Telkom Indonesia dan Huawei Bersinergi Siapkan Infrastruktur TIK Telkom Indonesia dan Huawei Bersinergi Siapkan Infrastruktur TIK ~ Teknogav.com

Telkom Indonesia dan Huawei Bersinergi Siapkan Infrastruktur TIK


Teknogav.com - Telkom Indonesia dan Huawei bekerjasama untuk mengembangkan riset teknologi di bidang 5G dan menghadirkan layanan cloud. Kerja sama di bidang 5G ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) mengenai program riset dan inovasi 5G bersama. Penandatanganan MoU juga dilakukan antara Telkom Indonesia dan Huawei Cloud untuk menghadirkan layanan cloud bagi masyarakat Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman dihadiri oleh para perwakilan dari Telkom Indonesia dan Huawei. Perwakilan dari Telkom Indonesia adalah Faizal R. Djoemadi, Digital Business Director dan Joddy Hernady, Senior Vice President Media & Digital Business. Sedangkan dari Huawei, hadir Allen Yu, Huawei Telkom Account Director dan Andy Ma, Huawei Indonesia Carrier Business Group CEO.

Riset teknologi 5G mencakup teknologi 5G transport, antena massive MIMO (Multiple Input, Multiple Output), jaringan pintar, kapasitas jaringan dan SDN (Software-Defined Networking)/NFV (Network Functions Virtualization). Tujuan riset ini adalah untuk mengembangkan artitektur jaringan dengan menerapkan berbagai use case yang sesuai kebutuhan Telkom Group.

Bersama Huawei Cloud, Telkom Indonesia akan menghadirkan layanan cloud bagi masyarakat Indonesia. Layanan tersebut untuk mendukung pengembangan Laboratorium Inovasi Kecerdasan Buatan atau artificial intelligence (AI) yang berkaitan dengan teknologi cloud. Pengembangan tersebut merupakan perwujudan dari evolusi dan inovasi teknologi lanjuta di masa mendatang. Kerja sama juga dilakukan dalam membangun komunitas pengembang aplikasi khususnya untuk layanan cloud.

Cloud adalah salah satu bagian penting dalam infrastruktur 5G. Kami berharap kerja sama ini memberikan teknologi 5G terbaik Huawei. Selain itu kami juga berharap bisa mensintesis pengalaman Huawei yang maju di bidang teknologi 5G dalam skala global. Harapannya kami dapat memperkuat dukungan untuk mempercepat perwujudan digitalisasi di Indonesia melalui kerja sama ini. Mari kita galang kerja sama bisnis yang saling menguntungkan,” ucap Faizal R. Dojemadi, Telkom Indonesia Digital Business Director.

Andy Ma, Carrier Business Group CEO, Huawei Indonesia juga mengungkapkan bahwa kolaborasi tersebut merupakan wujud komitmen mereka dalam memperkuat pengembangan infrastruktur TIK di Indonesia. Infrastruktur TIK dibutuhkan untuk memberikan pengalaman digital terbaik di era digital ini.

“Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Telkom. Harapannya pengembangan program riset dan inovasi 5G bersama ini akan berkontribusi terhadap kemajuan perkembangan TIK menuju terwujudnya Digital Indonesia sepenuhnya,” ucap Andy Ma.

Teknologi 5G mampu meghadirkan banyak perubahan besar di berbagai bidang. Penerapan teknologi 5G bisa dilakukan pada perawatan medis, transportasi, IoT, manufaktur, dan banyak sektor lain, termasuk kehidupan digital sehari-hari.

Kerja sama antara Telkom Indonesia dan Huawei merupakan perwujudan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung transformasi Indonesia digital dan cerdas. Kedua perusahaan tersebut telah menjadlin kerja sama di bidang TIK selama 15 tahun. Pengembangan inovasi teknologi dari kerja sama tersebut tentu saja turut mendukung mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Share:

Artikel Terkini