Beli Online Langsung Ambil Barang Pakai Blibli Click & Collect Beli Online Langsung Ambil Barang Pakai Blibli Click & Collect ~ Teknogav.com

Beli Online Langsung Ambil Barang Pakai Blibli Click & Collect

Blibli Click & Collect

Teknogav.com, Jakarta- Demi memperkuat strategi omnichannel, Blibli menghadirkan fitur Click & Collect untuk mempermudah pelanggan mendapatkan barang lebih cepat dengan pengambilan sendiri. Konsep ritel Online-to-Offline (O2O) ini lebih praktis karena pelanggan tak perlu repot memilih barang di toko ataupun menunggu barang diantar kurir. Cukup pilih barang dari aplikasi, bayar, dan sesampai di toko, barang sudah siap diambil.

Perilaku konsumen saat ini ingin menikmati keuntungan channel ritel online dan offline secara berbarengan. Pada retail online, pelanggan bisa mengecek harga, mendapatkan penawaran dan mengetahui spesifikasi. Sedangkan pada ritel offline ingin bisa melihat, mencoba dan merasakan barang yang ingin dibeii.

Blibli Click & Collect
Metode transaksi dengan Blibli Click & Collect
Pelanggan tetap bisa membandingkan harga dan mencari harga termurah barang yang diinginkan, mengecek spesifikasi khusus dan mendapatkan promo secara online. Blibli menyediakan fitur Click & Collect dengan sistem pembayaran yang aman dan menyediakan beragam metode pembayaran. Jadi sesampai toko, barang bisa langsung diambil dan dicocokkan dengan pembelian yang dilakukan.


Menu Click & Collect dapat diakses dengan menekan "Click & Collect, Ambil di toko" dari halaman depan aplikasi. Kemudian pilih berdasarkan kategori atau mitra merchant yang sudah bekerja sama. Untuk mencari toko terdekat, tekan "Belanja sekarang dan ambil di store yang kamu mau", maka akan tampil peta yang bisa dipilih lokasi tokonya. Bila toko yang dituju tak ketemu, bisa juga mencari dengan memasukkan data lokasi secara manual.

E-commerce 4.0 dengan Strategi Omnichannel

Perkembangan E-commerce dimulai sejak tahun 1990an di mana pada e-commerce 1.0, metodenya masih memakai katalog elektroni. Pada tahun 2000an, terjadi transisi ke e-commerce 2.0 di mana sudah menggunakan platform e-commerce yang menjadi pelengkap suatu toko offline. Platform e-commerce independen pun bermunculan pada tahun 2010an yang mengusung konsep B2C dan C2C, inilah era e-commerce 3.0.

Saat ini e-commerce sudah memasuki e-commerce 4 yang merupakan era omnichannel. Strategi ini menyinergikan antara online dan offline yang bertumpu pada empat pilar, yaitu infrastruktur, kesiapan merchant dan pelanggan, kreativitas dan inovasi.

“Kini industri e-commerce memasuki era E-Commerce 4.0 yang ditandai dengan berkembangnya strategi ritel omnichannel. Strategi ini mencakup cara penjualan online-to-offline (O2O), yaitu penggabungan kekuatan kanal online dan offline oleh mitra merchant. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan yang semakin terkoneksi ke internet,” ucap Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com.

Kemitraan Blibli


Dalam menyajikan fitur Click & Collect, Blibli telah bekerja sama dengan 28 mitra merchant di berbagai kategori produk. Fitur ini sudah tersedia di ribuan toko kota besar, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali.

Jumlah mitra merchant Blibli

Pada kategori groceries, Blibli bekerja sama dengan Alfamart, dan untuk kategori gadget, salah satu merchant adalah Fujishop. Fitur Click & Collect ini sudah bisa digunakan di ribuan cabang minimarket Alfamart di Jabodetabek. Targetnya sampai akhir tahun ini layanan sudah tersedia di seluruh Jawa dan Bali.
Proses pengambilan barang dengan Click & Collect di Alfamart
Proses pengambilan barang dengan Click & Collect di Alfamart
Produk terlaris yang dibeli konsumen di Alfamart melalui Click & Collect adalah mi instan, minyak goring, gula dan susu. Sementara produk terlaris di Fujishop dengan pembelian memakai fitur Click & Collect adalah lensa kamera, kamera mirrorless dan action kamera. Fujishop ini memiliki dua lokasi, yaitu di Jakarta dan Bali.
Fujishop
Suasana Toko Fujishop
Sayangnya untuk pembelian melalui Blibli, pelanggan tidak bisa mengumpulkan poin loyalty yang biasanya dikumpulkan oleh pelanggan setia Alfamart. Tetapi toh sudah ada promo lain yang sedang digelar Blibli dan Alfamart, salah satunya adalah diskon 50% yang berlaku sampai akhir Juni ini.

Click & Collect merupakan ekosistem yang menguntungkan bagi pelanggan dan mitra retail. Pelanggan bisa mencari toko yang terdekat, mengambil barang dengan nyaman, menyentuh dan merasakan produk secara langsung saat pengambilan barang. Click & Collect memberikan eksposur, kampanye yang taktis dan pembayaran terjangkau. Mitra Ritel pun akan diuntungkan dengan meningkatnya trafik offline, kesempatan penjualan silang, dan sebagai tambahan diferensiasi usaha.
Share:

Artikel Terkini