ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Setangguh Desktop ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Setangguh Desktop ~ Teknogav.com

ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Setangguh Desktop

ASUS ROG Mothership
Teknogav.com, Jakarta – ASUS ROG Mothership memiliki desain unik dengan bodi utama yang ditempatkan pada posisi berdiri. Bodi utama laptop gaming ini menyatu dengan layar 4K, sementara keyboard dapat dilepas dan digunakan secara nirkabel. Ketangguhan dari laptop gaming ini setara dengan desktop gaming yang canggih.

“ASUS ROG Mothership menghadirkan kinerja yang setara dengan PC desktop kelas high-end. Laptop gaming ini dipersenjatai dengan perangkat keras paling bertenaga untuk laptop gaming,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director South East Asia.

Desain dan Sistem Pendingin

Dimensi laptop gaming ini lebih ringkas karena kemampuan keyboard yang bisa dilepas. Pengguna pun bisa lebih nyaman dan fleksibel  dalam bermain game dengan keyboard yang bisa dilepas. Desain ini pun memudahkan untuk dihubungkan dengan monitor tambahan.
Penyangga ROG Mothership
Penyangga ROG Mothership
ROG Mothership mempunyai penyangga yang bisa langsung terbuka saat ditempatkan di atas meja berkat mekanisme khusus di bagian bawah. Penyangga ini berfungsi sebagai dudukan agar laptop gaming ini bisa berdiri dan diatur sudut kemiringannya.

Sistem pendinginan di ROG Mothership juga tak dibatasi ruang sirkulasi udara yang terbatas layaknya laptop tradisional karena posisinya yang berdiri. Kinerja pendinginan laptop gaming ini lebih baik berkat keseluruhan desain yang ada, sehingga kerjanya pun optimal. Desain ROG Mothership juga membuat bodinya lebih ramping dibandingkan purwarupa pertama dengan selisih ketebalan lebih dari 10 mm.

Pendinginan lebih maksimal dengan posisi berdiri
Pendinginan lebih maksimal dengan posisi berdiri
Ruang sirkulasi udara lebih banyak karena posisi laptop yang berdiri, sehingga keseluruhan suhu komponen bisa ditekan sampai 14⁰C. Tersedia juga ventilasi udara khusus dengan arah aliran pembuangan yang berlawanan dari pengguna. Pendinginan pun semakin optimal dengan adanya 8 heatpipe yang menghubungkan CPU, GPU dan VRM ke empat heatsink. Heatsink tersebut memiliki 375 sirip dengan ketebalan 0,1 mm dan total luas permukaan lebih dari 200 ribu mm persegi.

Demi mengatasi panas yang dihasilkan komponen-komponen pada bodi utama agar tak mempengaruhi ketahanan layar, digunakan rangka berbahan aluminium. Rangka diproses dengan teknik CNC milling memakai 114 alat dengan waktu lebih dari 20 jam agar hasilnya presisi. Selain melindungi modul layar dari panas komponen di belakangnya, rangka ini juga tahan terhadap benturan.

Perangkat Keras dan Konektivitas

Hardware ASUS ROG Mothership
Hardware ASUS ROG Mothership
Prosesor yang digunakan adalah Intel Core Gen ke-9 i9-9980HK dengan konfigurasi 8 inti dan 16 thread. Kecepatan clock prosesor tersebut sampai 4,7 GHz pada mode Turbo. Selain untuk gaming, prosesor tersebut juga cocok digunakan kreator konten yang mampu menangani tugas berat seperti 3D rendering dan recording. Multitasking pun bisa dilakukan, misalnya bermain game sambil live streaming.

Kerja prosesor didukung oleh RAM DD$4 berkapasitas 64 GB yang turut berperan dalam mendukung multitasking. Media penyimpanan menggunakan SSD PCIe NVMe dengan konfigurasi RAID 0 yang membuat kinerja semakin cepat. Teknologi HyperDrive Extreme pada ROG Mothership juga memungkinkan untuk menghubungkan dua SSD sekaligus ke CPU, sehingga memintas modul DMI. Efek bottleneck di modul yang tidak dilewati tersebut pun dapat dihindari, maka dapat dicapai kecepatan super kencang 8.700 Mbps.

Grafis ROG Mothership didukung NVIDIA GeForce RTX 2080 yang merupakan chip grafis versi desktop yang sudah di-overclock sampai 1.880 MHz. Chip grafis dengan daya 200 W tersebut memiliki kinerja grafis yang sangat bertenaga dan mendukung beragam teknologi grafis terkini. Apalagi laptop gaming ini didukng layar bersolusi 4K UHD dengan refresh rate 144 Hz dan waktu tanggap 3 mili detik. Pengalaman gaming pun lebih maksimal dengan dukungan teknologi NVIDIA G-Sync.

Konektivitas ROG Mothership menggunakan modul 2,5G Ethernet yang lebih cepat dari Gigabit Ethernet. WiFi yang dipakai pun versi terkini, yaitu WiFi 6 (802.11ax) dengan kecepatan sampai 2,4 Gbps. Koneksi WiFi lebih stabil berkat fitur khusus yang mengadopsi teknologi jaringan seluler. Konfigurasi antenna WiFi pun mampu menerima sinyal di berbagai kondisi pemakaian.

Port yang tersedia pada laptop gaming ini mencakup USB 3.1 Gen 2 dalam bentuk port USB Type-A dan Type-C. Tersedia juga port Thunderbolt 3 dengan kecepatan transfer yang lebih cepat dan dukungan perangkat tambaan berbasis Thunderbolt.

Harga ROG Mothership

Harga ROG Mothership
Harga ROG Mothership

 Spesifikasi ROG Mothership GZ700GXR


CPU
Prosesor Hexa Core Intel Core Gen ke-9  i9-9980HK (16M Cache, sampai 5,0 GHz)
Sistem Operasi
Windows 10
Memori
DDR4 SDRAM 2666 MHz 64 GB (4x 16 GB)
Media Penyimpanan
3x SSD PCIe NVMe M.2 512 GB, RAID 0
Layar
17,3” (16:9) IPS-level 4K UHD (3840 X 2160 piksel), G-Sync
Grafis
NVIDIA GeForce RTX 2080 VRAM GDDR6 8 GB
Port
3x USB 3.1 Type-A (Gen2)
2x USB 3.1 Type-C (Gen2)
1x USB 3.1 Type-C (Gen1) dengan dukungan Thunderbolt 3
1x Jack Headphone
1x Jack Mikrofon
1x HDMI 2.0
SD Card Reader
Kamera
1080p, 30 fps
Konektivitas
Intel WiFi 6 (Gig+) (802.11ax) 2*2 + Bluetooth 5.0
Audio
4 x speaker 4W dengan teknologi Smart AMP, ESS Hi-Fi DAC, Mikrofon Array
Baterai
76 WHrs, 3S2P, 6-cell Li-ion
Dimensi
41,0 (W) x 32,0 (D) x 2,99(H) cm
Bobot
4,8 kg
Warna
Metal Black
Harga
Rp130.999.000
Share:

Artikel Terkini