Chipset 5G MediaTek Lebih Cepat dan Hemat Daya dengan Modem Helio M70


MediaTek Helio M70

Teknogav.com - MediaTek siap menghadirkan chipset 5G terkini untuk mentenagai perangkat-perangkat 5G andalan gelombang pertama. Chipset yang diproduksi dengan proses 7 mm tersebut terintegrasi dengan modem MediaTek Helio M70 demi meningkatkan kinerja dan kecepatan konektivitas.

Chipset ini mencakup CPU Arm Cortex-A77, GPU Mali-G77 dan AI processing unit (APU) tercanggih dari MediaTek. Gabungan komponen canggih tersebut diramu untuk menghasilkan konektivitas super cepat 5G dan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Tentu saja tak hanya jaringan 5G yang didukung, konektivitas 2G sampai 4G pun masih diakomodasi chipset ini. Dukungan jaringan 5G mencakup sub 5-6 GHz standalone dan non-standalone (SA/NSA).

“Teknologi canggih di chipset ini menjadikannya SoC 5G paling hebat saat ini dan menjadikan MediaTek yang terdepan dalam perancangan SoC 5G,” ucap Joe Chen, President MediaTek.

Modem 5G Helio M70 yang terintegrasi pada chipset memberikan solusi komprehensif bagi produsen perangkat 5G untuk menghasilkan perangkat hemat daya.

Infografis Chipset 5G MediaTek
Infografis Chipset 5G MediaTek

Fitur-fitur Chipset 5G MediaTek untuk sub-6GHz


  • Modem 5G Helio M70 dengan kecepatan unduh 4,7Gbps, kecepatan unggah 2,5Gbps, hemat daya, pengelolaan daya komprehensif, dukungan multi-mode (2G, 3G, 4G, 5G) dan berbagi daya dinamis untuk konektivitas
  • Arsitektur AI terkini yang medukung lebih banyak AI tingkat tinggi. Dukungan ini mencakup pencitraan seperti de-blur yang menghasilkan foto terbaik walau subyek foto bergerak cepat.
  • Teknologi terkini berupa CPU Arm Cortex A-77, GPU Arm Mali-G77 yang memungkinkan streaming mulus dan pegalaman gaming di jaringan 5G
  • FinFet 7nm inovatif, yaitu proses produksi tercanggih 7 nm demi penghematan daya tinggi dalam ukuran yang kecil
  • Dukungan New Radio (NR) 2 Component Carrier (CC), arsitektur jaringan 5G non-standalone (NSA) dan standalone (SA)
  • Encode/decode video 4K di 60fps dan kamera resolusi 80MP memberikan kinerja luar biasa pada multimedia dan pencitraan
Konektivitas ganda LTE dan 5G dengan kemampuan berbagi-daya dinamis didukung oleh Modem Helio M70. Selain itu tersedia juga teknologi pergantian bandwidth dinamis dengan mengalokasikan bandwidth 5G yang dibutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu. Dengan demikian dapat meningkatkan efisiensi daya modem sampai 50% dan baterai pun lebih awet.

Demi menghadirkan chipset ini pada perangkat komersil di kuartal pertama tahun 2020, MediaTek sudah bekerjasama dengan produsen perangkat, pemasok dan operator seluler. Dengan demikian dapat melakukan verifikasi kesiapan pasar, teknologi 5G di operator, rumah cerdas dan mobil cerdas. Chipset ini diyakini akan memberikan akses teknologi canggih bagi banyak orang.

Kerja sama juga dilakukan dalam teknologi RF agar dapat menyajikan solusi 5G yang lengkap sesuai standar dan optimal dalam waktu cepat.

Perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dalam teknologi RF mencakup Oppo dan Vivo serta pemasok RF kelas atas. Pemasok tersebut di antaranya adalah muRata, Skyworks dan Qorvo untuk merancang modul front-end untuk mengakomodasi 5G.

Chipset 5G MediaTek dirancang untuk jaringan-jaringan sub-6GHz global yang mulai diluncurkna di Asia, Eropa dan Amerika Utara.
Share:

Topik Populer