Samsung dan AMD Siap Hadirkan GPU Radeon di Smartphone

AMD Radeon

Teknogav.com - AMD sepakat untuk memberikan izin lisensi teknologi grafis mereka kepada Samsung untuk digunakan pada chipset smartphone masa depan Samsung. Berdasarkan kesepakatan, Samsung akan membayar AMD untuk mendapatkan akses pada arsitektur grafis RDNA yang baru-baru ini diumumkan AMD. Rancangan tersebut akan diaplikasikan pada prosesor Samsung Exynos yang berbasis ARM.

Selain akan diaplikasikan pada prosesor garapan Samsung, RDNA juga akan mentenagai GPU desktop AMD Navi yang akan datang.

Teknologi grafis Radeon besutan AMD sebenarnya tak hanya ada di kartu grafis desktop atau laptop, teknologi tersebut juga digunakan pada konsel game seperti PS4 dan Xbox One. Google pun menggunakan teknologi tersebut pada layanan gaming cloud mendatang mereka, yaitu Stadia.

Intel yang selama ini dikenal sebagai pesaing AMD pun ternyata mengadopsi teknologi grafis AMD di beberapa CPU mereka.

Arsitektur RDNA rancangan AMD sepertinya akan menggantikan GPU Mali dengan desain ARM yang saat ini digunakan Samsung pada chip Exynos mereka.

Ini berarti teknologi besutan AMD tersebut tak hadir di semua negara yang menjadi pasar smartphone Samsung.

Raksasa teknologi asal Korea tersebut cenderung untuk meluncurkan smartphone dengan chipset yang berbeda di setiap negara.

Sebagian besar negara-negara bisa mendapatkan smartphone dengan chipset Exynos, tetapi di Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok, Jepang, dan Amerika Latin smartphone Samsung masih menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon dengan GPU merk Adreno.

Menariknya teknologi grafis tersebut dulu juga dimiliki oleh AMD, sebelum mereka menjual divisi handset ke Qualcomm pada tahun 2009.
Share:

Topik Populer