Sambut Harbolnas, Ini Peringkat E-Commerce Favorit Masyarakat Indonesia Sambut Harbolnas, Ini Peringkat E-Commerce Favorit Masyarakat Indonesia ~ Teknogav.com

Sambut Harbolnas, Ini Peringkat E-Commerce Favorit Masyarakat Indonesia


Teknogav.com – Hari ini merupakan hari belanja online atau harbolnas, persaingan situs belanja online pun semakin ketat di Indonesia. Berbagai layanan e-commerce berlomba-lomba memberikan promo yang terbaik. CupoNation sebagai portal diskon pun merilis data riset mengenai toko online yang paling sering dikunjungi di Indonesia.

Jumlah trafik desktop dan seluler dari 34 toko online dikumpulkan CupoNation selama Januari sampai Juni 2019 melalui SimilarWeb. Data pada studi ini tak menunjukkan pengunjung unik, jadi jika ada pengunjung yang sama membuka web 8 kali, tetap akan terhitung 8 kunjungan. Pemilihan 34 situs online berdasarkan trafik bulanan minimal 150 ribu pengunjung. Daftar toko online penelitian berasal dari Indonesian Ecommerce Association (IdEA).

Berdasarkan data penelitian CupoNation tampak 10 e-commerce paling digemari, baik lokal maupun internasional. Analisa juga dilakukan pada sumber kunjungan dari versi smartphone dan desktop. Daftar peringkat dikelompokkan dalam dua kategori. Pertama adalah e-commerce Indonesia, dan kedua adalah e-commerce Indonesia dan internasional.

E-commerce asal Indonesia masih memimpin dalam hal jumlah pengunjung selama enam bulan terakhir. Ini berarti masyarakat Indonesia lebih senang berbelanja melalui e-commerce dalam negeri. Tokopedia dan Bukalapak masih mendominasi sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia. Jumlah trafik bulanan e-commerce tersebut mengalahkan situs belanja online internasional, termasuk Lazada, Shopee, AliExpress dan Amazon.

Jumlah pengunjung Tokopedia selama semester pertama tahun 2019 adalah 805,5 juta. Pembagian jumlah tersebut adalah 630,8 juta dari smartphone dan 174,7 juta pengunjung dari desktop. Bukalapak menduduki posisi kedua dengan jumlah kunjungan sampai 599,3 juta.

Daftar 10 Besar E-Commerce Indonesia dan Internasional Berdasarkan Kunjungan



Daftar 10 Besar E-Commerce Indonesia Berdasarkan Kunjungan



Karakteristik Masyarakat Indonesia dalam Berbelanja Online

Data penelitian CupoNation juga menunjukkan sumber kunjungan terbanyak di Indonesia. Ternyata sebanyak 84,98% pengunjung berasal dari smartphone, sedangkan 15,02% beraal dari desktop. Hal ini menunjukkan jika online shopper di Indonesia lebih suka memakai smartphone ketimbang desktop saat bebelanja online. Angka kunjungan dari smartphone ini naik 33% dari 52% pada tahun 2018 (berdasarkan Statista).

Daftar 10 E-Commerce Versi Smartphone dengan Kunjungan Terbesar

Orami menjadi e-commerce di posisi pertama dengan pengunjung dari smartphone sebesar 99,06%. Pada posisi kedua terdapat Sophie Paris dengan jumlah kunjungan 98,28%. Berikut ini adalah deretan e-commerce dengan jumlah pengunjung versi mobile terbanyak.


Daftar 10 E-Commerce Versi Desktop dengan Kunjungan Terbesar

Kendati kunjungan ke e-commerce dari smartphone lebih populer, tetapi tentu saja masih ada kunjungan dari desktop. Persentase kunjungan tertinggi dari desktop dipegang oleh Zalora dengan total pengunjung sampai 49,02%. Posisi kedua diduduki oleh Blibli.com yang persentasenya sampai 42,14%. Berikut ini adalah deretan e-commerce dengan jumlah pengunjung versi desktop terbanyak.

Share:

Artikel Terkini