Flic 2, Tombol Pengendali Segala Hal


Flic 2

Teknogav.com
- Flic 2 adalah tombo pintar asal Swedia yang bisa mengendalikan segala hal. Tak perlu memberi instruksi suara, mengusap atau membuka pengunci, cukup tekan satu tombol!. Perangkat ini merupakan penyempurnaan dari Smart Button yang dirancang pada tahun 2013.

Tombol tekan ini berukuran kecil, pengaturan fungsinya bisa dilakukan melalui Flic App. Pengaturan bisa dilakukan untuk penekanan tombol satu kali, penekanan dua kali atau menekan dan menahannya.

Pengoperasian tombol ini hanya dengan ditekan, tak perlu memberikan instruksi suara dan tak perlu juga membuka penguncian smartphone atau mempercayakan pada AI, cukup tekan satu tombol.
Shortcut Lab melakukan penggalangan dana untuk membiayai Flic 2 melalui Kickstarter dan dana yang terkumpul sudah jauh melebihi target.

Flic 2 dilengkapi fitur konektivitas nirkabel dengan Bluetooth yang memiliki jangkauan luas. Daya tahan baterai tombol ini diklaim mampu bertahan tiga kali lebih lama. Tampilannya pun terlihat cantik dengan tiga warna LED, yaitu hijau, kuning dan merah. Jika tombol berhasil menjalankan fungsi, maka akan berwarna hijau, jika masih menunggu akan berwarna kuning, dan jika ada masalah akan menyala warna merah.

Flic 2

Kemampuan baru dari Flic 2 adalah platform yang terbuka, dukungan banyak aplikasi, HID & MIDI bawaan, serta masih banyak lagi.Flic 2 dibuat ulang dari bawah ke atas demi mengoptimalkan kinerja, menambahkan kapabilitas HomeKit dan menambahkan Bluetooth dengan jangkauan yang luas. Desainnya pun cukup tangguh.

Jika ingin tombol tak perlu terhubung ke smartphone, tersedia aksesori tambahan, yaitu Flic Hub. Selain memiliki jangkauan Bluetooh yang luas, Fic Hub juga sudah dioptimalkan kinerjanya, meningkatkan kompatibilitas infra merah dan bisa diprogram.

Pada umumnya Flic digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu, serta mengendalikan musik. Tetapi kini orang semakin kreatif menggunakannya untuk berbagai hal lain, sehingga rutinitas bisa dilakukan lebih mudah dengan menekan tombol.

Semua orang memiliki rutinitas yang berbeda, mulai dari bangun tidur, berangkat kerja dan menjalani hari. Flic akan membantu menyederhanakan rutinitas sehari-hari tersebut. Fungsi tersebut bisa digunakan untuk berbagi lokasi, podcast, mematikan alarm, mematikan lampu, memesan kopi dan lain-lain.Tak perlu banyak aplikasi berbeda atau instruksi suara yang rumit, cukup dengan menekan tombol.

Contoh Fungsi Flic 2


Ketika bangun pagi misalnya, tombol Flic bisa digunakan untuk snooze alarm, meredupkan lampu, meracik kopi, menyalakan berita pagi, memulai meditasi atau olahraga, bahkan meninjau lalu lintas pagi. Tombol ini bisa juga digunakan untuk mematikan seluruh lampu, musik, televisi, mesin kopi dan lain-lain, termasuk menurunkan suhu, mengirim pesan ke kantor atau menyalakan sistem keamanan.

Di mobil, tombol ini pun bisa digunakan untuk memulai podcast favorit, mengirim pesan ke kantor, menolak telpon masuk, berbagi lokasi, mengirim pesan sedang menuju rumah.

Pada saat di kantor, tombol ini bisa menunjang produktivitas. Contohnya adalah untuk mengajak rekan istirahat saat makan siang, memesan kertas printer, dan lain-lain.

Di rumah, tombol ini bisa dipakai untuk menyalakan lampu saat dibutuhkan, mematikan segala peralatan dari meja sebelah tempat tidur, mendekatkan tombol lampu bagi anak, menyalakan pencahayaan saat menonton film dari sofa, membuat pencahayaan lebih terang saat memasak dan mengembalikan ke pencahayaan untuk makan malam setelah selesai.

Ada begitu banyak integrasi yang tersedia pada Flic App dan siap untuk digunakan. Semua dimungkinkan melalui layanan pihak ketiga seperti IFTTT, Zapior dan Microsoft Flow. Bagi pengguna yang jago teknologi, tersedia fungsi HTTP Request untuk memprogram perintah pada Flic App.
Flic 2

Kerennya, Flic 2 ini bahkan lebih cepat dan mudah diatur dengan Flic App. Tombol ini bisa dipasang di segala permukaan berkat perekat dengan pengisap mikro yang terdiri dari ratusan kap pengisap kecil dan tidak meninggalkan bekas lengket. Alas pengisap juga mudah dibersihkan dengan air dan dapat digunakan ulang berkali-kali. Tersedia juga klip serba guna yang kokoh untuk menempelkan tombol pada kunci, pakaian, tas dan lain-lain. Demi memudahkan memahami fungsi setiap tombol, tersedia juga stiker label baru.
Share:

Topik Populer