Kudo Gencarkan Gerakan #MajuinWarung untuk Terus Dukung Warung Tradisional Kudo Gencarkan Gerakan #MajuinWarung untuk Terus Dukung Warung Tradisional ~ Teknogav.com

Kudo Gencarkan Gerakan #MajuinWarung untuk Terus Dukung Warung Tradisional


Teknogav.com, Jakarta – Kudo adalah aplikasi digital yang memberdayakan warung tradisional melalui teknologi. Demi mendorong masyarakat untuk mendukung warung di sekitar mereka, Kudo meresmikan gerakan social #MajuinWarung pada Februari 2019. Aplikasi Kudo memungkinkan warung untuk berjualan apa pun, termasuk pulsa, tiket perjalanan, transfer dan setor uang, serta membayar tagihan. Kebutuhan stok barang dagangan untuk warung pun bisa dibeli secara grosir dengan aplikasi.

Pencapaian Kudo selama lima tahun sejak didirikan pada tahun 2014 cukup pesat dengan memajukan warung sampai ke pelosok negeri. Selama tahun 2018 sampai sekarang, Kudo fokus untuk menjangkau lebih banyak warung tradisional.

Pertumbuhan agen Kudo pada tahun 2018 lebih dari 44% dari tahun sebelumnya. Lima provinsi dengan pertumbuhan paling pesat adalah Aceh, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Gorontalo dan Sumatera Barat. Pertumbuhan jumlah transaksi Kudo pun begitu signifikan yaitu sebesar 132%.

“Saat ini Kudo telah berhasil memberdayakan lebih dari 2 juta agen di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk dapat memberikan akses digital bagi lebih banyak warung tradisional di tanah air melalui gerakan #MajuinWarung. Ketersediaan produk pada aplikasi Kudo akan dilengkapi agar warung menjadi serba bisa melalui kerja sama dengan mitra strategis,” ucap Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo.
Kudo #MajuinWarung

Fitur Kirim Uang

Layanan keuangan digital kepada masyarakat luas dengan akses ke perbankan yang masih terbatas menjadi salah satu fokus Kudo. Kudo berkolaborasi dengan BNI untuk memberikan layanan kirim uang melalui jaringan agen Kudo yang terdiri dari para pemilik warung. Layanan kirim uang ini di luncurkan pada Mei 2019 dan mencapai puncak transaksi pada 28-31 Mei 2019. Berkat layanan ini, agen Kudo dan pelanggan tak perlu datang ke bank untuk mengirim uang. Jumlah transaksi kirim uang terbesar di Indonesia berada di provinsi Jawa Barat.

Pada bulan Ramadan tahun ini, agen Kudo banyak melakukan transaksi sebelum dan sesudah waktu membatalkan shaum, sekitar pukul 6-8 malam. Produk dan layanan yang paling sering diakses adalah pulsa, utilitas, kirim uang, produk supermarket, kupon dan voucher.

“Kami senang bisa membantu masyarakat yag belum memiliki akses keuangan dan perbankan untuk mengirim THR ke keluarga dan kerabat. Ke depannya, kami akan terus berusaha menghadirkan produk dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” lanjut Agung Nugroho.

Kudo #MajuinWarung

Belanja Grosir


Warung tradisional bisa berbelanja grosir di aplikasi Kudo untuk menyiapkan stok barang dagangan. Sejak fitur ini diluncurkan pada Oktober 2018, layanan ini sudah tersedia di lebih dari 20 kota dan kabupaten di Indonesia. Tentu saja harga barang di layanan ini lebih bersaing. Pembayaran bisa dilakukan langsung di tempat atau cash on delivery (COD) tanpa batas maksimal transaksi. Tentu ini menjadi solusi praktis bagi warung, apalagi pengiriman barang bisa sampai esok hari. Tim Kudo juga akan senantiasa melayani konsultasi untuk membantu warung meningkatkan usaha.

Kerja sama dengan Grab dan OVO

Sejak diakuisisi Grab pada Mei 2017, agen Kudo telah merekrut lebih dari 700 ribu pengemudi Grab. Kerjasama strategis dengan OVO pun dilakukan pada Agustus 2018, sehingga turut mendukung perekrutan merchant tradisional OVO.
Share:

Artikel Terkini