Grab Toba Siap Dampingi Wisatawan Mengeksplorasi Danau Toba dan Sekitarnya Grab Toba Siap Dampingi Wisatawan Mengeksplorasi Danau Toba dan Sekitarnya ~ Teknogav.com

Grab Toba Siap Dampingi Wisatawan Mengeksplorasi Danau Toba dan Sekitarnya



Teknogav.com – Grab telah meresmikan layanan GrabCar di tujuh bandar udara di Sumatera, salah satunya di Bandara Silangit. Hal ini ditujukan untuk mendukung sektor pariwasata dan mempermudah perjalanan pengunjung. Tak selesai sampai di situ dukungan Grab pada pariwisata. Bersama Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Grab bekerja sama menghadirkan Grab Toba untuk mempromosikan destinasi wisata Danau Toba.

Kerja sama dilakukan Kemenpar melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba untuk mempercepat pengembangan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara. Grab Toba diharapkan dapat menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia (kedua dari kiri), Luhut Binsar Panjaitan selaku Menko Maritim (ketiga dari kiri), Arie Prasetyo selaku Direktur Utama BPODT (pertama dari kanan)
Peresmian operasi Grab Toba dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan; Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Arie Prasetyo; dan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata. Sejumlah Bupati di sekitar kawasan Danau Toba; para mitra strategis pariwisata dan ratusan mitra pengemudi Grab turut menyaksikan peresmian tersebut.

“Kerja sama ini merupakan bentuk konkrit dari komitmen Grab untuk membantu percepatan pengembangan sektor pariwisata di Danau Toba. Wilayah ini merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia. Hal ini sesuai instruksi Presiden Jokowi untuk memprioritaskan pembangunan lima destinasi wisata secara lintas sektor dan terintegrasi pada tahun 2020. Indonesia masuk jaringan internasional dalam aplikasi Grab,” ucap Luhut.

300 mitra pengemudi GrabRent Toba sedang melakukan pelatihan

Sebagai bagian dari kerja sama, Dinas Pariwisata Kabupaten Tobasa memberikan pelatihan bagi 300 mitra pengemudi GrabRent Toba untuk menjadi pemandu wisata. Setelah mendapat pelatihan, pengemudi GrabRent akan menerima sertifikasi "Wonderful Indonesia" dari Kementerian Pariwsata. Wisatawan pun bisa didampingi pengemudi yang merangkap pemandu wisata yang bersertifikasi.

Grab merupakan salah satu mitra pemerintah untuk mensosialisasikan pariwisata ke dunia. Mitra Grab pun kni bisa ikut serta memberikan pemahaman dan menjadi pusat informasi. Grab dan pemerintah pun telah membuat beberapa rute paket wisata ke Kawasan Danau Toba. Berbagai durasi waktu tersedia, 1 hari, 2 hari, bahkan 3 hari 2 malam mulai dari bandara Silangit. Grab memang telah hadir di 14 bandar udara di seluruh Indonesia.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menandatangani nota kesepahaman bersama Arie Prasetyo, Direktur Utama BPODT
“Harapannya kerja sama ini bisa membantu mewujudkan target kunjungan 1 juta wisatawan ke Danau Toba sampai tahun 2023. Target tersebut ditetapkan pemerintah, dan harapannya juga bisa mendukung target pemerintah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara tahun ini. Kami berharap Grab bisa menjadi platform digital yang merangkai ekosistem pariwisata di Danau Toba, sehingga memudahkan wisatawan,” ucap Arie Prasetyo.

Grab memang turut mendukung program ‘Wonderful Indonesia’ dan mempromosikan destinasi wisata Danau Toba. Hal ini dilakukan dengan mempromosikan  kepada lebih dari 155 juta pengguna Grab di lebih dari delapan negara di Asia Tenggara.

“Kami menawarkan layanan GrabRent yang sangat cocok bagi wisatawan di Danau Toba melalui operasional Grab Toba. Sarana transportasi bisa dipakai untuk mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus, apalagi mitra pengemudi sudah dilatih menjadi pemandu wisata. Rekomendasi wisata, makanan lokal dan keuntungan lain pun telah dihadirkan pada aplikasi Grab, sehingga pengalaman wisata yang berkesan bisa diakses hanya melalui satu aplikasi saja,” ucap Ridzki Kramadibrata.

Tips Berwisata di Danau Toba dengan Layanan Grab

  • Pesan layanan GrabCar Airport di Bandara Silangit atau Bandara Kuala Namu Medan dan tunggu di titik tunggu resmi.
  • Saat berada di bandara, poin GrabRewards pun bisa dipergunakan dengan membuka kategori “Travel” di GrabRewards.
  • Sewa mobil selama beberapa jam bisa dilakkan dengan GrabRent untuk memudahkan berwisata di berbagai atraksi wisata.
  • Bagi wisatawan asing yang memiliki kendala Bahasa, bisa memanfaatkan fitur GrabChat yang langsung menerjemahkan pesan ke Bahasa yang sesuai.
  • Pesan hotel bisa dilakukan melalui fitur Hotels di aplikasi Grab sebelum tiba di tujuan wisata.
  • Rekomendasi restoran dan kuliner khas lokal pun bisa dengan mudah ditemukan melalui GrabFood, lengkap dengan ulasannya. 
  • Bagi yang ingin mengetahui atraksi wisata dan budaya terbaik di Indonesia, maka bisa mendapatkannya dari feed berita harian yang ada di aplikasi Grab.
“Grab ingin terus berkontribusi positif di lokasi Grab beroperasi. Kami berharap dapat mendorong ekonomi lokal termasuk meningkatkan pendapatan mitra pengemudi Grab serta masyarakat di Danau Toba dan sekitarnya.” lanjut Ridzki.
Share:

Artikel Terkini