Pemenang ‘Blibli.com Big Start Indonesia’ Season 4 Resmi Diumumkan Pemenang ‘Blibli.com Big Start Indonesia’ Season 4 Resmi Diumumkan ~ Teknogav.com

Pemenang ‘Blibli.com Big Start Indonesia’ Season 4 Resmi Diumumkan


Teknogav.com – Penantian pengumuman pemenang kompetisi creativepreneur “Blibli.com Big Start Indonesia” (BBSI) Season 4 berakhir sudah. Enam orang dari 8.900 peserta sudah terpilih sebagai pemenang dari empat kategori. Pengumuman pemenang ini berlangsung di IDEAFest 2019. Mereka mendapatkan hadiah uang tunai yang totalnya sebesar Rp1,3 miliar.

“Blibli.com Big Start Indonesia adalah bentuk komitmen kami dalam mendorong perkembangan pewirausaha kreatif yang menjadi mesin pertumbuhan industry kreatif. Para pemenang BBSI Season 4 mewakili pengusaha kreatif dengan produk paling inovatid yang didukung oleh strategi bisnis yang sangat tajam. Mereka berpotensi besar menjadi pemain yang kuat di pasar local dan merambah pasar internasional. Kedua hal tersebut menjadi penilaian penting di BBSI 2019,” ucap Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Kompetisi BBSI digelar sejak tahun 2016. Pendaftaran BBSI Season 4 dilakukan selama Juni-Agustus 2019 dengan empat kategori, yaitu Fashion, Kesehatan & Kecantikan (KKE), Kriya dan Kuliner. Jumlah pendaftar kompetisi ini mencapai 8.900 pengusaha.

Proses Seleksi Pemenang

Seluruh pendaftar tersebut dikurasi pada bulan September menjadi Top 100 dan diseleksi kembali menjadi Top 20. Kriteria seleksi mencakup jangka waktu usaha minimal satu tahun, memiliki minimal dua produk, inovatif dan strategi bisnisnya berpeluang besar berkembang.

Mereka yang berhasil menembus Top 20 mendapat pelatihan kewirausahaan selama sepekan dalam Mentorship Week. Mentorship dilakukan para juri dan mitra BBSI Season 4. Mitra tersebut mencakup AXA, BCA, Google, Kementerian Perindustrian (Kemenprin), Universitas Prasetiya Mulya, Kontrak Hukum, JNE, Co-Founder Inspigo Yoris Sebastian, dan Director of Coaching MAESTRO Consulting-Coaching-Communicating Handoko Wignjowargo.

Penjurian dilakukan Blibli.com dengan perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Catalyst Arts Indonesia, dan empat juri dari setiap kategori. Empat juri tersebut adalah Founder IKAT Indonesia Didiet Maulana (Fashion), Co-Founder SASC Priscilla Pangemanan (KKE), Founder Jakarta Vintage Luthfi Hasan (Kriya) dan Masterchef Indonesia Rinrin Marinka (Kuliner).

Setelah melalui beberapa fase akhirnya terpilih enam pemenang BBSI Season 4. Pemenang pertama sampai keempat, masing-masing memperoleh hadiah Rp500 juta, Rp300 juta, Rp200 juta dan Rp100 juta. Selain itu ada juga pemenang kategori Favorite Winner dan Editor’s Choice Award, mereka masing-masing mendapat hadiah Rp50 juta. Berikut ini adalah para pemenang kompetisi tersebut.

Para Pemenang Blibli.com Big Start Indonesia Season 4

CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, memberikan hadiah kepada pemenang pertama Blibli.com Big Start Indonesia (BBSI) Season 4, Amadeus Pribowo dari Cahaya Naturals
Amadeus Pribowo yang mendaftarkan Cahaya Naturals di kategori Kecantikan dan Kesehatan berhasil menjadi pemenang pertama. Produk Cahaya Natural merupakan perawatan kulit alami dengan bahan baku minyak alami yang sudah dibuktikan secara ilmiah. Bahan baku tersebut diperoleh dari seluruh kawasan di nusantara. Minyak tamanu (nyampluung) dari produsen berskala UMKM di jawa Tengah dan tengkawang butter dari komunitas Dayak di Kalimantan barat.

mango day
produk Mango Day
Pemenang kedua berasal dari kategori Kuliner, yaitu Nur Rijaldi dengan Mango Day. Ini adalah potongan buah mangga yang dikeringkan dengan teknologi sendiri. Buah mangga tersebut diperoleh Rijaldi dari petani mangga di Indonesia. Pemenang ketiga berasal dari kategori Fashion yaitu Elsana Bekti Nugroho dengan Arane. Arane menggunakan kain tenun dari bahan  baku alami seperti daun, batang dan bunga, sehingga ramah lingkungan.

Pala Nusantara
produk Pala Nusantara
Ilham Pinastiko yang mendaftarkan bisnis jam tangan Pala Nusantara pada kategori Kriya pun berhasil menjadi pemenang keempat. Jam ini menyandang sertifikat sebagai jam vegan pertama di dunia karena menggunakan kulit jamur. Pala Nusantara juga telah mendapat dua penghargaan Good Desain Indonesia.
La Dame in Vanilla
produk La Dame in Vanilla

Favorite Winner berhasil diraih oleh Vica Mardika Wong dengan Kemayu yang berupa aromatherapy. Selain itu ada juga Editor’s Choice Award yang dipilih berdasarkan penjurian para Editor in Chief dari beberapa media. Penghargaan tersebut diberikan kepada Lidya Angelina Rinaldi dengan La Dame Vanilla, yaitu ekstrak vanili yang organik dan halal.

Seluruh pemenang, termasuk para pengusaha kreatif yang berhasil menembus Top 100 akan tetap mendapat pelatihan dan pendampingan dari Blibli.com. Dukungan tersebut diberikan melalui Galeri Indonesia, kategori khusus untuk pengusaha kreatif dengan produk lokal.  Hal ini merupakan komitmen jangka panjang Blibli.com untuk terus mendorong perkembangan usaha kreatif dan produk lokal Indonesia.
Share:

Artikel Terkini