Review ASUS ZenBook Flip UX362F, Ringkas dan Fleksibel Review ASUS ZenBook Flip UX362F, Ringkas dan Fleksibel ~ Teknogav.com

Review ASUS ZenBook Flip UX362F, Ringkas dan Fleksibel


Teknogav.com – Sebagai laptop convertible, ASUS ZenBook Flip UX362F sangat nyaman digunakan dalam berbagai format. Laptop mungil ini bisa digunakan sebagai tablet, formasi seperti tenda, diluruskan 180º dan dilipat 360º menjadi tablet.

Prosesor yang tersedia untuk laptop convertible ini terdiri dari tiga pilihan, yaitu Intel Core i3 sampai Intel Core i7 generasi ke-8. Pada uji coba Teknogav.com kali ini prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5, yaitu Intel i5-8265U. Prosesor tersebut memiliki empat inti dengan delapan thread dengan kecepatan clock antara 1,6 GHz sampai 3,4 GHz.

Kinerja prosesor tersebut didukung dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan SSD NVMe berkapasitas 512 GB. Tentu saja perpaduan kedua menambah cepat proses penggunaan laptop. SSD PCIe memang memiliki kelebihan dalam kecepatan mengakses file jika dibandingkan harddisk biasa.
ASUS ZenBook Flip UX392 dalam tent mode
Layar laptop berukuran 13 inci menggunakan teknologi Nano Edge Display atau penggunaan bezel yang tipis. Ukuran laptop sedikit lebih panjang dari kertas A4, tetapi lebih ramping beberapa cm dibandingkan kertas A4. Enaknya lagi, setiap kali laptop dilipat ke berbagai arah atau diputarbalik, tampilan otomatis menyesuaikan posisinya.

Paket ASUS ZenBook Flip UX362F berisi unit laptop, stylus dan adapter pengisian daya. Kelengkapan lainnya terdiri dari buku panduan, dan kartu garansi.

Isi paket ASUS ZenBook Flip UX362
Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 10 Home Singla Language, tetapi ASUS merekomendasikan untuk memakai Windows 10 Pro. Tentu saja Windows 10 sudah terintegrasi dengan Windows Hello yang dapat mengamankan laptop dengan pengenalan wajah melalui kamera.

Pada laptop terdapat aplikasi MyASUS yang berfungsi untuk mengelola update, mencari solusi dan mengoptimalkan pengaturan. Aplikasi ini dapat juga digunakan untuk mendapatkan promosi dan layanan dukungan yang berhubungan dengan layanan pelanggan.

Selain itu tersedia juga aplikasi standar seperti Calculator, Calendar, Camera, Connect, Mail, Maps, Messaging, Microsoft Edge, Microsoft Store, Outlook, Skype, Snip & Sketch, Sticky Notes, XBOX Game Bar, dan lain-lain.
Audio Wizard
Audio Wizard
ice power
ice power
Pengaturan audio dengan mudah dilakukan memakai Audio Wizard. Aplikasi ini terdiri dari pilihan Music Mode, Movie Mode, Recording Mode, Gaming Mode dan Speech Mode. Pada pengaturan tingkat lanjutan, yaitu ice power, Anda bisa mengatur bass, treble, penguatan, frekuensi, lebar pita dan pilihan filter.

Saat digunakan untuk menonton film, audio yang dihasilkan ZenBook Flip 13 UX363 ini terasa begitu kaya dengan volumenya yang lantang tetapi tetap jernih. Suara surroundnya terasa seperti audio kualitas bioskop. Ini berkat teknologi ASUS SonicMaster Premium hasil kerjasama spesialis audio Harman Kardon dengan tim ASUS Golden Ear.
ASUS ZenBook Flip UX362 tablet mode
Kendati mungil, ternyata laptop ini cukup kuat walau ditindih dan dilipat-lipat secara sembarangan. ZenBook Flip ini memang sudah dibekali dengan sertifikasi MIL STD-810 G. Jadi jangan takut pula menggunakan laptop ini di suhu ekstrem dan kondisi yang lembap.

