VMware Tekankan Empat Elemen Penting dalam Transformasi Digital VMware Tekankan Empat Elemen Penting dalam Transformasi Digital ~ Teknogav.com

VMware Tekankan Empat Elemen Penting dalam Transformasi Digital

Teknogav.com - Pertumbuhan bisnis di Indonesia sangat penting demi menarik investasi, mempercepat perwujudan Indonesia 4.0 dan bersiap menyambut teknologi 5G. Pesatnya pertumbuhan bisnis tak hanya 2 sampai 3 kali, tetapi sudah eksponensial. VMWare berperan dalam membantu perusahaan untuk dapat cepat tanggap menghadapi perubahan-perubahan di tengah pesatnya pertumbuhan tersebut. Solusi VMware diharapkan dapat membantu perusahaan-perusahaan untuk bisa melakukan strategi yang berbeda demi bisa bertahan dan berkembang.

Beberapa solusi dari VMWare mencakup cloud, aplikasi-aplikasi modern, dan digital workspace yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan transformasi digital. Transformasi digital mempengaruhi berbagai industri, baik itu layanan kesehatan, layanan keuangan dan layanan masyarakat. Empat elemen penting dalam transformasi digital adalah aplikasi, infrastuktur digital, perangkat pintar dan people experiece.

Sanjay Deshmukh, Vice President & General Manager, Asia Tenggara dan Korea, VMware menjelaskan empat fokus kunci pada transformasi digital
Kini dalam kehidupan sehari-hari kita tak lepas dari penggunaan aplikasi, terutama generasi milenial. Beberapa perusahaan bahkan mengawali usahanya dengan mengandalkan aplikasi seperti GoJek, Grab dan Air BnB. Perusahaan yang ingin bisa bertahan tentunya juga harus memiliki aplikasi untuk memudahkan menjangkau pelanggannya. Misalnya perbankan dapat merangkul generasi milenial dengan membuatkan aplikasi sehingga bisa menggunakan layanan mereka tanpa harus ke bank. Maka dibutuhkan pengembangan aplikasi native cloud modern.

Tentu saja dalam mengembangkan aplikasi tersebut dibutuhkan infrastuktur yang tidak hanya mengandalkan data center sendiri. Hal ini karena jika usaha berkembang pesat dan pengguna semakin meningkat, maka harus bisa menaikkan infrastruktur yang dibutuhkan dengan cepat. Jadi infrastruktur digital harus bisa dinaikkan dengan cepat atau si-scale. Bisa saja menggunakan aplikasi di data center, tetapi tetap harus memiliki kemampuan untuk mengakses cloud.

Aplikasi yang berjalan di data center tak bisa langsung jalan di cloud, sehingga harus melakukan pembuatan ulang aplikasi di cloud. Pada umumnya pelanggan perusahaan ingin aplikasi yang bisa diterapkan di data center dan juga di cloud. Jadi ketika sudah diterapkan di cloud tetap bisa dikembalikan ke data center. Nah, VMware memiliki bridge atau jembatan yang menghubungkan dari data center ke cloud untuk memudahkan bolak balik dari data center ke cloud tanpa harus membuat ulang platform.
Cin Cin Go, Country Manager, Indonesia, VMware
 Penggunaan berbagai perangkat pintar juga penting pada transformasi digital. Jadi pegawai atau pelanggan harus bisa mengelola aplikasi dari perangkat yang berbeda. Tentu saja hal ini akan menimbulkan risiko jaringan perusahaan terpapar oleh ancaman karena phising di satu perangkat bisa berdampak ke seluruh jaringan. Jadi perusahaan harus bisa melindungi perangkat yang digunakan mengakses jaringan, tak hanya data center saja yang diamankan.

“Saat ini teknologi menjadi pilar dalam menyokong pertumbuhan ekonomi bangsa, sehingga transformasi digital diharapkan dapat membantu mewujudkan Industri 4.0. Portofolio canggih VMware menghadirkan beragam inovasi untuk melakukan transformasi perusahaan. Inovasi ini dapat membangun, menjalankan, mengelola dan menerapkan keamanan di ranah cloud. Serangkaian kapabilitas yang menyertai inovasi-inovasi tersebut selaras dengan upaya pemerintah memacu pertumbuhan ekonomi positif,” ucap Cin Cin Go, Country Manager VMware Indonesia.

Inovasi-inovasi  VMware yang Disempurnakan

Visi VMware
  •  Infrastruktur hybrid cloud dan infrastuktur yang konsisten di seluruh lingkup data center, cloud sampai edge. VMware Cloud Foundation mendukung platform hybrid cloud yang mendukung layanan public cloud seperti AWS , Azure, Google Coud dan IBM Cloud. Di seluruh dunia ada lebih dari 60 mitra VMware Cloud Verified. Sementara itu sistem operasi hybrid cloud masa depan dihadirkan oleh solusi VMware vRealize Operation 8.0 yang dioptimalkan.
  • VMware Tanzu, yaitu produk dan layanan yang mendukung perusahaan membangun aplikasi-aplikasi modern, menjalankan Kubernetes di segala macam lingkungan secara konsisten. Tersedia juga VMware Tanzu Mission Control yang merupakan pusat kendali untuk mengelola seluruh klaster Kubernetes di berbagai lokasi.
  • Workspace One Intelligent Hub adalah pusat akses seluruh karyawan ke aplikasi-aplikasi dan alur kerja perusahaan untuk menunjang kinerja yang kolaboratif. Solusi ini juga dilengkapi asisten virtual yang didukung IBM Watson Assistant.
  • VMware NSX-T yang menawarkan rangkaian layanan L2-L7 secara lengkap yang mendukung pengoperasian workload dari berbagai infrastruktur. Workload ini bisa terdapat di container, mesin-mesin virtual, server-server fisik, private cloud dan public cloud. Solusi ini memperkuat kapabilitas-kapabilitas keamann platform secara intrinsik dan menghadirkan skalabilitas, dukungan cloud native dan kemudahan-kemudahan operasional.
Share:

Artikel Terkini