Berbagai Pengaturan Warna Perkuat Kualitas Foto Kamera Mirrorless Fujifilm X-Pro3 Berbagai Pengaturan Warna Perkuat Kualitas Foto Kamera Mirrorless Fujifilm X-Pro3 ~ Teknogav.com

Berbagai Pengaturan Warna Perkuat Kualitas Foto Kamera Mirrorless Fujifilm X-Pro3


Teknogav.com, Jakarta - Fujifilm X-Pro3 baru saja diluncurkan dengan mengandalkan berbagai fitur canggih dan bodi canggih. Sebelumnya telah dijelaskan mengenai Advanced Hybrid Viewfinder, dan harga Fujifim X-Pro3. Kini mari beralih ke berbagai mode pengaturan warna yang memukau. Esensi kemurnian fotografi pun lebih disempurnakan lagi dengan handling yang berkualitas tinggi. Semuanya disajikan dengan kinerja maksimum dari perpaduan sensor dan prosesor generasi keempat, X-Processor 4.

Pemahaman Warna dari Pengalaman 85 Tahun

 
Fujifilm X-Pro 3 menambahkan mode Classic Neg. pada fungsi film simulation untuk membuat simulasi fim warna negatif yang biasanya dipilih pada foto sehar-hari. Pengendalian warna pada setiap tingkat kecerahan dilakukan secara tepat sehingga menciptakan kontras warna yang kaya demi definisi ketajaman ekstra. Pengendalian graininess lebih tepat berkat evolusi fungsi grain effect untuk simulasi film fotografi yang bisa menyesuaikan “kekuatan” dan “ukuran”.
Grain effect pada Fujifilm X-Pro3
Gaya warna hangat dan dingin pada foto monokrom pada fungsi pengaturan Black & White diperbarui sebagai fungsi “Warna Monokromatik”. Pemiilihan warna kunci dari matriks dengan warna warm/cool dan warna magenta/hijau kini bisa dilakukan. Foto bisa tampak lebih artistik dengan sentuhan pribadi yang menggabungkan gradasi kaya warna pada foto hasil pemotretan.

Parameter kualitas gambar kini ditambahi “Clarity Setting” melengkapi Highlight Tone, Shadow Tone dan Sharpness. Tampilan keseluruhan foto dapat dikendalikan dengan mempertegas atau melembutkan tekstur dan garis besar subjek dengan tetap mempertahankan gradasi warna.

Kesulitan mereproduksi gradasi subjek dengan warna yang sangat jenuh kini bisa diatasi dengan efek “Color Chrome” dan “Blue Color Chrome”. Warna yang lebih dalam dan definisi yang lebih besar bisa direproduksi dengan efek “Color Chrome”. Reproduksi tersebut dilengkapi dengan “Blue Color Chrome” yang menambah kedalaman dan kejernihan alami untuk gaya warna biru pada foto.

Penyempurnaan Esensi Kemurnian Fotografi dengan Handling Berkualitas Tinggi

Fujifilm X-Pro3 dilengkapi layar sentuh LCD yang bisa diputar 180 derajat dan sudut padang luas. Layar dengan resolusi tinggi 1,62 juta titik dan memiliki kontras warna tinggi. Kendati demikian reproduksi warna alami tetap dipertahankan demi memberikan tampilan jelas dan berkualitas tinggi.

Pengaturan pemotretan bisa diatur melalui layar LCD berukuran 1,28 inci yang terletak di bagian belakang. Pada mode ‘Classic’ pengaturan mencakup film simulation dan white balance. Sedangkan pada mode ‘standard’ pengaturan mencakup kecepatan rana, kepekaan ISO, jumlah sisa frame dan pengatauran lain dalam angka dan ikon.

Pengaturan 'Tonal Curve' sudah terintegrasi dengan pilihan highlight tone dan shadow tone, sehingga memudahkan penyesuaian secara intuitif. Fungsionalitas menu cepat Q telah ditingkatkan, sehingga dapat memilih jumlah ikon untuk ditampilkan, yaitu 4, 8, 12 atau 16. Pada latar belakang juga ditambahkan opsi “transparent” sehingga bisa melakukan pengaturan sambil tetap membidikkan kamera.

Peningkatan juga dilakukan pada kompatibilitas perangkat lunak pihak ketiga, sehingga dapat membaca peringkat yang diberikan pada gambar memakai fungsi ‘rating’. Konektivitas pada kamera didukung port USB 3.1 gen 1 tipe-C untuk pengisian daya dan mentransfer data.

Kinerja Sensor dan Prosesor

Pada kondisi pencahayaan minimum -6EV yang sangat gelap, Auto Fokus (AF) kamera X-Pro3 diaktifkan memakai algoritma lanjutan. Kamera ini dibekali fungsi pembatas rentang AF yang hanya dimiliki sejumlah lensa saja. Tersedia pilihan dua nilai preset atau memakai cincin fokus untuk menentukan rentang fokus. Fungsi pre-set fokus tersedia untuk semua lensa Fujinon XF.

Jangkauan dinamis pada kamera diperluas dengan fungsi pemotretan HDR yang baru. Fungsi ini akan mengambil beberapa gambar dari berbagai tingkat pencahayaan terus menerus untuk kemudian digabungkan. Metode tersebut akan menciptakan rentang luas dari kondisi cahaya yang menghasilkan warna alami tanpa mengakibatkan penguatan gaya warna berlebih.
Penanganan beberapa eksposur oleh kamera Fujifilm X-Pro3
Beberapa eksposur sampai sembilan frame pada mode Additive, Average, Comparative Bright dan Comparative Dark dapat ditangani kamera. Hal ini dilakukan untuk menggabungkan gambar yang diambil dari berbagai sudut pandang atau waktu berbeda.menjadi satu gambar. Mode film simulation yang berbeda dapat diterapkan pada setiap bingkai untuk membuat kolase berlapis-lapis.

Bodi dan Desain Kokoh

 
Pada ulasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa bodi kamera terbuat dari titanium yang kokoh dan tahan karat. Sementara itu pada bagian internal bodi kamera terbuat dari campuran magnesium. Fujifilm X-Pro3 terdiri dari tiga pilihan warna, yaitu hitam, DR Black dan DR Silver. Versi warna hitam menggabungkan titanium dengan lapisan berkualitas premium yang membuatnya tampak ramping dan elegan.
Perbandingan uji gores bahan lapisan Duratect dan cat hitam
Dua pilihan lainnya menggunakan teknologi pengerasan permukaan Duratect dengan tingkat pengerasan sampai 1.500 Hv sehingga tahan gores dan memiliki tekstur yang unik. Ketahanan terhadap debu dan kelembapan dilakukan dengan weather sealing di 70 titik. Kamera ini juga tahan suhu dingin sampai- 10 ℃, sehingga bisa dipakai di berbagai lokasi.
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email