Window Solar Charger, Hasilkan Listrik Tenaga Surya Bagi Penghuni Apartemen Window Solar Charger, Hasilkan Listrik Tenaga Surya Bagi Penghuni Apartemen ~ Teknogav.com

Window Solar Charger, Hasilkan Listrik Tenaga Surya Bagi Penghuni Apartemen

Window Solar Charger

Teknogav.com - Windows Solar Charger adalah salah satu proyek dari Grouphug yang dikampanyekan di Kickstarter. Perangkat ini berupa panel surya yang digantung pada jendela dengan baterai built-in dan port USB.

Kerennya perangkat ini bisa mengumpulkan energi surya dari apartemen tanpa membutuhkan atap. Panel surya ini didesain untuk digantung di segala jendela. Jadi bagi yang tidak bisa memasang panel surya di atap, maka ini merupakan cara mudah untuk lebih ramah lingkungan. Listrik yang dihasilkan oleh Window Solar Charger bisa digunakan untuk mengisi daya berbagai perangkat elektronik.

Penggunaan Window Solar Charger ini cukup digantung di jendela yang terang. Waktu yang dibutuhkan sekitar 8 sampai 10 jam penyinaran matahari langsung untuk mengisi baterai built-in secara penuh. Pengisian daya pada smartphone atau perangkat lain cukup dengan memasang pada port USB yang tersedia.

Baterai internal yang penuh bisa mengisi daya iPhone sebanyak dua kali dan smartphone Android sebanyak 1 sampai 1,5 kali. Sementara itu untuk tablet dibutuhkan waktu setengah kali, Air Pods sebanyak tiga kali, dan Portable Speaker sebanyak sekali.

Window Solar Charger dibuat oleh Grouphug yang memiliki misi untuk menginspirasi gaya hidup berkelanjutan yang tak membutuhkan banyak usaha dan tidak mengorbankan desain. Jadi energi terbarukan isa dibuat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang keren. Hal yang paling penting adalah energi terbarukan ini bisa mengurangi ketergantungan pada bahan bakar dari fosil.

Fitur-fitur Window Solar Charger

Perangkat ini memiliki bagian belakang transparan tanpa menggunakan kotak hitam, indikator lampu yang menunjukkan tingkat sinar matahari dan tingkat baterai, panel surya 10 watt, bingkai bambu memiliki panjang 13 inci dan lebar 10 inci, baterai internal berkapasitas 2200 mAh dan tali untuk menggantung perangkat tersebut di jendela.
Target penggalangan dana proyek ini adalah USD10 ribu atau sekitar Rp143,6 juta. Saat ini pengumpulan dana sudah mencapai lebih dari lima kali lipatnya, yaitu USD54 ribu atau setara dengan Rp776 juta.

Perkiraannya Window Solar Charger sudah dapat digunakan para pendukung proyek iini pada April 2020. Rencananya ketika sudah dipasarkan, perangkat ini akan dibandrol dengan harga USD149 atau sekitar Rp2,1 juta.
Share:

Topik Populer