Indonesia Peringkat ke-4 Pengguna Facebook dan Instagram


Ilustrasi Pengguna Instagram (Sumber: Pixabay)

Teknogav.com - Seiring dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia, negara ini menduduki peringkat ke-4 pengguna Facebook dan Instagram terbanyak. Berdasarkan data dari Statista, pengguna Facebook di Indonesia mengalahkan Meksiko, Filipina, Vietnam dan Thailand. Sementara sebagai pengguna Instagram, Indonesia mengalahkan Rusia, Turki, Jepang dan Inggris. Tak dapat dipungkiri bahwa Facebook dan Instagram merupakan media sosial yang paling diminati penduduk Indonesia.

Penelitian mengenai pengguna media sosial dan aplikasi terpopuler di Indonesia dilakukan CupoNation, portal diskon yang beroperasi di 20 negara. CupoNation memiliki misi untuk membantu online shopper menghemat pengeluaran sehari-hari untuk memaksimalkan anggaran.


Peringkat Pengguna Facebook

Pada awal 2019, India merupakan negara dengan pengguna Facebook terbanyak dengan jumlah pengguna 290 juta atau 19,01% dari total populasi. Posisi tersebut diikuti oleh Amerika Serikat dan Brazil, berikut adalah tabel peringkat tersebut berdasarkan data dari Statista.

No.
Negara
Jumlah Pengguna
Persentase pengguna dari total populasi
1
India
290 juta
19,01%
2
Amerika Serikat
190 juta
57,76%
3
Brasil
120 juta
57,06%
4
Indonesia
120 juta
44,94%
Peringkat Negara Pengguna Facebook
Peringkat Negara Pengguna Facebook
Berdasarkan data dari NapoleonCat selama periode Januari 2019 sampai April 2019, pengguna Facebook didominasi laki-laki. Jumlah pengguna Facebook laki-laki 11% lebih banyak dibandingkan perempuan. Sementara berdasarkan demografi, porsi terbanyak ditempati perempuan berusia 18-34 tahun dan laki-laki berusia 25-34 tahun.


Peringkat Pengguna Instagram


Instagram merupakan jejaring sosial berbasis foto yang dirilis pada tahun 2010. Amerika Serikat menempati peringkat pertama pengguna Instagram terbanyak. Berikut adalah tabel peringkatnya.
No.
Negara
Jumlah Pengguna
Persentase pengguna dari total populasi
1
Amerika Serikat
110 juta
33,44%
2
Brasil
66 juta
31,38%
3
India
64 juta
4,68%
4
Indonesia
56 juta
20,97%
Peringkat Negara Pengguna Instagram
Peringkat Negara Pengguna Instagram
Di Indonesia, pengguna Instagram terbanyak berada di rentang usia 18-24 tahun, baik pria maupun wanita. Pada tahun 2019, rata-rata jumlah pengguna Instagram laki-laki 1,9% lebih banyak daripada perempuan.


Peringkat Aplikasi Messenger di Indonesia


Kini pengguna smartphone banyak berkomunikasi melalui pesan teks menggunakan aplikasi Instant Messenger. Di Google Play Store dan App Store banyak tersedia pilihan aplikasi Messenger dengan berbagai fitur-fitur menarik dan dapat digunakan secara gratis.

Berikut ini adalah peringkat Messenger yang menjadi pilihan favorit pengguna smartphone di Indonesia beserta tingkat penetrasinya berdasarkan data dari Statista untuk periode kuartal 3 tahun 2018. Tingkat penetrasi menunjukkan persentase jumlah pengguna aplikasi Messenger dan total pengguna aktif media sosial di Indonesia.
No
Instant Messenger
Tingkat Penetrasi
1
WhatsApp
83%
2
Line
59%
3
Facebook Messenger
47%
4
BBM
38%
5
WeChat
28%
Instant Messenger Paling Populer di Indonesia
Instant Messenger Paling Populer di Indonesia

Share:

Topik Populer