DANA Lahirkan Inovasi dengan Berdayakan Pemuda-Pemudi Indonesia Berkompetensi Global DANA Lahirkan Inovasi dengan Berdayakan Pemuda-Pemudi Indonesia Berkompetensi Global ~ Teknogav.com

DANA Lahirkan Inovasi dengan Berdayakan Pemuda-Pemudi Indonesia Berkompetensi Global


Teknogav.com, Jakarta - Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, DANA mengungkap pemberdayaan talenta-talenta lokal mereka dalam menciptakan inovasi. Para talenta lokal tersebut disebut sebagai DANAm8s yang terdiri dari Generasi Internet of Things. Sekitar 84% adalah Generasi Y atau Generasi Milenal dan 10% merupakan Generasi Z. Pada kesempatan tersebut, DANA juga mengajak para awak media untuk mengeksplorasi lingkungan kerja DANA yang memicu kreativitas.

DANA memiliki misi menuju masyarakat Indonesia melalui dompet digital yang keamanannya terjamin 100%. Demi mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pemahaman mendalam mengenai tantangan yang berkaitan dengan budaya dan kearifan lokal. Tentu saja hal tersebut penting juga disertai dengan dukungan dan penguasaan teknologi terdepan.

“Kami serius dalam merekrut dan memberdayakan talenta-talenta lokal karena mereka sangat memahami kendala dan tantangan lokal. Kompetensi mereka dapat menciptakan inovsi-inovasi berbasis teknologi yang aman dan terdepan. Hal tersebut membuat DANA berani merilis program DANA Protection untuk menjamin 100% keamanan dana pengguna,” ucap Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA.

Teknologi keamanan DANA Protection menjamin 100% saldo dompet digital DANA, maupun kartu kredit atau kartu debit yang terhubung dengan DANA. Jika terjadi kesalahan atau gangguan saat melakukan transaksi yang mengakibatkan dana terpotong, maka uang tersebut dijamin akan dikembalikan.

Para DANAm8s berperan dalam menjadikan DANA mitra terpercaya untuk bekerja sama dengan unsur-unsur dalam ekosistem ekonomi digital keseluruhan. Unsur tersebut mencakup perbankan, e-commerce, asuransi, UMKM, penyedia layanan logistik dan lain-lain. Salah satu e-commerce yang memiliki kerja sama erat dengan DANA adalah Bukalapak yang sedang dalam tahap meningkatkan layanan pembayarannya dengan DANA.

Pemahaman DANAm8s pada budaya kearifan lokal menjadi kunci peningkatan penetrasi dompet digital DANA ke segmen masyarakat tradisional yang kebanyakan masih mengandalkan pembayaran dengan uang tunai.

Sumpah Pemuda mengingatkan komitmen para pemuda Indonesia dengan latar belakang berbeda-beda menjadi satu Indonesia. Peringatan tersebu menginspirasi DANA dan para DANAm8s untuk bersinergi menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih baik dan maju.

“Perbedaan latar belakang talenta-talenta muda yang menjadi DANAm8rs inilah yang memicu DANA tumbuh pesat. Kami fokus pada misi kami yaitu Indonesia Cashless Society. DANA adalah mini Indonesia,” ucap Agustina Samara, Chief People Officer DANA.

Pertumbuhan DANA sejak diluncurkan pada Maret 2018 mencapai 300%. Saat ini jumlah DANAm8s adalah sekitar 500 orang yang bermarkas di Capital Place bilangan Gatot Subroto, Jakarta. Sekitar 54% berada di Divisi Teknologi yang fokus mengembangkan berbagai inovasi. Mereka kompeten dalam hal data engineering, IT security, software engineering, antarmuka pengguna sampai pengembangan pengalaman pengguna.

“Kami yakin pada kompetensi sumber daya manusia lokal dan percaya mereka mampu berkembang sampai memiliki kompetensi global. DANA memberikan kesempatan dan memberdayakan talenta-talenta muda Indonesia agar mampu berkontribusi optimal pada penguatan kompetensi Indonesia di kancah global, khususnya pada industri digital,” lanjut Vincent.

Lingkungan kerja yang nyaman yang bernuansa budaya asli Indonesia seperti rumah adat dan pasar khas nusantara turut memicu kreativitas. Tingkat turn over pegawai pun cukup rendah, hanya sekitar 4,5%, atau masih di bawah 5%.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email