Sensasi Futuristik Dua Layar Asus ZenBook Duo dan Pro Duo Sensasi Futuristik Dua Layar Asus ZenBook Duo dan Pro Duo ~ Teknogav.com

Sensasi Futuristik Dua Layar Asus ZenBook Duo dan Pro Duo


Teknogav.com, Jakarta - Asus memberikan kesempatan pada tim Teknogav untuk mengintip kecanggihan laptop Asus ZenBook Duo dan Asus ZenBook Pro Duo. Predikat Duo yang diusung kedua laptop tersebut mewakili dua layar yang digunakan pada laptop. Bedanya pada Asus ZenBook Pro Duo, kedua layar menggunakan teknologi layar sentuh. Sedangkan pada ZenBook Duo, hanya layar kedua yang berada di atas keyboard yang memakan layar sentuh.


Selain Asus ZenBook Pro Duo UX581 dan UX581 dan ASUS ZenBook Duo UX481, Asus juga memamerkan ZenBook lain dengan touchpad berupa layar mungil. Jajaran laptop tersebut adalah ZenBook UX534, UX434 dan UX334. Yuk simak dulu seluk beluk dan segmen yang disasar dari masing-masing laptop tersebut.

ZenBook UX334/UX434/UX534

ZenBook UX334 dan UX434
ZenBook UX534, UX434 dan UX334merupakan laptop ringkas dan ringan yang stylish untuk segala jenis macam kerja. Laptop ini ditujukan bagi profesional muda atau fresh graduate dengan rentang usia antara 21 tahun sampai 30 tahun. Penggunaan utama laptop ini adalah untuk produktivitas kantor mencakup pemakaian Office, mengedit foto atau video, dan desain grafis. Laptop ini cocok bagi yang mobilitasnya tinggi karena ringan dan tipis, sehingga nyaman untuk dibawa ke mana-mana.

Jajaran ZenBook UX334/UX434 dan UX534 memiliki ScreenPad 2.0 yang intuitif, sehingga pengendalian mudah dilakukan dan lebih efisien. Keberadaan Screenpad ini akan memperluas ruang di layar utama karena tugas-tugas lain bisa ditangani di ScreenPad. Berbagai aplikasi pendukung bisa dibuka dan dioperasikan langsung pada ScreenPad.
ScreenPad 2.0 pada ZenBook
Layaknya laptop ZenBook lain yang didesain ringkas dengan menggunakan teknologi NanoEdge display, rasio layar-ke-bodi laptop ini sampai 95%. Kegiatan mengetik pun terasa nyaman berkat desain ErgoLift yang otomatis mengangkat laptop dengan kemiringan tertentu.

Kinerja jajaran ZenBook ini luar biasa dengan prosesor Intel quad core generasi ke-10 sampai i7. Tampilan grafis laptop didukung oleh prosesor grafis Nvidia GeForce MX250 untuk ZenBook UX334 dan UX434, sedangkan pada ZenBook UX534 menggunakan GTX1650 Max. Media penyimpanan menggunakan SSD PCIe yang lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD SATA.

Koneksi nirkabel jajaran ZenBook ini lancar berkat koneksi WiFi Gigabit. Tak perlu khawatir baterai boros karena mampu bertahan sampai 16,4 jam. Dari segi keamanan, login bisa dilakukan dengan pengenalan wajah yang dilakukan oleh kamera HD IR yang super tajam.

Asus ZenBook Duo UX481


Layar utama laptop ini menggunakan panel IPS FHD berukuran 14 inci, sedangkan layar kedua yang berada di atas keyboard merupakan layar sentuh berukuran 12,6 inci. Keberadaan layar kedua ini tentu saja memperluas ruang kerja virtual untuk melakukan multi tasking. App Switcher memungkinkan untuk beralih antar jendela aplikasi dengan cepat.

Berbagai aplikasi yang paling disukai bisa dibuatkan pintasannya pada layar kedua ini.Task swap dapat memindahkan aplikasi dari ScreenPad atau layar kedua ke layar utama. Kerennya lagi ScreenPad Plus ini bisa membagi layar menjadi tiga bagian untuk membuka masing-masing aplikasi dengan Organizer.

Kerennya lagi walau sudah menggunakan layar sentuh tambahan untuk pengendalian, laptop masih menggunakan touchpad di sebelah kanan keyboard. Touchpad ini bisa dialih fungsikan juga menjadi numberpad.

Kecanggihan layar ini menggunakan teknologi NanoEdge yang memiliki keakurasian warna. Tampilannya didukung oleh prosesor grafis Nvidia MX250 yang mendampingi prosesor Intel Core i7 generasi ke-10. Media penyimpanan laptop ini menggunakan teknologi SSD PCIe berkapasitas 1 TB. Sementara konektivitas nirkabel didukung WiFi 6.

Laptop ini sangat cocok untuk meningkatkan produktivitas dengan tampilan visual yang mendalam. Penggunaan laptop pas untuk multitasking sehari-hari, pembuatan konten yang ringan dan memproses dokumen. Rentang usia yang cocok memakai laptop adalah sekitar 22-32 tahun.

Asus ZenBook Pro Duo UX581

ASUS ZenBook Pro Duo
Berbeda dengan ZenBook Duo, maka pada ZenBook Pro Duo ini sudah menggunakan teknologi OLED dan layar sentuh di kedua layar. Layar utama laptop ini berukuran 15,6 inci dengan resolusi 4K (3.840 x 2.160 piksel) dengan rasio 16:9. Teknologi NanoEdge Display yang diadopsi layar mempertipis bezel hingga hanya 5 mm saja dengan rasio layar-ke-bodi 89%.Kerennya, tampilan pandang layar begitu luas sampai 178 derajat.
Layar kedua atau ScreenPad Plus laptop ini berukuran 14 inci dengan resolusi 4K (3.840 x 1.100 piksel). Sama seperti ZenBook Duo, pada sisi kanan keyboard juga masih disematkan touchpad yang bisa dialihkan menjadi NumberPad 2.0.

Prosesor yang digunakan pada Asus ZenBook Pro Duo adalah Intel Eight Core i9 generasi ke-10 dengan prosesor grafis Nvidia GeForce RTX 2060. Konfigurasi memori untuk mendukung prosesor terdiri dari pilihan kapasitas 8 GB, 16 GB dan 32 GB. Sedangkan media penyimpanannya menggunakan SSD PCIe berkapasitas 1 TB. Konektivitas nirkabel laptop ini didukung oleh Intel WiFi 6 dengan kinerja Gig+ dan Bluetooth 5.0.

Laptop ini sangat cocok untuk content creator profesional yang membutuhkan produktivitas tinggi dan mencintai teknologi baru. Rentang usia penggunanya adalah 25-35 tahun. Selain untuk membuat konten dan multitasking sehari-hari, ZenBook Pro Duo ini juga canggih untuk bermain game. Sayangnya bobot laptop ini cukup lumayan, yaitu sekitar 2,5 kg.
Share:

Artikel Terkini