iRobot Mengakuisisi Root Robotics yang Fokus Pada Pendidikan

Root Robotics
Teknogav.com – iRobot tampaknya ingin memperluas segmen pasarnya. Jika biasanya iRobot dikenal dengan robot untuk digunakan di kalangan rumahan, kini perusahaan tersebut pun ingin memasuki dunia pendidikan. Langkah ini diambil iRobot dengan mengakuisisi Root Robotics yang menjual robot dan platform untuk membantu anak-anak belajar pemrograman.

Root Robotics awalnya merupakan proyek penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu oleh Universitas Harvard. Kini Robot yang diproduksi oleh perusahaan tersebut mirip seperti Roomba, perangkat melingkar kecil yang menggunakan dua roda untuk berjalan di permukaan datar.

Robot tersebut didampingi dengan aplikasi yang mengajari anak-anak cara memprogram robot untuk melakukan berbagai macam tugas. Tugas-tugas yang diberikan bisa menggambar, menciptakan musik atau game dan masih banyak lagi. Ketika diperintahkan menggambar, robot memiliki tempat untuk meletakkan alat menggambar.
Root Robotics
Root Robotics (sumber: iRobot)

iRobot mengungkapkan bahwa akusisi yang dilakukan akan membantu mereka dalam menyediakan produk robot edukasi yang terdiversifikasi. Perusahaan tersebut juga ingin membuktikan komitmen mereka untuk membuat teknologi robotic lebih mudah diakses oleh para pendidik, murid dan orang tua.

Demi melakukan komitmen tersebut, perusahaan akan bergabung pada segmen yang sudah ditempati oleh perusahaan-perusahaan lain yang serupa. Perusahaan tersebut mencakup Wonder Workshop yang membuat Dash dan Dot, serta Learning Resource yang membuat Botley. Semua produk tersebut mengajari pembrograman melalui aplikasi mereka sendiri.

Seiring dengan masuknya iRobot ke marketplace pendidikan menggunakan Root Robotics, maka perusahaan tersebut bisa mendayagunakan platform yang ada untuk produk-produk mendatang. Kini Root Robotics dijual di website iRobot.
Root Robotics
Root Robotics
Robot individual Root dibandrol dengan harga ritel USD199 atau setara Rp2,8 juta. Sementara harga paket 30 robot untuk ruang kelas dibandrol di bawah USD6000 atau kurang dari Rp85 juta. Perusahaan juga menjual aplikasi akademis seharga USD60 atau setara Rp850 ribu dan permukaan papan tulis seharga USD30 atau sekitar Rp425 ribu untuk mengoperasikannya.
Share:

Topik Populer