Mengulik Fitur-fitur Unggulan Sistem Operasi Terkini Huawei Mengulik Fitur-fitur Unggulan Sistem Operasi Terkini Huawei ~ Teknogav.com

Mengulik Fitur-fitur Unggulan Sistem Operasi Terkini Huawei


Teknogav.com – Huawei resmi memperkenalkan sistem operasi mereka di ajang Huawei Developer Conference beberapa minggu lalu. Kini HarmonyOS dan EMUI10 pun diperkenalkan di pasar Indonesia untuk diterapkan di berbagai perangkat dan skenario. HarmonyOS merupakan sistem operasi pada perangkat pintar seperti smartwatch, layar pintar, sistem di kendaraan dan speaker pintar. Sementara EMUI10 merupakan antarmuka sistem operasi Android yang dilengkapi berbagai fitur sesuai kebutuhan spesifik pengguna.

“Perkembangan teknologi yang pesat seperti 5G dan AI memicu pertumbuhan industry IoT, Strategi kehidupan cerdas semua kebutuhan pengguna akan menjadi fokus strategi Huawei dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan. Jadi diperlukan sistem operasi baru untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi tantangan yang disajikan era kebutuhan pengguna yang terintegrasi,” ucap James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group.


Empat Fitur Teknis Unggulan HarmonyOS


  1. Seamless: HarmonyOS mengadopsi arsitektur terdistribusi dan teknologi virtual bus yang terdistribusi sehingga memberi pengalaman tanpa batas di seluruh perangkat. Pengembang dapat fokus pada logika servis individual saja karena sistem operasi ini menyajikan wadah komunikasi bersama, manajemen data dan jadwal yang terdistribusi, serta peripheral virtual.
  2. Smooth: HarmonyOS memiliki Deterministic Latency Engine dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi sehingga bisa mengatasi tantangan yang berkinerja buruk. Deterministic Latency Engine menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksanaan tugas untuk penjadwalan di awal. Latency respons aplikasi dapat berkurang sampai 25,7% karena sumber daya cenderung mengarah ke tugas dengan prioritas lebih tinggi. Kinerja IPC pun bisa lima kali lebih efisien dibandingkan sistem yang ada berkat microkernel.
  3. Secure: HarmonyOS memiliki desain mikrokernel yang pertama kali memakai metode verifikasi formal pada perangkat Trusted Execution Environment (TEE). Verifikasi ini dilakukan untuk membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas. Kemungkinan serangan juga menjadi sangat kecil karena kode mikrokernel sangat sedikit, sekitar seperseribu jumlah kernel Linux.
  4. Unified: Dukungan Integrated Development Environment (IDE) multi-perangkat yang memungkinkan pengembangan aplikasi dengan satu proses untuk dipakai di beberapa perangkat. Hal ini memungkinkan HarmonyOS beradaptasi dengan kendali dan interaksi tata letak layar yang berbeda, kendali drag-and-drop, dan pemrograman visual yang berorientasi pada peninjauan secara otomatis. Pengembang cukup membuat kode aplikasi sekali untuk disebarkan ke beberapa perangkat berkat IDE multi-perangkat.

 

Tiga Pembaruan Pada EMUI10

James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group menjelaskan mengenai EMUI10

Pembaruan pada EMUI10 mencakup desain user experience (UX), pengalaman terbaik untuk semua skenario dan standar baru untuk operasional yang mulus. Beberapa peningkatan fitur pada EMUI10 adalah sebagai berikut:
  1. Teknologi GPU Turbo yang meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis sampai 60%. Jika dibandingkan dengan pemakaian 4G saja, teknologi agregasi jaringan Link Turbo memungkinkan akses dengan banyak jaringan seperti 4G dan Wi-Fi. Teknologi agregasi jaringan tersebut mampu meningkatkan kecepatan sampai 70% lebih tinggi.
  2. EROFS super file meningkatkan kecepatan Android membaca secara acak sebesar 20%. Aplikasi pihak ketiga pun bisa dihaluskan dengan Ark Comiler sampai 60%.
  3. Moda gelap memberikan kenyamanan visual dengan mengoptimalkan kedua kontras warna di antara teks dan latar belakang gelap. Pengoptimalan juga dilakukan pada warna teks dan ikon sistem sehingga memberikan konsistensi visual, kenyamanan dan kejelasan.
  4. Teknologi terdistribusi revolusioner yang mendukung video call dengan resolusi HD antar banyak perangkat.
Share:

Artikel Terkini