Review Headphone Bluetooth Mpow X3.0 H1, Baterai Awet, Suara HD Alami

Bluetooth Wireless Headphone Mpow X3.0

Teknogav.com – Ketika masuk di Indonesia, Mpow mengklaim sudah lebih dahulu berjaya di pasar Amerika Serikat. Nah, sebenarnya seberapa memikat sih produk audio Mpow ini? Tim Teknogav.com berkesempatan menjajal Mpow X3.0, produk yang meraih Best Seller di Amazon. Produk ini merupakan headphone Bluetooth yang sudah dilengkapi dengan daya tahan baterai yang memukau.


Unboxing

Unboxing Mpow H1
Unboxing Mpow H1
Paket headphone audio ini mencakup unit headset, kabel USB – micro USB untuk mencatu daya, kabel audio 3,5 mm dan panduan penggunaan. Ketika baru dibuka dari kemasan, baterai headset dalam kondisi kosong, oleh karena itu harus dicatu terlebih dahulu sebelum bisa digunakan menggunakan koneksi Bluetooth.

Desain

Bodi headset ini begitu kokoh dan lebih nyaman dikenakan saat mendengarkan musik. Bobotnya pun ringan, jadi tidak membebani kepala. Tampilannya menarik dengan perpaduan warna merah dan hitam, sehingga cocok juga dipakai untuk mendampingi bermain game.

Tombol untuk mengendalikan pengoperasian headset ada di sisi kanan. Mencakup tombol Prev, Play/Stop, dan Next. Masih di sisi kanan, pada bagian bawah terdapat port micro USB yang digunakan untuk pengisian daya. Sementara itu di sebelah kiri bagian bawahnya terdapat jack audio 3,5 mm.
Tombol Pengendali Pada Kap Kanan Mpow H1
Tombol Pengendali Pada Kap Kanan Mpow H1

Port Micro USB Pada Kap Kanan Mpow H1
Port Micro USB Pada Kap Kanan Mpow H1
Jack Audio 3,5 mm Pada Kap Kiri Mpow H1
Jack Audio 3,5 mm Pada Kap Kiri Mpow H1
Pada bagian kanan dan kiri terdapat kawat penyambung ke bagian tengah headset. Ketinggian speaker headset dapat diatur dengan menyesuaikan posisi kawat tersebut.

Koneksi dan Baterai

Headset ini bisa digunakan dalam dua mode, yaitu dengan memasang kabel audio dan secara nirkabel dengan koneksi Bluetooth. Jika ingin digunakan untuk mendengarkan musik saja, maka kedua mode tersebut bisa digunakan. Tetapi bila ingin dipakai untuk menelpon, hanya bisa dengan koneksi Bluetooth karena mikrofon hanya bisa bekerja dengan koneksi nirkabel.

Dalam kondisi baterai kosong, headset ini masih bisa digunakan dalam mode koneksi menggunakan kabel audio. Sementara untuk menggunakan headset dengan mode nirkabel, maka headset perlu diisi dayanya terlebih dahulu. Jangan khawatir, tak membutuhkan waktu lama untuk mengisi headset sampai penuh, karena memang perangkat ini didukung fitur Fast Charging.

Hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya dari kosong sampai penuh. Bahkan pengisian daya selama 10 menit sanggup membuat headset menyala selama 1,5 jam. Pengisian daya dilakukan dengan memasang kabel USB pada port micro USB yang tersedia di kap kanan headset. Ketika kabel dihubungkan, tampak lampu indikator pengisian daya menyala. Lampu indikator tampak berwarna merah saat kosong dan akan menjadi biru ketika sudah terisi penuh.



Lampu indikator pengisian daya pada Mpow H1
Lampu indikator pengisian daya pada Mpow H1
Headphone dinyalakan dengan menekan tombol Play agak lama, sekitar 25 detik. Kemudian sambungkan headpone melalui Bluetooth ke smartphone atau laptop. Tak membutuhkan waktu lama sampai koneksi tersambung. Pada headphone akan terdengar suara yang menginformasikan saat headphone menyala dan tersambung. Tombol yang sama pun digunakan untuk memutuskan koneksi dan mematikan headset tersebut, tekan agak lama sampai sekitar 20 detik untuk mematikannya.

Tombol Kendali

Pengendalian volume audio dapat dengan mudah dilakukan langsung dari headset dengan menekan tombol-tombol yang terdapat pada kap kanan. Bila digunakan untuk mendengarkan musik, tombol yang sama dapat juga digunakan untuk mengatur track musik yang sedang didengarkan. Ketika ingin mengecilkan suara cukup menekan agak lama tombol Prev, sementara untuk mengeraskan suara dengan menekan agak lama tombol Next.

Kualitas Audio dan Jangkauan Bluetooth

Tak heran jika Mpow H1 menjadi Best Seller di Amazon, karena memang memiliki suara yang renyah dan jernih, suara di sekitar pun bisa teredam. Headphone ini menggunakan driver stereo 40 mm yang terbukti keandalannya. Suara dapat terdengar detil, dan ketika musik yang didengarkan memainkan perpaduan suara dari arah yang berbeda, terdengar begitu nyata.

Ketika digunakan dalam mode Bluetooth dan mencoba berpindah ruangan, suara masih tetap terdengar. Jangkauan Bluetooth headset ini memang cukup jauh, sampai 10 meter dan masih bisa menjangkau walau di ruangan yang bersebelahan. Tetapi suara memang agak tersendat ketika dicoba memutar musik di lantai 2, sementara headphone Mpow dikenakan di lantai 1.


Daya Tahan Baterai

Keunggulan lain dari headset ini terletak pada keawetan baterai yang mampu bertahan sampai 20 jam. Durasi tersebut berlaku untuk mendengarkan musik dan juga saat digunakan bercakap-cakap melalui telepon.

Berdasarkan informasi dari Mpow, ketika headset tidak digunakan lebih dari dua minggu, sebaiknya tetap mengisi ulang daya secara rutin.


Spesifikasi


Bluetooth version
: 4.1
Rentang koneksi
: 10 meter
Desain
: Bisa Dilipat
Waktu bicara
: 15 – 20 jam
Waktu Playback
: 15 – 20 jam
Pengisian daya
: 30 menit sampai penuh, Fast Charging
Tegangan pengisian daya
: 5 V
Kapasitas baterai
: 3,7 V/420 mAh
Bobot
: 230 gram
Port
: micro USB, jack audio 3,5 mm
Audio
: HiFi, HD, driver stereo 40 mm
Warna
: Hitam-Merah
Harga
: Rp749.000
Garansi
: 2 tahun
Share:

Topik Populer