Spesialis MediaTek Terpilih Jadi Kepala 3GPP RAN2 Working Group Spesialis MediaTek Terpilih Jadi Kepala 3GPP RAN2 Working Group ~ Teknogav.com

Spesialis MediaTek Terpilih Jadi Kepala 3GPP RAN2 Working Group


Teknogav.com – Johan Johansson, Senior Standards Specialist di MediaTek terpilih sebagai kepala 3rd Generation Partnership Project (3GPP) RAN2 Working Group. 3GPP adalah organisasi standar teknologi mobile berskala global. Tanggung jawab organisasi mencakup pengembangan berbagai teknologi mobile yang paling populer dalam telekomunikasi modern, termasuk GSM, 3G, 4G dan 5G. Sebagai kepala 3GPP RAN2 Working Group, Johan akan memimpin standarisasi berbagai teknologi 5G.


MediaTek tentu saja bangga dengan terpilihnya Johan sebagai chairman RAN2 Working Group. Johan akan mendapatkan tugas untuk melakukan fnalisasi Rel-16 dan berperan pada standarisasi-standarisasi berikutnya. Berdasarkan rencana 3GPP, RAN2 Working Group akan fokus pada pengembangan protokol L2/L3 untuk Rel-17 pada tahun mendatang.

Harapannya pengembangan protokol tersebut akan menambah dukungan pada eMBB (Enhanced Mobile Broadband). Tentu saja juga akan mencakup fungsi tambahan yang merupakan dua penggunaan utama 5G. Fungsi tersebut adalah dukungan mMTC (Mass Machine Communication) dan URLL (Ultra-Reliable Low Latency Communication). Selain itu pengembangan juga diharapkan bisa membuka peluang baru pada aplikasi-aplikasi mobile broadband dan IoT.

MediaTek telah berkolaborasi dengan 3GPP sejak tahun 2009 dan bekerja sejara aktif untuk mendorong standarisasi. Perusahaan tersebut sudah menerbitkan makalah teknis sebanyak empat kali lipat sejak jaringan 4G diluncurkan sampai saat ini. Tentu saja hal ini juga sekaligus mengumpulkan banyak keahlian dalam teknologi inti 5G.

Peran MediaTek pada industri ini secara jangka panjang dan ekstensif sudah mendapat pengakuan dari banyak pihak. Sejak tahun 2015, MediaTek sudah banyak menyelenggarakan berbagai pertemuan teknis untuk 3GPP.

Sebelum menjabat sebagai chairman di 3GPP RAN2 Working Group, Johan pernah menjabat sebagai Vice Chairman 3GPP RAN2 pada tahun 2017. MediaTek juga akan meneruskan kerja sama dengan berbagai mitra telekomunikasi global untuk mendorong evolusi berbagai teknologi 5G dan pasca-5G.
Share:

Topik Populer