MediaTek 112G LR SerDes Efisienkan Proses di Data Center MediaTek 112G LR SerDes Efisienkan Proses di Data Center ~ Teknogav.com

MediaTek 112G LR SerDes Efisienkan Proses di Data Center

Teknogav.com – Baru-baru ini MediaTek mengumumkan chip terkini mereka, yaitu 112G Long Range (LR)  serializer/deserializer (SerDes) yang mendukung layanan-layanan ASIC. Chip ini diproduksi menggunakan proses 7 nm FinFet silicon-proven. Kinerja chip ini mempercepat kerja komputasi data center dengan cepat dan efisien.

MediaTek 112G LR SerDes mendukung jaringan enterprise dan data center hyperscale membangun berbagai aplikasi konektivitas masa depan dengan efisien. Jaringan enterprise dan data center tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik. Chip ini memperluas layanan rancangan ASIC MediaTek dan semakin memperlengkap portofolio SerDes.

ASIC atau application-specific integrated circuit adalah chip yang dirancang untuk penerapan khusus. Penerapan ASIC cukup luas, termasuk pengendalian pencemaran kendaraan, pemantauan lingkungan, dan lain-lain.

“Kami memperkokoh komitmen kami dalam menyediakan layanan-layanan rancangan ASIC bagi para pelanggan di pasar komputasi, komunikasi dan konsumen. Chip 112G LR SerDes IP memampukan para pelanggan dalam mengembangkan berbagai solusi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi di berbagai industri,” ucap Jerry Yu, Corporate Vice President, MediaTek.

Ketangguhan chip ini memang dirancang untuk lingkungan keras dan aplikasi SoC bising. Chip ini merupakan solusi kinerja tinggi berbasis DSP dengan pensinyalan PAM4 dan NRZ. Optimalisasi daya bisa digunakan pada aplikasi LR, MR dan VSR di berbagai skenario berkat proses produksi 7 nm yang canggih.

Berbagai kecepatan standar IEEE didukung oleh chip ini, termasuk 1/10/25/50/100G dan FC16/FC32/FC64. Sedangkaian fitur-fitur untuk debugging dan diagnosa membekali MediaTek 112G LR SerDes. Fitur-fitur tersebut mencakup pemantauan data-mata terintegrasi yang tak mengganggu alur data utama dan memberikan dukungan pada BIST internal dan loopback.

MediaTek terus berinvestasi pada layanan-lananan rancangan ASIC premier yang ditujukan bagi para pelanggannya. Hal ini dipicu peningkatan permintaan pelanggan jenjang pertama dalam menghasilkan solusi-solusi yang unik bagi sistem mereka. MediaTek menyadari potensi pertumbuhan industri ASIC dan berevolusi seiring dengan kebutuhan-kebutuhan industri dalam memberdayakan perangkat-perangkat di bidang komunikasi dan konsumen.

Portofolio SerDes terlengkap untuk berbagai rancangan ASIC ditawarkan MediTek, mulai dari 10G, 28G, 56G sampai 112G. Chip ini bisa dipakai untuk aplikasi AI/DL, data center enterprise dan hyperscale, infrastruktur gNB (5G), IoT, jaringan switch, dan router. Selain itu bisa juga digunakan pada aplikasi komputasi berkinerja ultra-tinggi atau yang memerlukan bandwitdh sangat lebar melalui interkoneksi jarak-jauh.

Solusi-solusi silikon yang fokus pada keandalan baterai, konektivitas lokal, multimedia pribadi, sensor dan RF tingkat lanjutan didukung oleh chip MediaTek. Para pelanggan ASIC dapat memanfaatkan kepiawaian MediaTek di berbagai tahap layanan. Hal ini dilakukan dengan rancangan sistem/platform, rancangan SoC, sintesa, tata letak fisik, dukungan manufaktur, dan implementasi produk.

Saat ini adopsi MediaTek 112G LR SerDes IP pada produk-produk mitra sedang dalam pengembangan. Berbagai produk tersebut akan mulai tersedia pada pertengahan tahun 2020.
Share:

Artikel Terkini