Desain

ZenBook Flip UX362F sangat tipis dan cukup ringan, hanya 1,3 kg. Dimensi laptop ini 1,69 cm x 30,5 cm x 19,6 cm, lumayan ringkas sehingga nyaman dibawa ke mana-mana. Keringkasan bodi laptop berkat teknologi NanoEdge pada layar berukuran 13 inci, dengan bezel hanya 3,5 mm. Rasio layar-ke-bodi laptop ini mencapai 90%.

Pada tepi atas layar, terdapat kamera yang dapat digunakan untuk login memakai Windows Helo. Resolusi maksimal pada layar bisa diatur sampai 1920 x 1080 piksel atau Full High Definition (FHD) dengan refresh rate 60p Hz.

ASUS ZenBook Flip UX362 dengan desain Ergolift
Sebagai laptop convertible, tentu saja ZenBook Flip UX362F ini bisa diputar layarnya sampai 360 derajat. Tetapi saat digunakan sebagai laptop, engsel ini juga memiliki kemampuan ErgoLift untuk mengangkat layar sesuai kemiringan yang nyaman. Tak perlu khawatir engsel patah, karena sudah melalui pengujian engsel 20 ribu kali.
keyboard ASUS ZenBook Flip UX362
touchpad ASUS ZenBook Flip UX362
Keyboard laptop sangat nyaman digunakan mengetik, selain berkat ErgoLift tentu saja karena jarak travel tombol sebesar 1,4 mm yang membuat jari leluas pindah atar tombol. Touchpad laptop unik dengan kemampuan untuk diubah menjadi number pad. Akivasi number pad ini dapat dilakukan dengan menekan ikon di pojok kanan atas touchpad. Selain angka terdapat juga tombol backspace, enter, dan operator aritmatika. Jika ingin menonaktifkan number pad ini cukup tekan ikon di pojok kanan atas kembali.

Grafis

Prosesor grafis ASUS ZenBook Flip UX362F ini menggunakan Integrated Intel HD Graphics 620, sehingga pengaturannya dapat dilakukan melalui Intel Graphics Control Panel. Pengaturan grafis dengan aplikasi ini dapat dilakukan berdasarkan tampilan, video 3D, gaming dan daya. Pada setiap menu terdapat parameter yang bisa diubah nilainya kemudian disimpan sebagai profil untuk memudahkan memilih pengaturan tersebut.
Intel UHD Graphics Control Panel
Koreksi warna standar bisa dilakukan pada pengaturan video yang terdiri dari tingkat kecerahan, kontras, warna dan saturasi. Rentang input pun bisa dipilih apakah terbatas atau penuh. Sementara itu pada tampilan bisa dilakukan pengaturan resolusi dan refresh rate.

Game berjalan lancar ketika digunakan untuk memainkan game Hidden City: Hidden Object Adventure. Tetapi agak tersendat saat digunakan untuk bermain RUSH: A Disney PIXAR Adventure Demo. Game ini memang membutuhkan minimum persyaratan kecepatan prosesor 2,4 GHz, walau demikian laptop ini masih mampu untuk menjalankan game tersebut.

 Hidden City: Hidden Object Adventure
Rush


Kendala yang kerap dihadapi saat memakai laptop ini adalah mengendalikan kursor dengan layar sentuh saat memakai aplikasi Office. Tidak selalu hilang kendali sih, kadang bisa kadang ngadat, untuk mengatasinya cukup tutup aplikasi dan buka kembali.

Baterai dan Konektivitas

Ketahanan baterai cukup lumayan, padahal laptop ini menggunakan layar sentuh yang biasanya lebih menguras baterai. Prosesor Intel Core i5-8265 merupakan generasi Whiskey Lake yang hemat daya dengan kecepatan clock lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Penghematan baterai juga bisa dilakukan dengan melakukan shutdown laptop setiap tidak digunakan. Tak perlu khawatir lama membuka kembali semua aplikasi yang dipakai.
ASUS Battery Health Charging
Aplikasi ASUS Battery Health Charging tidak otomatis terinstal pada laptop, tetapi bisa diinstal gratis dari Microsost Office. Fungsi dari aplikasi ini adalah memperpanjang usia baterai karena bisa mencegah dari pengisian berlebih. Mode pengsian yang tersedia adalah Full Capacity Mode, Balance Mode dan Maximum Lifespan Mode.
sisi kanan ASUS ZenBook Flip UX362

sisi kiri ASUS Flip UX362
bagian bawah laptop
Konektivitas laptop dapat mengakomodasi banyak perangkat, dengan adanya dua port USB 3.1 tipe-C, satu USB 2.0 tipe-A, satu HDMI dan satu jack audio combo. Demi mencegah panas, tersedia lubang ventilasi di dasar laptop yang memanjang dari kiri ke kanan. Sementara itu lubang speaker ada di bagian bawah kiri dan kanan yang menghasilkan efek surround.

