Qualcomm Snapdragon 5G Meluncur 2020 Demi Percepat Komersialisasi 5G Qualcomm Snapdragon 5G Meluncur 2020 Demi Percepat Komersialisasi 5G ~ Teknogav.com

Qualcomm Snapdragon 5G Meluncur 2020 Demi Percepat Komersialisasi 5G

Teknogav.com – Qualcom berencana untuk mempercepat komersialisasi global 5G secara besar-besaran dengan memperluas portofolio Snapdragon 5G di tahun 2020. Tujuan perluasan portofolio adalah mendukung fitur dan pita frekuensi secara global, sehingga lebih dari 2 miliar pengguna smartphone bisa mengakses 5G. Portofolio platform tersebut mencakup Snapdragon Seri 6, 7, dan 8. Hal tersebut diungkap pada ajang IFA 2019 di Berlin.

Solusi 5G perusahaan telah digunakan di 150 desain yang diluncurkan atau sedang dalam pengembangan saat ini.  Penyebaran 5G dilakukan di berbagai tingkatan untuk memperluas ketersediaan pengalaman memakai kamera, video, AI dan gaming ke generasi mendatang.

 “Qualcomm Technologies menghadirkan mobile platform 5G pertama dan tercanggih di dunia. Platform tersebut termasuk Modem-RF System komprehensif pertama untuk mempercepat komersialisasi 5G di tahun 2019. Kami memiliki posisi unik untuk mempercepat komersialisasi 5G pada skala global dengan mitra OEM dan operator. Hal ini dilakukan dengan penawaran mobile platform kami di Snapdragon seri 6, 7 dan 8 pada tahun 2020,” ucap Alex Katouzian, Senior Vice President dan General Manager, Mobile, Qualcomm Technologies, Inc.

Serangkaian mobile platform ini saling kompatibel dengan perangkat lunak yang memakai sistem Snapdragon 5G Modem-RF. Jajaran tersebut merupakan yang pertama pada roadmap mobile platform 5G. Sistem Snapdragon tersebut memiliki kinerja seluler, efisiensi daya, jangkauan dan desain perangkat 5G terbaik dalam skala global.

Platform tersebut bisa mendukung semua wilayah dan pita frekuensi sehingga fleksibel dan melancarkan penyebaran jaringan 5G secara global. Pita frekuensi tersebut mencakup spektrum mmWave dan sub-6 GHz, mode TDD dan FDD, 5G multi- SIM, Dynamic Spectrum Sharing, Standalone (SA) dan arsitektur jaringan non-standalone (NSA).

Snapdragon seri 6 dikenal menghadirkan pengalaman seluler yang sangat diharapkan masyarakat. Nah, Snapdragon 5G seri 6 dirancang untuk memperluas pengalaman pengguna 5G sesuai rencana peluncuran jaringan 5G oleh operator di seluruh dunia. Harapannya perangkat dengan platform ini tersedia secara komersial di semester kedua tahun 2020 untuk memperluas jangkauan 5G di seluruh dunia.

Qualcomm Snapdragon Seri 7 Series - Platform Snapdragon seri 7 pertama dengan 5G terintegrasi
Pada Februari 2019, Snapdragon 5G seri 7 menjadi platform 5G pertama yang terintegrasi ke dalam System-on-chip (SoC). Platform ini sangat efisien dan mendukung semua wilayah dan pita frekuensi secara global. Produksi chipset ini dilakukan dengan proses 7 nm dan menghadirkan fitur-fitur premium. Fitur tersebut mencakup Qualcomm® AI Engine generasi mendatang dan fitur Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™.

Platform ini rencananya digunakan 12 OEM dan merek global terkemuka, yaitu LG Electronics, Motorola, Nokia, OPPO, Realme, dan Vivo. Contoh chipset ini mulai dikirim kepada klien di semester kedua tahun 2019. Spesifikasi dari platform tersebut rencananya akan diumumkan pada akhir tahun. Kemajuan tersebut mempercepat kesiapan komersial platform tersebut di kuartal keempat tahun 2019. Perangkat-perangkat dengan chipset tersebut diperkirakan siap meluncur sesudahnya.

Chipset andalan dari Snapdragon adalah seri 8 yang sudah mendukung perangkat seluler 5G terkemuka yang diperkenalkan secara global tahun ini. Spesifikasi lengkap mengenai Snapdragon Seri 8 5G generasi mendatang siap diumumkan akhir tahun ini.
Share:

Topik Populer