AMD Perkenalkan RDNA dan AMD EPYC Generasi Kedua

Dr. Lisa Su, AMD President and CEO

Teknogav.com - AMD tak hanya mengumumkan prosesor AMD Ryzen Generasi Ketiga pada ajang Computex, tetapi juga berbagai inovasi lainnya. Inovasi tersebut termasuk RDNA, pondasi arsitektur gaming generasi mendatang dan AMD EPYC Generasi Kedua untuk datacenter.

RDNA, Arsitektur Gaming Generasi Mendatang


AMD merancang RDNA untuk mendukung masa depan gaming di cloud, komputer dan konsol selama beberapa tahun mendatang. RDNA mempunyai desain unit komputasi baru yang memberikan kinerja, tenaga dan efisiensi memori luar biasa. Ukurannya pun lebih kecil jika dibandingkan dengan arsitektur Graphic Core Next (GCN) generasi sebelumnya.

Peningkatan kinerja RDNA per clock bisa sampai 1,25 kali lebih tinggi dibandingkan GCN, bahkan kinerja per watt sampai 1,5 kali lebih tinggi. Tentu saja ini akan menghasilkan kinerja gaming lebih baik yang lebih hemat daya dan mengurangi latency.

Arsitektur gaming ini akan mentenagai kartu grafis AMD Radeon RX 5700-series yang diproduksi dengan proses 7 nm mendatang. Fitur-fiturnya mencakup memori GDDR 6 berkecepatan tinggi dan PCIe 4.0.

Perpaduan kekuatan DNA dan kartu grafis AMD Radeon RX 5700-series saat menjalankan demo gameplay Strane Brigade mampu mengalahkan pesaingny dengan gaming ~100 FPS yang luar biasa.
Seperti halnya AMD Ryzen Generasi Ketiga, AMD Radeon RX 5700-series juga akan tersedia pada Juli 2019.

AMD EPYC Generasi Kedua


Kinerja datacenter AMD unggul dalam kinerja environment cloud terbesar sampai exascale supercomputing. AMD terus memanfaatkan peluang pasar dengan prosesor AMD EPYC dan AMD Radeon Instinct.

AMD Epyc
AMD EPYC

Pada ajang Computex, Dr. Lisa Su, AMD President and CEO memamerkan daya saing platform server AMD EPYC Generasi Kedua dengan mendemonstrasikannya.

Demonstrasi tersebut membandingkan langsung server 2P berbasis AMD EPYC Generasi Kedua dengan server 2P berbasis Intel Xeon. Uji benchmark dilakukan memakai NAMD Apo1 v2.12.
Hal uji benchmark  NAMD menunjukkan bahwa server yang ditenagai AMD EPYC Generasi Kedua memiliki kinerja dua kali lipat kinerja server yang memakai Intel Xeon.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, AMD EPYC Generasi Kedua diproyeksikan memiliki kinjer per soket yang lebih tinggi dua kali lipat. Sementara untuk kinerja per soket floating sampai empat kali lipat dari generasi sebelumnya.

Portofolio AMD Terkuat
Portofolio AMD Terkuat
Prosesor AMD EPYC Generasi Kedua ini diperkirakan akan meluncur pada kuartal ketiga tahun 2019.
Share:

Topik Populer