Kecepatan koneksi nirkabel ZenBook Flip ini sudah didukung teknologi terkini, yaitu Dual-band 802.11ac dan Bluetooth 5.0. Sayang sering muncul kendala koneksi, yaitu terputus dan harus didiagnosa agar bisa tersambung kembali saat memakai WiFi.

Benchmark

Mari uji kinerja ASUS ZenBook Flip UX362 ini dengan beberapa aplikasi Benchmark, yaitu PC Mark, Pass Mark dan GeekBench.

Skor PC Mark 10 yang diperoleh adalah 3104, hanya sedikit di bawah ZenBook S UX392F yang nilainya 3329. Padahal harga ZenBook S UX392F tersebut lebih dari dua kali ZenBook Flip UX362 ini. Nilai yang diperoleh seri ZenBook memang tinggi jika dibandingkan dengan seri VivoBook yang berada di kisaran 2800an.

Hebatnya jumlah nilai Essential ZenBook Flip lebih tinggi dari nilai yang diperoleh ZenBook S, yaitu 7149. Sedangkan nilai Essential dari ZenBook S hanya 6621. Angka di atas 4100 menunjukkan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas sederhana yang sudah sangat baik.

Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.
Benchmarking ASUS ZenBook Flip UX362 dengan PC Mark 10
Ketika dilakukan benchmarking menggunakan Pass Mark, skor uji kinerja sistemnya cukup lumayan, yaitu 2807 angka ini cukup lumayan karena sudah di atas rata-rata. Nilai rata-rata untuk penilaian kinerja sistem adalah 2725. Kendati demikian, skor tersebut jauh di bawah ZenBook S UX392 yang memperoleh skor 4138,9.
skor uji kinerja dengan PassMark
Skor CPU Mark prosesor Intel Core i5-8265U yang terpasang pada ZenBook Flip UX362 ini adalah 6841. Nilai ini masih di bawah rata-rata dunia yang sebesar 6922.
skor CPU Mark
peringkat dengan CPU Mark
Jika melihat peringkat kinerja prosesor yang disusun oleh PassMark, tampak bahwa kinerja Intel Core i5-8265U mampu bersaing dengan Intel Core i7-6700HQ dengan selisih skor hanya sedikit. Intel Core i5-8265U meraih skor 7.933, sedangkan Intel Core i7-6700HQ mendapatkan skor 8.127. Padahal jika dilihat dari kecepatan clock prosesor tersebut cukup beda jauh, Intel Core i7-6700HQ lebih cepat 1 GHz, yaitu 2,6 GHz.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
uji RAM
Sayangnya kinerja grafis 2D laptop ini masih di bawah rata-rata yang sebesar 603. Selisih skor sangat beda tipis, dengan nilai kinerja 602. Jika dilihat dari kinerja grafis 3D, angkanya juga rendah, yaitu 982 sangat jauh di bawah nilai rata-rata 3641. Sementara kinerja memori meraih skor 1288, nilai ini juga di bawah rata-rata yang sebesar 1748.
Uji CPU GeekBench 4
Uji Open CL Geekbench 4

Uji kinerja lain dilakukan memakai GeekBench. Skor yang diperoleh untuk uji kinerja inti prosesor tersebut secara single core adalah 2472, dan untuk kinerja multi core adalah 7414.

Informasi mengenai rincian perangkat keras yang digunakan pada ZenBook Flip UX362 dapat dilihat menggunakan aplikasi CPU-Z berikut ini.
CPU - Z
Harga yang dibandrol pada ASUS ZenBook Flip UX362F ini adalah Rp 15.299.000. Jika dilihat dari desain dan kenyamanan saat penggunaan. Dimensinya agak mirip dengan ZenBook S UX392 walau agak sedikit lebih besar. Tetapi memang dari segi skor uji kinerja, angka yang diperoleh cukup rendah, tetapi toh harganya memang kurang dari setengah ZenBook S UX392.

