengisian daya ke gawai bisa dilakukan dengan 10 W Qi wireless dan sampai 18 W QC3.0. Maksimal pengisian  daya dapat dilakukan untuk empat perangkat sekaligus secara serentak. Sisa daya baterai dapat dilihat dari indikator berupa empat lampu LED.

SolarBar memiliki lampu LED yang berperan sebagai lampu malam pada situasi darurat. Bodi perangkat ini kokoh, portabel dan tahan cuaca,  dirancang untuk bisa mengisi daya saat bepergian. Desainnya memang bisa dilipat sehingga ukurannya ringkas. Perangkat ini bisa diletakkan di mana saja, di dashboard atau dekat jendela mobil atau di atas tanah.

SolarBar


Panel surya pada SolarBar dibuat dari monokristalin yang berkualitas dari LG atau Sunpower. Demi mencapai efisiensi  yang lebih tinggi sampai 22,5%, digunakan teknologi sel surya Interdigitated Back Contact (IBC). Teknologi tersebut membuat SolarBar mampu menyediakan daya lebih banyak 30% dibandingkan sel tradisional. Jadi cukup kuat untuk memanfaatkan energi matahari dengan sinar matahari yang kurang.

Solar Bar terdiri dari dua versi, yaitu 10 W Portable dan 20 W High Power Edition. Panel surya 20 W sanggup menyediakan kecepatan mengisi daya yang sebanding dengan pengisian daya dari outlet listrik di dinding.

Kelengkapan perangka ini mencakup kabel 3-in-1 micro-USB dan USB-C, Lightning, port output USB dan alas pengsian daya Qi Wireless internal. Jadi bisa dipakai untuk mengisi sampai empat perangkat sekaligus sambil diisi ulang dengan panel surya. Port dan kabel tersebut mendukung pengisian daya cepat Qualcomm Quick Charge 3.0 yang bisa mengisi daya  maksimal 3 A/18 W. Charger Qi wireless yang terpasang memungkinkan untuk mengisi daya lebih cepat pada 10 W.

SolarBar menyediakan energi yang bersih, berkelanjutan, ramah lingkungan dan sumber yang gratis untuk smartphone, tablet, GoPro, kindle, kamera, drone, speaker, headphone dan hampir segala jenis perangkat.

Ketika baterai sedang dilepas, bisa dibawa untuk mengisi daya pada perangkat sambil jalan. Pengisian ulang daya juga bisa dilakukan dengan memasang kabel pada port input micro-USB yang mendukung QC3.0 maksimal 3 A/18 W. Berkat kabel pengisian daya yang terintegrasi, tak perlu lagi membawa kabel tambahan.

Chip IC pintar pada alat ini dapat mengidentifikasi setiap perangkat yang terpasang dan membantu menentukan kecepatan pengisian daya optimal. Dengan demikian dapat memaksimalkan keseluruhan masa pakai baterai dan mencegahh perangkat panas karena pengisian daya berlebih.

Bobot  empat panel  SolarBar ini lumayan ringan, hanya 335 gram, sementara bobot power bank 340 gram. Dalam kondisi terlipat, dimensinya adalah 3,7 x 6,9 x 1,5 inci.



SolarBar

Desain SolarBar menggunakan kanvas yang kokoh yang bisa bertahan dari kelembapan tinggi dan cipratan air. Panel surya dilapisi PET demi menghadapi pancaran sinar yang terik, tahan air, dan juga tahan gores. Dengan demikian efektif dan handal untuk penggunaan di luar ruangan, seperti untuk berkemah, hiking, bepergian ke luar negeri atau sekedar piknik di taman. SolarBar siap memberikan energi saat berpetualang.

Pada perangkat juga terdapat sinar LED yang bisa berfungsi sebagai senter yang membantu penglihatan. Selain itu bisa juga dijadikan lampu SOS dengan mode dua kedip.

Nah, bagi yang berminat memiliki perangkat ini, bisa mendukung terwujudnya proyek tersebut di Kickstarter. Target penggalangan dana yang dibuat hanya USD5000 dan saat ini sudah melampaui target dengan mencapai angka USD56 ribu.
Share:

Topik Populer