Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Saat Liburan Lebaran

INOC Indosat Ooredoo

Teknogav.com - Liburan lebaran tahun 2019 telah usai, ternyata terjadi kenaikan trafik data yang tinggi di H-3 lebaran. Besar peningkatan tersebut adalah 40,88% dibandinkan trafik data pada hari biasa, atau sekitar 8.997 TB. Jika dibandingkan dengan trafik data pada H-3 lebaran tahun 2018, maka terjadi kenaikan sebesar 68,53%.

Pemakaian aplikasi berbasis media sosial menjadi penyumbang terbesar peningkatan trafik data. Aplikasi tersebut mencakup Facebook, Instagram, WhatsApp dan YouTube. Tentu saja mobile gaming yang mengkonsumsi data begitu besar turut menjadi berperan dalam peningkatan tersebut, yaitu Free Fire dan Mobile Legend. Jawa Tengah merupakan wilayah pemakaian trafik data tertinggi.

Berbeda dengan trafik data, penggunaan trafik suara selama masa libur lebaran justru mengalami penurunan sekitar 13%. Kendati demikian trafik SMS juga mengalami peningkatan, mulai H-7 sampai H+5 lebaran 2019 terjadi peningkatan sekitar 5% dibandingkan trafik di hari biasa.

Proses pengiriman pesan melalui SMS, baik ke sesama pelanggan Indosat Ooredoo maupun lintas operator berjalan lancar. Tingkat keberhasilan lebih dari 91%, yang menunjukkan tak terjadi masalah yang signifikan dalam pengiriman pesan melalui SMS. Padahal jalur pengiriman lintas operator mengalami kepadatan.

Tentunya keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan layanan tersebut berkat kesiapan Indosat Ooredoo dalam mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi. Pada umumnya memang selalu terjadi kenaikan trafik selama masa mudik dan perayaan lebaran 2019.

Pemantauan intensif kualitas jaringan Indosat Ooredoo juga dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC). Sementara pemantauan kualitas layanan dilakukan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC). Selain itu Indosat Ooredoo pun mengaktifkan Comand Center Lebaran pun diaktifkan oleh Indosat yang beroperasi selama 24 jam.
Share:

Topik Populer