Wanita Pengusaha di Jakarta Semakin Manfaatkan Teknologi dan Pasar Wanita Pengusaha di Jakarta Semakin Manfaatkan Teknologi dan Pasar ~ Teknogav.com

Wanita Pengusaha di Jakarta Semakin Manfaatkan Teknologi dan Pasar


Teknogav.com – Dell mengumumkan riset peringkat kemampuan kota mendukung pertumbuhan wirausaha wanita, Indeks Wirausaha Wanita di Perkotaan (WE Cities Index). Peringkat disusun berdasarkan dampak kebijakan, program, karakteristik lokal, hukum dan budaya lokal dalam mendukung wirausaha wanita dan ekonomi secara umum.

Riset dilakukan Dell bekerja sama dengan IHS Markit yang mengacu pada lima pilar penting berupa Modal, Teknologi, Bakat, Budaya dan Pasar. Kelima pilar disusun dalam dua kelompok, yaitu lingkungan operasional dan lingkungan pendukung. Penyusunan keseluruhan peringkat mengacu pada 71 indikator, dengan 45 indikator berbasis gender. Pembobotan indikator individual dilakukan berdasarkan empat kriteria. Keempat kriteria tersebut adalah keunikan dalam indeks, komponen gender, kualitas data dasar dan relevansi.

Masalah yang dihadapi wirausaha wanita di dunia adalah biaya hidup yang tinggi, kurangnya kebijakan pemerintah yang mendukung wirausaha wanita, kurangnya keterwakilan wanita dalam jajaran kepemimpinan dan kurangnya modal.


Indeks Wirausaha Wanita di Jakarta

Di Jakarta, teknologi dan pasar merupakan dua pilar terbaik. Pada skala 100, skor yang diperoleh Jakarta untuk masing-masing pilar adalah 36,3 dan 32,1. Peringkat tersebut diikuti oleh Bakat dengan skor 28,7, Budaya dengan skor 23,0 dan Modal dengan skor 16,6.

Peningkatan pada pilar Bakat di Jakarta bisa ditingkatkan dengan memperbesar persentase keterwakilan wanita di parlemen. Selain itu juga dengan memperbanyak acara, meningkatkan jumlah jaringan dan kelompok advokasi nasional khusus untuk wirausaha wanita. Contoh acara dan jaringan adalah acara tahunan Dell Women Entrepreneur Network (DWEN).

Berdasarkan peningkatan pertumbuhan pilar di Jakarta, maka peningkatan terbesar ada pada pilar Teknologi dan Modal. Jakarta menduduki posisi ke-2 pada kedua pilar tersebut di antara kota-kota di Asia Pasifik dan Jepang (APJ). Pilar Bakat justru hanya mengalami peningkatan yang kecil.

Peningkatan pilar Teknologi di Jakarta memperoleh skor 21,2. Perubahan signifikan tampak pada persentase wanita yang memakai internet (1,0), persentaae wanita yang memakai smartphone (3,0), dan biaya bulanan internet rata-rata dengan kecepatan sampai 8 MB (4,0).

Skor peningkatan peringkat untuk pilar Modal di Jakarta adalah 24,0. Peningkatan total investasi perusahaan dengan adanya satu eksekutif wanita menunjukkan kinerja terbaik di Jakarta (2,0). Lalu pada peningkatan persentase modal usaha yang ditanamkan di sejumlah bisnis dengan minimal 25% jajaran eksekutif wanita (3,0). Dan peningkatan nilai modal usaha yang diinvestasikan pada berbagai bisnis dengan minimal 25% jajaran eksekutif wanita (4,0).

Perbaikan skor pilar Bakat di Jakarta adalah 27,9. Saran untuk kota ini mencakup perbaikan rasio wanita terhadap pria dengan pengalaman eksekutif (44,0), peningkatan persentase populasi wanita berpendidikan menengah atas atau di atasnya (41,5), dan penyediaan kursus pelatihan manajemen bisnis atau keuangan dan berbagai program bagi eksekutif wanita (39,0).

Rekomendasi Dell

Berdasarkan data penelitian tersebut, Dell merekomendasikan kebijakan WE Cities yang fokus pada tiga bidang, yaitu:
  • akses dan pengembangan modal finansial dan manusia;
  • peran sektor swasta dan pemerintah dalam meningkatkan akses ke jaringan dan pasar lokal dan global; 
  • cara pemimpin pemerintahan dan bisnis membantu wirausaha wanita berkembang dalam era teknologi yang terus berubah.
Share:

Artikel Terkini