Kelebihan

Desain yang cantik dan convertible tentu menjadi kelebihan utama ASUS ZenBook Flip UX362F ini. Bodinya begitu tipis dan ringan, sehingga tak membebani saat dibawa-bawa. Perangkat keras yang dibekali pada laptop ini pun memiliki spesifikasi yang tinggi, dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-8. Kinerja prosesor didukung RAM 8 GB dan media penyimpanan SSD 512 GB. Sinergi seluruh komponen tersebut menghasilkan proses yang cepat alias tidak lemot.

Tampilan layar cukup memadai dengan ukuran 13 inci dan bingkai yang tipis. Ketajaman layar cukup lumayan dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel. Kendati menggunakan layar sentuh, namun daya tahan baterai cukup tahan lama, tidak boros.

Keamanan laptop ini didukung oleh penguncian yang dapat dibuka dengan biometrik pengenalan wajah yang terintegrasi dengan Windows Hello. Desain keyboard dan penataan tombol-tombolnya pun sangat pas dengan kelincahan jari mengetik. Demikian juga desain Ergolift yang mengangkat laptop dengan kemiringan yang membuat pengetikan lebih nyaman.

Audio yang dikeluarkan oleh speaker pada laptop ini pun mantap. Surround sound terasa dalam layaknya menonton di bioskop.

Kekurangan

ASUS ZenBook Flip UX362F mudah dioperasikan dengan layar sentuh, sayangnya terkadang kursor lepas kendali, baik saat ingin diarahkan dengan layar sentuh maupun dengan touchpad.

Jika dilihat dari beberapa aplikasi benchmarking, tampak skor perolehan dari ZenBook Flip UX362 ini masih di bawah rata-rata. Beberapa game pun terasa tersendat saat dimainkan dengan laptop ini. Demikian juga dengan koneksi internet yang sering tiba-tiba mati dan harus dilakukan diagnosa dari browser agar bisa tersambung kembali.

Dari sisi grafis, laptop ini hanya menyediakan satu prosesor grafis yang lebih mementingkan efisiensi daya ketimbang kinerja grafis.

Spesifikasi

Sistem Operasi
Windows 10 Home Single Language 64
Prosesor
Intel® Core i5-8265U CPU @1,6 GHz ~ 1,8GHz
Form Factor
Laptop convertible
Memori
LPDDR3 8 GB 2133 MHz SDRAM Onboard memory
Memori Internal
SSD 512 GB M.2 NVMe PCIe
Layanan awan
OneDrive
Layar
13.3" (16:9) LED backlit IPS FHD (1920x1080) with 72% NTSC, 100% sRGB,
400 nits, Touchscreen
Grafis
Integrated Intel HD Graphics 620

Port
2 x Type-C USB 3.1 Gen 1 (support display connectivity), 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x Standard HDMI, 1 x Audio combo jack
Audio
Built-in speaker
Built-in array microphone
Harman Kardon
Webcam
HD IR Camera
Keyboard
Full-size backlit, with 1.4mm key travel
Touchpad dan sensor sidik jari
Glass-covered; intelligent palm-rejection
Precision Touchpad (PTP) technology supports up to four-finger smart gestures
Nirkabel
Wi-Fi: Dual-band 802.11ac gigabit-class Wi-Fi
Bluetooth: Bluetooth® 5.0

Jenis Catu Daya
65W power adapter
Plug Type: Type-C
(Output: 20V DC, 65W)
(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
Jenis Baterai
50Wh 3-cell lithium-polymer
Dimensi
30.5(W) x 19.6(D) x 1.69 (H) cm (WxDxH)
Bobot
1,3 kg dengan baterai cell
Warna
Gun Grey, Royal Blue
Aplikasi
ASUS GIFTBOX, ASUS Keyboard Hotkeys, ASUS Hello, MyASUS, Audio Wizard
Garansi
2 tahun garansi hardware global1 tahun
Harga
Rp15.299.000
Share:

Artikel Terkini