MediaTek S900 Dukung TV dengan Resolusi 8K dan Edge AI MediaTek S900 Dukung TV dengan Resolusi 8K dan Edge AI ~ Teknogav.com

MediaTek S900 Dukung TV dengan Resolusi 8K dan Edge AI


Teknogav.com – Teknologi televisi kini pun makin canggih dengan resolusi yang makin tinggi dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Di balik kecanggihan tersebut tentu saja ada prosesor yang mengendalikan semua prosesnya, MediaTek S900 adalah SoC TV cerdas terkini. Prosesor ini mendukung resolusi 8K dan komputasi edge AI berkecepatan tinggi. Produsen TV pun bisa membuat produk mereka makin bersaing..

MediaTek S900 mengintegrasikan CPU berkinerja tinggi, GPU dan unit proses AI (APU-AI processor unit). Integrasi tersebut mendukung berbagai fitur seperti antarmuka pengguna berbasis suara dan peningkata kualitas gambar dengan AI. Tentunya fitur-fitur tersebut akan meningkatkan pengalaman pengguna yang benar-benar baru.

CPU multi-inti pada SoC tersebut dibangun dari beberapa ARM Cortex-A73.Kustomisasi produk dimungkinkan berkat GPU multi inti Mali-G52 yang memiliki kemampuan untuk decoding 8K, HDR 10+ dan grafis eksternal. Input dan Output platform juga mendukung HDMI 2.1A dengan bandwidth maksimum 48 Gbps. Bandwidth tersebut memadai untuk konten HDR10+ dan video 8K yang berjalan di 60 Hz atau video 4K di 120 Hz.

Solusi APU khusus dengan AI Picture Quality (AI PQ) yang memiliki fitur-fitur AI tersedia pada S900. Fitur-fitur AI tersebut mencakup pengenalan wajah dan pemandangan. Penggabungan AI PQ dengan Mira Vision Pro dari MediaTek akan menyajikan pengalaman televisi pintar yang lebih interaktif. Dukungan integrasi teknologi tersebut mencakup pengenalan pemandangan AI, kemampuan televisi meningkatkan kualitas gambar dengan mengoptimalkan saturasi warna, noise gambar, kompensasi gerak dinamis, ketajaman, kecerahan, dan keluaran 8K native.

“MediaTek memiliki kemampuan riset dan pengembangan serta pengetahuan teknologi untuk menyatukan berbagai sumber daya untuk mendorong pengembangan industri televisi. Dukungan kami pada AI dan teknologi dengan resolusi 8K tak hanya mendukung industri televisi, tetapi juga produk-produk rumah cerdas. Ekosistem AI IoT yang lebih dinamis pun akan tumbuh,” ucap Mike Chang, Corporate Vice President dan General Manager, Smart Home Business Group MediaTek.

Fitur-fitur AI seperti pengenalan wajah dan pemandangan, pengenalan suara dan bantuan suara yang terlokalisasi diintegrasikan pada platform S900. Sementara itu kit pengembangan perangkat lunak NeuroPilot dari Media Tek kompatibel dengan API Android Neural Network. Pengembang pun bisa membuat aplikasi dan memungkinkan perangkat dengan S900 menjadi pusat kendali rumah cerdas atau berbagai produk rumah cerdas.

Berbagai hal yang berkenaan dengan produk-produk IoT pun bisa ditangani dengan S900 yang memiliki dukungan modus-modus interaksi baru seperti kendali suara dan gerak. Platform S900 sudah diproduksi secara masal dan kemungkinan sudah diaplikasikan produsen perangkat pada awal tahun 2020.

Share:

Artikel Terkini