Kudo Juarai Jualan Pulsa di Online Channel XL Axiata Kudo Juarai Jualan Pulsa di Online Channel XL Axiata ~ Teknogav.com

Kudo Juarai Jualan Pulsa di Online Channel XL Axiata


Teknogav.com – Kudo menyediakan berbagai sarana untuk mendukung warung tradional untuk menjadi warung serba bisa. Tak hanya sekedar menjual barang fisik, warung serba bisa melayani pembelian pulsa, tiket perjalanan, dan layanan keuangan digital. Nah, dari segala layanan yang disediakan oleh Kudo, pulsa merupakan salah satu produk dengan penjualan terbanyak dan justru didominasi di daerah.

Di industri telekomunikasi seluler sendiri, pendapatan pada tahun 2018 mencapai kisaran Rp147 triliun. Berdasarkan data survei yang diselenggarakan oleh Pew Research pada tahun 2018, 28% masyarakat masih menggunakan ponsel biasa. Tentu saja angka ini mempengaruhi pemakaian pulsa yang mayoritas pelanggan masih memakai layanan prabayar.

“Kami baru saja mengumumkan bahwa pendapatan XL Axiata tumbuh 11% year-on-year (YoY). Pertumbuhan tersebut dipicu peningkatan pendapatan layanan sebesar 15%. Pendapatan dari layanan data yang tumbuh 29% YoY memberikan kontribusi paling besar. Pemakaian pulsa juga masih mendominasi sebagian masyarakat khususnya yang masih memakai telepon dan SMS sebagai layanan komunikasi utama,” ucap David Arcelus Oses, Chief Marketing Officer XL Axiata .

Kudo adalah salah satu channel distribusi yang digandeng XL Axiata untuk memudahkan jangkauan pulsa ke masyarakat luas yang banyak jumlahnya. Pada semester pertama tahun 2019, Kudo berhasil meraih posisi pertama online channel yang mendistribusikan pulsa sampai ke daerah. Selama ini jalur distribusi pulsa dilakukan melalui channel tradisional dan channel modern berupa e-banking, online commerce, dan modern retail. Kedua channel tersebut memudahkan masyarakat membeli pulsa dan paket data.

Porsi konsumsi pulsa di era digital, khususnya di daerah masih cukup besar. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Kudo bermitra dengan XL Axiata untuk memfasilitasi pembelian pulsa melalui agen Kudo yang tersebar di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Nominal pembelian pulsa dengan aplikasi Kudo cukup beragam, transaksi terbanyak dilakukan pada kisaran 5 ribu sampai 25 ribu. Kendati nominalnya kecil, namun intensitasnya cukup tinggi, rata-rata 5-6 kali dari setiap pelanggan dalam satu bulan.

“Dengan berada di posisi teratas online channel distribusi pulsa pada semester satu 2019, kami mempertegas kapabilitas sebagai mitra terpercaya dalam menyalurkan pulsa dari aplikasi digital kami ke warung kelontong untuk melayani pelanggan sampai ke pelosok negeri. Kedepannya, kami berkomitmen untuk terus memberikanpelayanan terbaik kepada warung yang dimajukan dengan Kudo,” ujar Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo.

Kudo mencatat penjualan yang signifikan sebagai salah satu online channel XL Axiata. Sepanjang paruh tahun pertama 2019, Kudo berada di posisi pertama untuk penjualan pulsa di kategori online channel. Kontribusi yang diberikan Kudo adalah sebesar 24%.  Sedangkan untuk penjualan paket data, Kudo menduduki peringkat kedua setelah marketplace terbesar di Indonesia. Pada semester pertama tersebut, Kudo berhasil mengalahkan lebih dari 20 online channel XL Axiata. Hal ini membuktikan keberhasilan Kudo dalam menyalurkan pulsa XL kepada pelanggan dari warung-warung Kudo.

Share:

Artikel Terkini